April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Japan Airlines mengatakan awak pesawat “mengakui dan mengulangi” izin untuk mendarat sebelum pesawat itu jatuh

Japan Airlines mengatakan awak pesawat “mengakui dan mengulangi” izin untuk mendarat sebelum pesawat itu jatuh

Maskapai tersebut mengatakan awak pesawat Japan Airlines “mengakui” izin untuk mendarat.

Maskapai tersebut mengatakan dalam pernyataan pers bahwa “sistem pengumuman pesawat tidak berfungsi selama proses evakuasi.”

Seluruh 367 penumpang dan 12 awak dievakuasi setelah pesawat bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang saat mendarat di Bandara Haneda di Tokyo.

Dalam pernyataannya pada Rabu, pihak maskapai merinci momen sebelum dan saat pendaratan, dengan mengatakan bahwa ketiga awak di kokpit telah mendapat izin untuk mendarat. Dia menambahkan, ada delapan bayi di dalam pesawat Airbus A350 tersebut.

Maskapai tersebut mengatakan semua orang meninggalkan pesawat melalui tiga pintu keluar darurat. Maskapai tersebut mengatakan bahwa para penumpang “berhasil melakukan evakuasi darurat” ketika pesawat mulai terbakar.

Setidaknya 14 penumpang meminta konsultasi medis. Maskapai tersebut mengatakan satu orang menderita memar dan 13 lainnya meminta nasihat “karena ketidaknyamanan fisik”.

Penerbangan JAL516 berangkat dari Bandara New Chitose di Sapporo, Jepang, tepat waktu sekitar pukul 15:50 pada hari Selasa. Japan Airlines mengatakan pihaknya “tidak menemui masalah atau pelanggaran apa pun” selama keberangkatan atau penerbangannya. Pesawat itu mendarat terlambat pada pukul 17:47

READ  Serangan di Ukraina timur meskipun ada perintah gencatan senjata Putin

“Berdasarkan wawancara dengan awak operasi, mereka mengakui dan mengulangi izin pendaratan dari kontrol lalu lintas udara, dan kemudian melanjutkan dengan prosedur pendekatan dan pendaratan,” kata Japan Airlines dalam sebuah pernyataan.

Pesawat itu bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang, menewaskan lima dari enam awak di dalamnya, menurut pejabat Jepang. Video dari lokasi kejadian menunjukkan pesawat yang lebih besar terbakar saat meluncur di landasan.

Pihak maskapai mengatakan pesawat Airbus tersebut hilang total setelah terbakar di landasan.

Pesawat tersebut, terdaftar sebagai JA13XJ, dikirim ke Japan Airlines pada 10 November 2021, kata Airbus dalam sebuah pernyataan pada Selasa. Mesin Rolls-Royce Trent XWB menggerakkan pesawat tersebut.

Pabrikan pesawat asal Prancis tersebut mengatakan akan mengirimkan “tim spesialis” ke Jepang untuk membantu penyelidik Prancis dan Jepang mempelajari kecelakaan tersebut.

Will Gretzky dan Clara McMichael dari ABC News berkontribusi pada cerita ini.