April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Jokowi Ucapkan Selamat kepada Putranya, Prabowo, Atas Kemenangan Pemilunya, Lawannya Menangis Kecurangan – BenarNews

Jokowi Ucapkan Selamat kepada Putranya, Prabowo, Atas Kemenangan Pemilunya, Lawannya Menangis Kecurangan – BenarNews

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo pada hari Kamis mengunjungi Raqqa untuk memberi selamat kepada Prabowo Subianto dan para pesaingnya atas meluasnya kecurangan dalam pemilu, sementara putra tertua Jokowi, Gibran Rakabuming, mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan presiden.

Meski Jokowi membantah tuduhan penipuan tersebut, partai berkuasa PTI-P mengatakan kandidat pemenang, Menteri Pertahanan Prabowo, menyalahgunakan kekuasaan, menyalahgunakan sumber daya pemerintah, dan mempengaruhi sistem peradilan untuk memenangkan pemilu pada hari Rabu.

Meskipun Jokowi belum secara resmi mendukung kandidat mana pun, ada asumsi luas bahwa ia akan menentang partainya dan mendukung Prabowo dan Gibran.

“Selamat selamat. Saya ketemu langsung tadi malam,” kata Jokowi kepada wartawan merujuk pada Prabowo dan Gibran.

Prabowo, mantan jenderal Angkatan Darat dengan catatan hak asasi manusia yang dipertanyakan, memenangkan pemilu setelah beberapa jajak pendapat menunjukkan dia memimpin dengan sekitar 58% suara. Ini adalah kesempatan ketiganya menjadi presiden, setelah kalah dari Jokowi pada pemilu 2014 dan 2019.

Saingan Barabovo dalam pemilu tahun ini, Anis Baswedan, mantan gubernur Jakarta, dan Kanjar Pranovo, gubernur Jawa Tengah hingga beberapa bulan lalu, masing-masing memperoleh 25% dan 17% suara, menurut penghitungan tidak resmi.

Penghitungan awal yang dipublikasikan di situs Komisi Pemilihan Umum menunjukkan angka serupa. Hasil resmi baru akan diumumkan pada akhir Maret, dan presiden baru akan mulai menjabat pada 20 Oktober.

Sementara itu, Prabowo memposting foto di situs media sosial X (sebelumnya Twitter) pada hari Kamis yang memperlihatkan dirinya memegang telepon di telinganya, mengatakan bahwa ia telah “menerima panggilan telepon ucapan selamat dari beberapa pemimpin asing” pada Kamis pagi.

Ia menyebut nama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

READ  Kapal tanker refloats Indonesia masuk daftar hitam AS

Pemilu ini merupakan kali kelima masyarakat Indonesia memilih presiden dan wakil presiden secara langsung sejak negara ini menjadi negara demokrasi pada tahun 1998.

Hampir 205 juta orang berhak memilih presiden, wakil presiden, dan anggota parlemen nasional dan daerah. KPU belum mengumumkan jumlah pemilihnya.

Masa jabatan lima tahun kedua dan terakhir Jokowi berakhir pada bulan Oktober karena batasan konstitusi.

Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) menerima ucapan selamat dari mantan rivalnya pada pemilu April 2019, Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di gedung DPR di Jakarta, 20 Oktober 2019. [Achmad Ibrahim/Pool via Reuters]

Sementara itu, kandidat ketiga, Kanjar, mengatakan partainya dan sekutunya telah melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan penipuan ketika kubu Anies menuduh Prabowo menggunakan taktik curang untuk mendapatkan penghitungan suara yang lebih tinggi pada hari Kamis.

Ari Yusuf Amir, kepala hukum kampanye Anies, mengatakan dia akan memverifikasi bukti yang dia miliki dan mengungkapkan kepada publik bagaimana Prabowo mendapat keuntungan dari surat suara yang sudah ditandai, intimidasi pemilih, manipulasi daftar pemilih, dan pembelian suara.

“Ini adalah trik sebenarnya yang digunakan pada hari pemilu. “Petugas TPS mendapat instruksi dari pimpinan desa untuk mempengaruhi pemilih agar memilih calon tertentu,” kata Ari dalam jumpa pers di Jakarta.

Anggota KPU Anies lainnya mengatakan ada laporan ketidaksesuaian antara hasil yang tercatat di formulir yang diisi petugas pemilu di setiap TPS dengan data di situs KPU.

Anomali seperti itu telah dilaporkan di 181 kota di 36 provinsi di seluruh negeri, kata Amin Subekti, juru bicara kampanye Anies.

Kanjar menyebutnya “kontradiksi” karena perhitungan menunjukkan ia memperoleh suara terendah, sementara partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), diprediksi akan meraih suara terbanyak pada pemilu legislatif Rabu nanti.

“Hari ini kami sedang berdiskusi, mendokumentasikan dan mencoba memverifikasi dengan daerah untuk memastikannya [alleged fraud] Strukturnya formal dan megah,” kata Kanjar kepada wartawan.

READ  Intelijen P&S memprediksi pasar genset diesel Indonesia mencapai $504,5 juta pada tahun 2030

“Ada keluhan, tapi posisi kebijakan kami adalah kami akan menunggu keputusan Komisi Eropa dan apa pun keputusan mereka nanti, kami akan mematuhi dan menghormati prosesnya.”

Hasto Cristianto, Sekretaris Jenderal Partai Kanjarin, menuding kubu Prabowo melakukan manipulasi hukum, berbagai bentuk pemaksaan, dan penyalahgunaan sumber daya negara untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

“Legitimasi pemilu dipengaruhi oleh berbagai penyimpangan. Makanya kami bentuk panitia khusus untuk melakukan audit forensik,” ujarnya kepada wartawan.

Aliansi Prabowo dengan Gibran, 36, telah menimbulkan kekhawatiran sebagian masyarakat Indonesia mengenai politik dinasti dan nepotisme.

Gibran, Wali Kota Solo, mendapat keuntungan dari keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi pada bulan Oktober yang merevisi usia minimum calon presiden dan wakil presiden dari 40 tahun menjadi usia berapa pun bagi mereka yang pernah menjabat sebagai pemimpin daerah.

Ketua Mahkamah Agung, Anwar Usman, yang menikah dengan saudara perempuan Jokowi, dicopot dari jabatannya pada bulan November karena pelanggaran etika terkait dengan putusan tersebut.

id-jokowi-gambar-3.png
Menteri Pertahanan Indonesia, yang memenangkan pemilihan presiden pada 14 Februari 2024 berdasarkan penghitungan suara tidak resmi, berbicara melalui telepon dalam sebuah foto yang diposting di akun X (sebelumnya Twitter), mengatakan beberapa kepala negara telah mengucapkan selamat kepadanya. Dia, Februari. 15 Agustus 2024. [Via X/@prabowo]

Kritikus, termasuk dosen di lebih dari selusin universitas di seluruh negeri, menuduh Jokowi menyimpang dari prinsip-prinsip demokrasi dan berusaha membangun dinasti politik dengan memajukan kerabatnya.

Jokowi juga dituduh menggunakan langkah-langkah populis seperti pemberian bantuan sosial lebih awal dan kenaikan gaji bagi pegawai negeri, polisi, dan militer, yang menurut para kritikus bertujuan untuk meningkatkan peluang Prabowo.

Presiden membantah adanya manipulasi terhadap sistem peradilan atau memihak kandidat tertentu.

Pada hari Kamis, ia dengan keras membantah tuduhan adanya kecurangan, dan mengatakan bahwa beberapa orang, termasuk perwakilan kandidat, badan pemantau pemilu, dan personel keamanan, telah mengawasi proses pemilu.

Saya kira pengawasan berlapis seperti ini akan menghilangkan kemungkinan terjadinya kecurangan, kata Jokowi kepada wartawan.

READ  Indonesia Siapkan Pedoman Etika Pengembang AI - Laporan

“Jangan berteriak penipuan. Kalau punya bukti bawa ke Bawaslu. Kalau punya bukti, bawa ke Mahkamah Konstitusi.

ID-pilih-Jokowi-tiga.jpg
Maria Katerina Sumarsih, yang dibunuh oleh pasukan keamanan selama protes anti-pemerintah pada tahun 1998, berdiri di samping spanduk bergambar jenderal militer Indonesia yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di masa lalu – salah satunya adalah calon presiden, Prabowo – di luar istana presiden. di Subiang, Jakarta, Kamis, 15 Februari, Ia akan mengikuti rapat umum 'Komisi' pada tahun 2024. [Dita Alangkara/AP]

Analis politik dan cendekiawan Islam di organisasi Islam terbesar di Tanah Air, Nahtlatul Ulama (NU), berpendapat bahwa kemenangan Prabowo mencerminkan keinginan masyarakat akan kesinambungan, bukan perubahan.

“Suka atau tidak, kita harus mendengarkan baik-baik kebijaksanaan populer ini,” tulis Ulil Abshar Abdallah dari NU di harian Kompas.

“Apakah narasi kemerosotan demokrasi benar-benar menjadi perhatian masyarakat luas atau sebaliknya hanya bagi kelompok terpelajar kelas menengah saja? Masyarakat mungkin mempunyai prioritas yang berbeda dengan isu kemerosotan demokrasi.

Ulil merujuk pada klaim para kritikus bahwa Jokowi telah mengikis institusi dan norma demokrasi selama masa jabatannya.

Surat kabar Jakarta Post, sumber berita paling populer di Indonesia, mengatakan dalam editorialnya pada hari Kamis bahwa tantangan Prabowo berikutnya adalah membuktikan bahwa para pengkritiknya salah. Dia perlu melepaskan citra otoriternya dan menunjukkan bahwa dia bisa berintegrasi.

The Post mengatakan bahwa kemenangan telak Prabowo “menunjukkan bahwa para pemilih telah secara jelas memilih untuk mengizinkan Presiden Jokowi melanjutkan agendanya, dengan bonus sebagai orang kuat yang akan memimpin negara ini selama lima tahun ke depan.”