April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Komentar | Semua mata tertuju pada Prabowo saat ia bersiap untuk mengambil alih kekuasaan di Indonesia

Komentar |  Semua mata tertuju pada Prabowo saat ia bersiap untuk mengambil alih kekuasaan di Indonesia

Jajak pendapat memperkirakan kemenangan yang menentukan bagi Prabowo Subianto dalam upayanya yang ketiga dalam pemilihan presiden Indonesia. Namun hal ini tidak menyurutkan minat global terhadap dampak kepemimpinan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Terlepas dari pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu, Prabowo akhirnya membuktikan keberaniannya kepada para pemilih. Dia kalah dua periode dari Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, yang akan pensiun pada bulan Oktober dan memiliki peringkat persetujuan yang tinggi di atas 80 persen.

Sikap Jokowi mengenai hubungan Belt and Road yang lebih erat dengan Tiongkok, salah satu investor terbesar di Indonesia, dan sikap Indonesia yang sudah lama mendukung netralitas non-blok merupakan pilar kebijakan luar negeri yang harus disambut baik di dunia yang terpolarisasi dan penuh dengan ketegangan geopolitik.

Soal kesinambungan, bukan hanya Prabowo saja yang terpilih. Presiden petahana Jokowi juga hadir di sana, karena putranya Gibran Rakabuming Raka adalah calon wakil presiden Prabowo dan memperkuat pengaruh ayahnya.

Meskipun kesinambungan dapat diharapkan, ada juga beberapa hal yang belum diketahui. Prabowo lebih nasionalis dibandingkan pendahulunya. Apakah akan lepas landas masih harus dilihat. Namun sulit untuk melihat dia mengubah arah dalam hal investasi Tiongkok.

Tiongkok tidak akan membiarkan hubungan buruk dengan pemimpin baru Indonesia

Contoh-contoh dalam dekade terakhir mencakup sektor energi, seperti proyek pembangkit listrik tenaga air dan kawasan industri yang berfokus pada nikel dan industri terkait.

Prabowo pernah dilarang oleh Amerika Serikat, Australia, dan sebagian Eropa karena catatan hak asasi manusianya. Dia mendapat pengecualian ketika Jokowi mengangkatnya menjadi Menteri Pertahanan, yang mana dia terkenal karena tindakannya yang berlebihan.

Namun ada juga yang mempertanyakan masa lalunya di militer, termasuk perannya di bawah mertua dan mantan diktator Suharto dalam kerusuhan anti-Tiongkok setelah krisis keuangan Asia pada tahun 1998. melawan separatis di Timor Timur pada tahun 1980an.

Hal ini tidak dapat dilupakan, namun dengan lebih dari separuh pemilih berusia di bawah 40 tahun, hanya sedikit yang dapat mengingat tragedi masa lalu tersebut, dan sebagian lainnya, termasuk warga Tionghoa Indonesia, telah mengambil sikap pragmatis dan terus maju.

Kampanye ini mengungkap perpecahan selama satu dekade kepemimpinan Widodo yang berorientasi pada pembangunan. Pujian atas stabilitas politik dan ekonomi diimbangi oleh kritik terhadap catatan hak asasi manusianya. Pertumbuhan ekonomi rata-rata 5 persen. Namun para kritikus mengatakan hak asasi manusia dan demokrasi telah mengalami kemunduran, sehingga membalikkan kemajuan yang telah dicapai sejak akhir tahun 1990an.

Adalah baik jika Indonesia memilih kesinambungan dan stabilitas. Oleh karena itu, Prabowo diharapkan dapat melanjutkan pemulihan hubungan Indonesia dengan Tiongkok dan kawasan di bawah sikap netral yang dimulai pada Konferensi Bangsa-Bangsa Asia dan Afrika di Bandung pada tahun 1950an, yang melahirkan Gerakan Non-Blok.

READ  Membangun Budaya Siaga Bencana di Indonesia