Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Kanjar, Kandidat Presiden Indonesia, Hadapi Perjuangan Mengatasi Pengkhianatan Pemilu Jokowi

Kanjar, Kandidat Presiden Indonesia, Hadapi Perjuangan Mengatasi Pengkhianatan Pemilu Jokowi

JAKARTA – Sebagai mantan gubernur yang berasal dari luar elit politik dan militer Indonesia, Kanjar Pranovo menunjukkan daya tarik populis dan pesona rakyatnya dalam pemilihan presiden tanggal 14 Februari, di mana ia berjuang untuk mendapatkan pengaruh.

Dengan latar belakang yang sederhana dan sikap yang ramah dan ramah terhadap masyarakat, mirip dengan presiden dua kali Joko Widodo, Kanjar telah mengajukan tawaran untuk menggantikannya, didukung oleh dukungan dari petahana yang sangat populer.

Pengaruh politik Kanjar kini terkikis setelah Presiden Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, mengkhianati partainya sendiri dan diam-diam mulai berkampanye untuk kandidat saingannya dan mantan tentara Prabowo Subianto.

Kanchar kini berada dalam posisi yang sulit, terikat pada kampanye dan visi politik yang dibentuk oleh Jokowi, namun tanpa dukungan intinya.

Kanjar, yang menyebut pasangan calon Presiden Joko Widodo “politis”, menanggapinya dengan menggandakan agenda populis gubernur Jawa Tengah yang menjabat selama dua periode, dengan berjanji untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru, memperluas kesejahteraan sosial, dan menaikkan upah. Jika terpilih, masyarakat miskin akan mendapatkan pendidikan.

Putra seorang polisi berambut perak yang keluarganya mengelola toko serba ada, mantan aktivis mahasiswa berusia 55 tahun ini telah mengabdi di negara bagiannya selama dua dekade, masing-masing menjabat dua periode sebagai legislator dan gubernur.

Kanjar membangun reputasinya melalui kebijakan-kebijakan yang memihak masyarakat miskin dengan menurunkan suku bunga pinjaman kecil, membantu petani membeli pupuk, dan mewajibkan pegawai pemerintah menyumbangkan 2,5 persen dari gaji bulanan mereka untuk program kesehatan, pendidikan, dan bantuan bencana.

Namun ada beberapa masalah yang menghambat rekornya, termasuk seruan kontroversial untuk melarang Israel berpartisipasi di Piala Dunia U-20 pada tahun 2023. Pada tahun 2016, ia menghadapi protes luas dari para petani terhadap pabrik semen yang disetujuinya.

READ  T&I Indonesia Kick Up Grabs

Kanchar selama ini fokus pada kampanye akar rumput yang intens, mengunjungi komunitas miskin dan bermalam di rumah-rumah sederhana di desa. Di dunia maya, para pendukungnya melihat apa yang mereka lihat sebagai citranya yang sportif dan aktif.

“Kekuatan kami adalah terus bergerak, bertemu orang-orang, dan mengerahkan semua sumber daya yang kami miliki,” katanya pada bulan Desember.

Ia masih tertinggal dalam jajak pendapat, tertinggal 32 poin dari Prabowo dalam jajak pendapat yang diterbitkan akhir pekan lalu oleh Indikator Politik dan Lembaga Survei Indonesia.