April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kepolisian RI telah menetapkan pimpinan lembaga antirasuah itu sebagai tersangka kasus pemerasan

Kepolisian RI telah menetapkan pimpinan lembaga antirasuah itu sebagai tersangka kasus pemerasan

JAKARTA, 23 Nov – Polisi menetapkan pimpinan lembaga antirasuah itu sebagai tersangka kasus pemerasan mantan menteri yang ditahan bulan lalu atas tuduhan korupsi di Indonesia.

Firli Bahuri, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, adalah pejabat terbaru yang menghadapi tuduhan korupsi di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Polisi mengunggah di situsnya bahwa Firli, mantan Irjen Polisi, diduga memeras uang mantan Menteri Pertanian Saihrul Yasin Limbaugh yang ditangkap dalam kasus korupsi bulan lalu.

Ade Safri Simanjuntak, seorang pejabat kepolisian Jakarta, mengatakan kepada wartawan pada Rabu malam bahwa “ada cukup bukti untuk menetapkan pimpinan KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi seperti pemerasan.” Kementerian Pertanian tahun 2020-2023.

KPK adalah inisial bahasa Indonesia untuk Komisi Korupsi.

Pihak berwenang menyita dokumen penukaran mata uang asing dari Singapura dan dolar AS senilai 7,4 miliar rupiah ($477.730) dari penggerebekan di dua lokasi, tambah Ade. Polisi tidak merilis rincian lebih lanjut tentang penyelidikan tersebut.

Firley tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada hari Senin, dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak pernah terlibat dalam pemerasan atau penyuapan.

Tuduhan korupsi terhadap pejabat pemerintah terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup.

Secara hukum, presiden harus memberhentikan pimpinan KPK mana pun yang ditetapkan sebagai tersangka pidana, dan Widodo mengatakan pada hari Kamis bahwa dia “menghormati proses hukum” ketika dia mendengar Firli ditetapkan sebagai tersangka.

READ  Gunung Merapi meletus di Indonesia, ratusan dievakuasi

Firley ditunjuk sebagai Ketua KPK pada tahun 2019, sementara para kritikus mengatakan perubahan undang-undang yang mengatur lembaga tersebut telah melemahkan KPK, sehingga memicu serangkaian protes “selamatkan KPK”.

Mantan penyidik ​​KPK Navel Bhasvedan mengatakan kepada Reuters, Firli merupakan pimpinan KPK pertama yang ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi. Komisi ini telah mengadili ratusan politisi, pejabat dan pengusaha sejak dibentuk pada tahun 2002, menjadikannya salah satu lembaga yang paling dihormati di negara ini.

($1 = 15,490,0000 rupee)

Laporan oleh Stanley Vidianto; Penyuntingan oleh Raju Gopalakrishnan dan Miral Fahmi

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensiMembuka tab baru