Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Jack Ma, pendiri Ant Group, akan menyerahkan Kontrol

Salah satu perusahaan teknologi keuangan paling berpengaruh di Tiongkok, sekelompok semutPada hari Sabtu, dia mengatakan bahwa pengusaha miliarder Jack Ma berencana menyerahkan kendali perusahaan.

Penarikan Ma dari perusahaan yang ia dirikan terjadi setelah Partai Komunis yang berkuasa meluncurkan tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap perusahaan teknologi besar. Beijing telah menjadikan Ma’s Ant Group dan perusahaan saudaranya, raksasa e-commerce Alibaba, permata mahkota kerajaan online-nya, Tujuan awal dalam kampanye untuk membatasi kekuatan raksasa internet.

Pejabat China memaksa Ant Group untuk membatalkan IPO besar-besaran pada tahun 2020 dan seterusnya. Ali Baba didenda $2,8 miliar karena menyalahgunakan dominasinya. Tahun lalu, Ant Group mengatakan akan merombak bisnisnya yang diperintahkan oleh pemerintah untuk mengatasi kekhawatiran regulator tentang persaingan tidak sehat dan jumlah data pengguna yang dikumpulkannya.

Di bawah Xi Jinping, pemimpin tertinggi China, Beijing telah berusaha untuk menggunakan kontrol negara yang lebih besar atas ekonomi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dengan mengekang pengaruh taipan yang telah mengumpulkan banyak kekayaan tetapi terlihat melampaui batas.

Tuan Ma dipuji di China sebagai model kesuksesan, tetapi dia menghadapi masalah yang semakin meningkat dengan pemerintah China, terutama setelah dia mengkritik regulator perbankan negara itu pada akhir 2019. Dalam beberapa tahun terakhir, dia menghilang dari pandangan publik.

sekelompok semut katanya dalam sebuah iklan Pada hari Sabtu, Tuan Ma bukan lagi “pengendali” yang memiliki 34 persen saham perusahaan. Sebaliknya, itu akan menjadi salah satu dari sepuluh pemegang saham teratas.

Pengumuman tersebut, yang menggambarkan langkah tersebut sebagai bagian dari rencana untuk “meningkatkan tata kelola perusahaan,” tidak memberikan rincian kapan perubahan tersebut akan diselesaikan dan mengindikasikan bahwa perubahan tersebut tidak akan mempengaruhi operasi perusahaan sehari-hari. Di bawah struktur manajemen Grup Semut saat ini, Tuan Ma tidak memiliki peran manajemen.

READ  Pemilik Tesla di China telah memprotes pemotongan harga mendadak yang mereka lewatkan

Aplikasi Alipay andalan Ant adalah gerbang utama bagi lebih dari 1 miliar pengguna di China yang menggunakannya untuk membayar makanan, berbelanja secara kredit, dan membangun tabungan mereka. Tetapi pengaruh dan skalanya telah menjadikannya fokus perhatian di Beijing ketika pihak berwenang meneliti industri fintech untuk potensi risiko terhadap sistem keuangan negara yang lebih luas. Kemudian, di tahun 2020, sesaat sebelum itu Semut disetel untuk publikRegulator tiba-tiba untuk berhenti Penawaran umum perdananya, saat itu bernilai $34 miliar, akan menjadi IPO terbesar yang pernah tercatat.

Tidak segera jelas bagaimana penarikan Mr Ma dari Ant Group dapat mempengaruhi rencana apa pun yang mungkin dimiliki raksasa fintech untuk melanjutkan penawaran umum perdananya. Tapi itu mungkin akan tertunda karena persyaratan daftar. Bursa Efek Hong Kong mensyaratkan masa tunggu satu tahun setelah perubahan kepemilikan; Pasar lain membutuhkan dua atau tiga tahun.

Ant Group merestrukturisasi perusahaannya sesuai dengan tuntutan otoritas China. Bulan lalu, penyelenggara sepakat Berencana untuk meningkatkan modal sebesar $1,5 miliar untuk unit pinjaman konsumennya, yang memungkinkan cabang pemerintah Hangzhou menjadi pemegang saham terbesar kedua. Peningkatan modal mengatasi rintangan peraturan utama, yang memungkinkan untuk menerbitkan pinjaman konsumen senilai hingga 500 miliar yuan, atau $73 miliar.

Persetujuan tersebut merupakan tanda terbaru bahwa pemerintah China siap untuk melunakkan sikap kerasnya terhadap perusahaan internet dalam upaya untuk merangsang aktivitas ekonomi pada tahun 2023.

lama setelah”nol covidPenguncian, denda, dan peraturan ketat pada Ant Group dan raksasa teknologi lainnya Li Qiang, pejabat nomor dua baru Partai Komunis, mendesak para kader pada pertemuan ekonomi pada bulan Desember untuk “mengembangkan ekonomi digital dengan giat” dan meningkatkan daya saing global mereka.

READ  Putin memerintahkan penyitaan proyek minyak dan gas Sakhalin 1 yang dipimpin oleh Exxon

Zhixu Wang Berkontribusi pada penelitian.