Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Javier Miley memperingatkan agar tidak mengambil tindakan keras terhadap protes tersebut. Dia akan menghadapi yang pertama

Javier Miley memperingatkan agar tidak mengambil tindakan keras terhadap protes tersebut.  Dia akan menghadapi yang pertama

BUENOS AIRES, Argentina (AP) — Presiden Javier Miley pada Rabu mengumumkan inisiatif besar untuk membalikkan perekonomian Argentina yang melemah, termasuk melonggarkan peraturan pemerintah dan mengizinkan privatisasi industri milik negara sebagai cara untuk meningkatkan ekspor dan investasi.

Kelompok liberal sayap kanan mengumumkan langkah-langkah untuk negara dengan ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan hanya beberapa jam setelah ribuan warga Argentina turun ke jalan-jalan di ibu kota untuk memprotes langkah-langkah penghematan dan deregulasi yang diambil pemerintah minggu lalu. pengikut.

Demonstrasi berlangsung relatif damai setelah pemerintah memperingatkan akan menutup jalan-jalan.

Pada awal protes yang menarik ribuan demonstran, polisi sempat bentrok dengan beberapa demonstran dan menangkap dua pria. Namun acara tersebut berakhir tanpa penutupan jalan secara luas, seperti yang terulang pada tahun-tahun sebelumnya.

Tidak terpengaruh untuk melakukan protes, Miley kemudian mengumumkan tindakan tersebut dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

“Tujuannya adalah untuk memulai pembangunan kembali negara kita, memulihkan kebebasan dan kemandirian individu dan mulai mengubah sejumlah besar peraturan yang telah menghambat, menghambat dan menghentikan pertumbuhan ekonomi di negara kita,” kata Miley.

Sekitar 300 perubahan tersebut akan menyisihkan banyak perusahaan negara untuk diprivatisasi, sehingga mengurangi perlindungan bagi penyewa, karyawan, dan pembeli.

Setelah pengumuman tersebut, masyarakat di beberapa lingkungan di Buenos Aires memukul pot untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka. “Cacerolazos” – protes anti-pemerintah yang keras di mana orang-orang memukul panci masak – telah menjadi simbol di Argentina dalam beberapa tahun terakhir ketika orang-orang ingin mengungkapkan kemarahan mereka.

Pemerintahan Miley mengatakan akan mengizinkan protes, namun mengancam akan memotong pembayaran bantuan publik kepada siapa pun yang memblokir jalan. Para pengunjuk rasa juga dilarang membawa tongkat, menutupi wajah, atau membawa anak-anak ke lokasi aksi.

READ  Chris Dawson, subjek podcast kejahatan, dihukum karena membunuh istrinya Lynette

Para pengunjuk rasa berbaris menuju Plaza de Mayo yang terkenal di Buenos Aires, tempat terjadinya protes sejak masa kediktatoran negara itu pada tahun 1970an. Polisi berjuang untuk mencegah para pengunjuk rasa mengambil alih seluruh jalan, dan pada akhirnya banyak yang tetap berada di trotoar dan memenuhi sekitar setengah alun-alun.

Edoardo Piliponi, salah satu penyelenggara demonstrasi, mengatakan para demonstran menghadapi “aparat represif yang sangat besar.” Kelompok sayap kiri Polo Obrero yang dipimpin Piliponi memiliki sejarah panjang dalam memimpin penutupan jalan.

Sebelum demonstrasi berakhir, penyelenggara meminta serikat pekerja di negara tersebut untuk mengumumkan pemogokan umum.

Ujian hari ini adalah ujian pertama bagi Milley mengenai bagaimana pemerintahannya akan menanggapi demonstrasi tandingan Langkah-langkah guncangan ekonomiyang menurutnya diperlukan untuk mengatasi krisis akut di Argentina.

Langkah-langkahnya meliputi a Devaluasi peso Argentina sebesar 50%Mengurangi subsidi energi dan transportasi, serta menutup beberapa kementerian. Hal ini terjadi di tengah meningkatnya inflasi dan meningkatnya kemiskinan.

“Para demonstran bisa berdemonstrasi sebanyak yang mereka mau. Mereka bisa pergi ke alun-alun… tapi jalanan tidak akan ditutup,” kata Menteri Keamanan Miley, Patricia Bullrich, kepada media lokal.

Bullrich mengumumkan “protokol” baru untuk menjaga ketertiban umum yang memungkinkan pasukan federal untuk mengevakuasi orang-orang yang memblokir jalan tanpa surat perintah dan memberi wewenang kepada polisi untuk mengidentifikasi – melalui video atau sarana digital – orang-orang yang melakukan protes dan menghalangi jalan umum. Hal ini dapat membuat mereka bertanggung jawab atas biaya mobilisasi pasukan keamanan.

Beberapa kelompok mengatakan protokol tersebut terlalu berlebihan dan mengkriminalisasi hak untuk melakukan protes.

Seorang wanita tidur di sofa bekas di trotoar di samping mural yang menggambarkan “Guernica” karya Pablo Picasso di lingkungan Padre Carlos Mujica di Buenos Aires, Argentina, Kamis, 14 Desember 2023. Pemerintah Argentina mengurangi subsidi transportasi dan energi serta mendevaluasi mata uang peso sebesar 50% sebagai bagian dari tindakan mengejutkan yang menurut Presiden baru Javier Miley diperlukan untuk menghadapi keadaan darurat ekonomi. (Foto AP/Rodrigo Abdel)

Kelompok buruh, sosial dan hak asasi manusia Argentina pada hari Selasa menandatangani petisi yang menyerukan PBB dan Komisi Hak Asasi Manusia Antar-Amerika untuk melakukan intervensi terhadap langkah-langkah ketertiban umum yang baru. Dokumen tersebut mengatakan protokol keamanan “bertentangan dengan hak atas kebebasan berkumpul dan berserikat, kebebasan berekspresi dan protes sosial” yang diakui oleh konstitusi Argentina.

Orang-orang yang memblokir jalan dapat dikeluarkan dari daftar manfaat bantuan publik jika mereka termasuk dalam satu daftar, pemerintah mengumumkan pada hari Senin.

Di Argentina, sebagian masyarakat menerima dukungan sosial langsung dari pemerintah, namun sebagian lainnya menerima dukungan melalui organisasi sosial yang mempunyai hubungan langsung dengan kantor federal. Pemerintahan Miley mengatakan banyak dari kelompok-kelompok ini menggunakan ini sebagai cara untuk memaksa orang-orang melakukan protes dengan imbalan dukungan.

Jajak pendapat baru-baru ini yang dilakukan oleh Observatorium Psikologi Sosial Terapan Universitas Buenos Aires menunjukkan bahwa 65% responden setuju dengan pelarangan penutupan jalan.

Miley, seorang ekonom berusia 53 tahun yang menjadi terkenal di televisi karena khotbahnya yang mengandung kata-kata kotor terhadap apa yang disebutnya kelas politik, menjadi presiden dengan dukungan… Warga Argentina frustrasi Dengan krisis ekonomi.

___

Ikuti liputan AP tentang Amerika Latin dan Karibia https://apnews.com/hub/latin-america