Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kawasan Perdagangan Bebas Timor-Leste dan Indonesia

Pada bulan Juli, Presiden Indonesia Joko Widodo menyambut Presiden José Ramos-Horta untuk kunjungan kenegaraan pertama masa kepemimpinan pemimpin Timor-Leste. Keduanya mengusulkan pendalaman hubungan ekonomi dan mendorong pembentukan zona ekonomi lintas batas. Rencana seperti itu akan inovatif karena memungkinkan kedua negara untuk menguji dan mengembangkan kebijakan inovatif dalam upaya membangun ekonomi berkinerja tinggi. Prinsip-prinsip ini merupakan aspek kunci dari pertumbuhan yang sukses di negara-negara maju dan lintasan mengejar ketertinggalan yang mengesankan di Asia Timur dan Tenggara.

Baik Timor-Leste maupun Indonesia perlu membuat dan menerapkan pilihan-pilihan strategis yang kuat, terutama dalam membentuk kawasan dengan mempertimbangkan pembangunan ekonomi yang efektif. Dalam kasus Timor-Leste, dengan asumsi negara tersebut melanjutkan jalur ini, hal itu dapat menarik inspirasi dari banyak negara Asia pra-industri.

Saat ini ada lebih dari 4.000 zona ekonomi khusus di Asia, dengan lebih dari 1.000 di blok ASEAN.

Faktor-faktor penting yang telah memberikan kontribusi bagi keberhasilan pertumbuhan ekonomi Asia termasuk investasi yang signifikan dalam pendidikan, pengembangan keterampilan, dan akumulasi pengetahuan dan teknologi, serta penekanan pada pengembangan organisasi yang efisien dan pembelajaran di antara tenaga kerja. Mengembangkan sistem nasional yang kuat untuk manufaktur dan inovasi. Zona ekonomi digunakan pada berbagai tahap pembangunan, mulai dari kawasan manufaktur hingga pusat ekonomi berteknologi tinggi yang multi-fungsi yang terintegrasi penuh ke dalam lingkungan perkotaan dan ekonomi. Ini dikalikan dan dibuat lebih banyak.

Menurut Riset Kebijakan Perserikatan Bangsa-Bangsa, selengkapnya 4,000 Zona ekonomi khusus saat ini ada di Asia (sekitar 75 persen dari total dunia), dan 1.000 Dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Vol. Laporan dari Universitas Zurich, Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan dan terkait Studi Bank Pembangunan Asia Zona pembangunan di Thailand diperkirakan meningkatkan pertumbuhan PDB sebesar 5 persen per tahun. Di Malaysia, sekitar 200 zona ekonomi terletak di dalam negara bagian yang menyumbang 60,5 persen dari produk nasional dan 40,2 persen dari PDB nasional. Di Cina, antara 1988 dan 2010 di lebih dari 250 kota, zona ekonomi khusus pesisir dan mitra dagang berkontribusi pada peningkatan permanen 12 persen dalam PDB, dan peningkatan itu diproyeksikan mencapai 20 persen. .

READ  Indonesia menaikkan subsidi untuk mengurangi inflasi
Pertumbuhan ekonomi Timor-Leste harus fokus pada penanganan isu-isu seperti mitra rantai pasokan dan infrastruktur perdagangan. Kota Semarang, Jawa Tengah (Hepteroga martiana kering/ hapus percikan)

Pemerintah di seluruh kawasan diharapkan untuk membuka zona ekonomi mengingat lingkungan ekonomi saat ini, yang meliputi pertumbuhan yang lambat, inflasi yang tinggi dan terus-menerus, dan ketidakpastian ekonomi yang meningkat. Masing-masing faktor ini memiliki efek limpahan yang signifikan di Asia Timur dan Selatan, menurut Situasi dan Prospek Ekonomi Dunia terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa. presentasiDirilis pada bulan September.

Zona lintas batas antara Timor-Leste dan Indonesia perlu mencapai tujuan pembangunan industri dengan strategi yang cermat. Untuk pertumbuhan ekonomi Timor-Leste, sangatlah penting bahwa kebijakan regionalnya dirancang dan diterapkan untuk mengatasi masalah yang kompleks (misalnya kesenjangan keterampilan, kegagalan koordinasi antara lembaga dan penyedia pelatihan dan/atau mitra rantai pasokan, gangguan rantai pasokan). , infrastruktur perdagangan yang buruk), sambil memandu pertumbuhan ekonomi yang berarti dan mencapai tujuan ekonomi dan sosial tertentu akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan adil.

Mengingat perkembangan ekonomi Timor-Leste saat ini dan keterlambatan masuk ke rantai nilai internasional, zona lintas batas akan menjadi pilar penting untuk membangun produktivitas dan mencapai integrasi ekonomi domestik ke dalam rantai pasokan global, khususnya dalam mengembangkan segmen pasar atau pasar khusus. Ekonominya muda. Partisipasi Timor-Leste dalam rantai nilai global akan memberikan akses ke sejumlah besar teknologi inovatif, serta keterampilan dan modal yang sangat dibutuhkan, dan merangsang peningkatan produktivitas di sektor swasta. Negara harus memanfaatkan kedekatan fisiknya dengan pasar di Indonesia dan kawasan. Industri dan jasa lintas batas dapat memanfaatkan kedekatan ekonomi ini untuk lebih menarik Timor-Leste ke investasi asing, meningkatkan perdagangan dan partisipasi dalam rantai nilai regional, dan menciptakan keunggulan kompetitif.

Manfaat dan transaksi di luar perdagangan dan investasi layak untuk mendekati zona ini sebagai landasan utama untuk memperdalam hubungan bilateral.

READ  Indonesia sedang mempertimbangkan relokasi setelah letusan gunung berapi yang mematikan

Dari sudut pandang pembangunan, kita tidak dapat menyangkal bahwa pendekatan regional lintas batas akan mendorong peluang ekonomi yang lebih besar bagi Timor-Leste dan Indonesia. disana Bukti Zona perbatasan dapat memainkan peran penting dalam membangun kota masa depan global di daerah perbatasan yang bertindak sebagai pusat pembangunan ekonomi, meningkatkan orientasi ke luar ekonomi dan penyisipan ke dalam rantai pasokan global. Zona dapat berkembang sebagai strategi terpadu untuk memfasilitasi pengembangan perkotaan/sosial/teknologi kelas dunia dan menciptakan infrastruktur berkualitas tinggi untuk perdagangan dan kebutuhan sosial lainnya.

Sementara zona ekonomi dapat membantu membentuk kawasan perbatasan yang inovatif dan kompetitif di kedua negara, seperti yang diungkapkan oleh pengalaman Asia, banyak faktor yang pada akhirnya harus dikembangkan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan unik melintasi perbatasan. Faktor-faktor ini termasuk infrastruktur transportasi dan logistik, teknologi digital, investasi dalam pendidikan, klaster inovatif, regulasi yang efektif, iklim investasi yang menguntungkan, lembaga regulasi yang efisien, pembangunan perkotaan, layanan berkualitas, dan banyak lagi.

Meskipun ekonomi negara-negara tetangga dipisahkan oleh perbatasan internasional, dengan provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia di barat dan Timor-Leste yang berdaulat di timur, pengembangan zona lintas batas jenis baru menjadi dasar untuk jalur pembangunan alternatif. .

Pertimbangan ekonomi juga dapat melayani tujuan unik dan strategis lainnya yang terkait dengan keberhasilan zona baru yang potensial antara kedua negara. Dalam hal ini, kawasan akan membutuhkan bentuk-bentuk baru koordinasi kebijakan internasional di tingkat bilateral, yang akan menuntut para pembuat kebijakan untuk mencapai berbagai tujuan. Manfaat dan transaksi di luar perdagangan dan investasi layak untuk mendekati zona ini sebagai landasan utama untuk memperdalam hubungan bilateral.

Pertimbangkan berbagai interaksi antara kedua negara yang harus menanamkan kepercayaan dan timbal balik. Di bawah zona tersebut, akan muncul kondisi yang dapat memperkuat hubungan yang harmonis dan kerjasama politik yang erat untuk tujuan kebijakan luar negeri yang sah yang semakin penting bagi stabilitas dan kemakmuran kawasan. Hasilnya adalah kemitraan ekonomi baru dapat mengantarkan era baru hubungan persahabatan di mana setiap negara dapat bekerja sama dan tumbuh lebih kuat dalam prosesnya.

READ  Disney & WWE Bentuk Tag Team untuk Jadikan Disney + Hotstar Rumah Streaming Eksklusif Jaringan WWE di Indonesia