Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Izyum: Ukraina mengatakan beberapa mayat ditemukan di kuburan massal beruang “tanda penyiksaan”

Izyum: Ukraina mengatakan beberapa mayat ditemukan di kuburan massal beruang "tanda penyiksaan"


Isium, Ukraina
CNN

Bahkan hujan deras tidak dapat menghapus bau kematian di hutan pinus Izyum pada Jumat sore, ketika penyelidik Ukraina menelusuri situs pemakaman massal yang ditemukan di kota Ukraina timur. pulih dari pasukan Rusia.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan setidaknya 440 kuburan “tak bertanda” telah ditemukan di kota itu dalam beberapa hari terakhir. Presiden negara itu, Volodymyr Zelensky Jumat mengatakan beberapa mayat yang ditemukan di Izyum menunjukkan “jejak penyiksaan,” dan dia menyalahkan Rusia atas apa yang dia sebut “kekejaman dan teror.”

Isium berada di bawah serangan artileri berat Rusia pada bulan April. Kota, yang terletak di dekat perbatasan antara wilayah Kharkiv dan Donetsk, menjadi pusat penting tentara penyerang selama lima bulan pendudukan. Pasukan Ukraina merebut kembali kendali kota pada hari Sabtu, memberikan pukulan strategis terhadap serangan militer Rusia di timur.

Ketika CNN tiba di lokasi pemakaman massal pada Jumat sore, para pejabat sedang mengangkut kantong mayat, termasuk yang tampaknya membawa sesuatu yang sangat kecil, di dalam truk berpendingin.

Sebagian besar kuburan di situs pemakaman adalah kuburan tunggal, dengan salib kayu ditempatkan di atas gundukan tanah. Beberapa dari mereka memiliki nama dan nomor yang tertulis di atasnya. Satu meningkat menjadi 398. Yang lainnya dinamai seorang pria berusia 82 tahun. Seorang pejabat di situs tersebut mengatakan kepada CNN bahwa penyelidikan harus menentukan kapan orang-orang ini meninggal.

Di dalam hutan terlihat seperti bekas pos militer, dengan posisi tank yang digali jauh ke dalam tanah.

Seorang polisi di tempat kejadian mengatakan kepada CNN bahwa tempat itu adalah kuburan massal di mana 17 mayat ditemukan.

“Ini adalah badan sipil dan militer lainnya di sepanjang jalan,” kata Igor Garmash, penyelidik situs, tentang bagian persis dari situs yang dia periksa, sambil menunjuk ke situs terdekat.

READ  Serangan gajah menyebabkan seorang wanita Amerika tewas di Taman Nasional Kafue di Zambia

“Lebih dari 20 mayat telah diperiksa dan dikirim untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya kepada CNN.

Pusat Komunikasi Strategis Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa beberapa kuburan yang ditemukan di Izyum adalah “segar” dan bahwa mayat yang dikuburkan di sana “kebanyakan warga sipil”.

Kantong mayat dipindahkan ke wadah berpendingin setelah penggalian di situs pemakaman massal Izium.

Dmytro Lubinets, Komisaris Hak Asasi Manusia Verkhovna Rada, mengatakan dalam sebuah pernyataan video dari situs tersebut: “Ada seluruh keluarga di sebelah saya … ini adalah keluarga muda … ayah lahir pada tahun 1988, istri lahir pada tahun 1991, putri kecil mereka lahir pada tahun 2016. ”

Dia mengatakan penduduk setempat mengatakan kepada penyelidik bahwa keluarga itu tewas dalam serangan udara Rusia.

Kami juga melihat di sini pemakaman massal tentara tentara Ukraina. “Cara mereka dikuburkan – Anda akan melihat bukti bahwa tangan mereka diikat, mereka dibunuh dari jarak dekat,” kata Lubinets.

Seorang penduduk Izium yang tinggal di seberang jalan dari situs pemakaman massal mengatakan kepada CNN bahwa Rusia pertama-tama menyerang pemakaman terdekat di kota dengan serangan udara dan kemudian pindah.

Mereka membawa mesin mereka sendiri. Mereka menggali beberapa parit untuk mobil mereka. “Kami baru saja mendengar bagaimana mereka menghancurkan hutan,” kata Nadezhda Kalinichenko kepada CNN.

Dia mengatakan dia mencoba untuk tidak keluar selama kota itu berada di bawah pendudukan Rusia karena dia terlalu takut.

“Ketika mereka pergi, saya tidak tahu apakah ada perkelahian atau tidak. Kami baru saja mendengar banyak truk berat satu malam seminggu yang lalu.

Selama pidatonya pada hari Kamis, Zelensky mengatakan bahwa Rusia harus bertanggung jawab atas kematian di sana dan di kota-kota lain di mana sejumlah besar mayat ditemukan.

READ  Sekjen PBB dan Presiden Rusia Putin membahas perang di Ukraina

BuchaDan Mariupol Dan sekarang, sayangnya, Izium… Rusia meninggalkan kematian di mana-mana. Dan Anda harus bertanggung jawab untuk itu. Dunia harus meminta pertanggungjawaban Rusia atas perang ini. “Kami akan melakukan segalanya untuk itu,” tambahnya.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleh Sinihopov, mengatakan bahwa “skala kejahatan yang dilakukan oleh penjajah di Izyum sangat besar. Ini adalah horor berdarah dan biadab.”

Sinihopov mengatakan bahwa “450 mayat warga sipil yang membawa jejak kekerasan kematian dan penyiksaan dimakamkan di sabuk hutan. Sulit membayangkan sesuatu seperti ini di abad ke-21, tapi sekarang ini adalah kenyataan tragis di Izyum.”

Di antara mayat yang digali pada hari Jumat, “99 persen menunjukkan tanda-tanda kematian yang kejam,” kata Sinihopov.

Ada beberapa mayat dengan tangan terikat di belakang dan seseorang dikubur dengan tali di lehernya. Jelas bahwa orang-orang ini disiksa dan dieksekusi. Ada juga anak-anak di antara yang dikuburkan.

Zelensky berbicara kepada CNN tentang serangan balik Ukraina terhadap Rusia

Sementara itu, Ole Kotenko, Komisaris Ukraina untuk Orang Hilang, mengatakan dalam sebuah posting Telegram bahwa pencarian sisa-sisa “pahlawan yang jatuh” sedang dilakukan dengan hati-hati di seluruh wilayah.

Masalah terbesar adalah bahwa beberapa daerah masih ditambang. Meskipun demikian, kami terus bekerja, karena kami harus membawa pulang setiap pahlawan agar keluarga dapat menghormati ingatan para prajurit yang gugur untuk Ukraina dengan cara yang bermartabat sesegera mungkin, ”kata Kotenko.

Zelensky mengunjungi Izyum pada hari Rabu dan mengatakan kepada wartawan bahwa dia “terkejut” dengan jumlah “bangunan yang hancur” dan “orang mati” yang tersisa setelah pendudukan Rusia.

Dalam pidato Jumat malamnya, Zelensky mengatakan bahwa penggalian di situs pemakaman massal masih berlanjut dan “masih terlalu dini untuk berbicara tentang jumlah total orang yang dikuburkan di sana.”

READ  Setelah 108 tahun penahanan praperadilan, Hong Kong menghadapi 47 putusan pengadilan keamanan | Berita Pengadilan

Dia menambahkan bahwa penyelidikan sedang berlangsung di semua wilayah negara yang telah direbut kembali dari pasukan Rusia, dan sejumlah warga sipil, termasuk orang asing, yang ditahan di kota-kota pendudukan, ditemukan hidup-hidup.

Dia mengatakan bahwa di antara orang asing yang diselamatkan adalah tujuh siswa Sri Lanka. Mereka belajar di perguruan tinggi kedokteran di Kobyansk tetapi pada bulan Maret tentara Rusia ditangkap dan ditahan di ruang bawah tanah. “Baru sekarang, setelah pembebasan wilayah Kharkiv, orang-orang ini telah diselamatkan dan perawatan medis yang memadai diberikan kepada mereka,” kata Zelensky.

Sebuah sumber PBB mengatakan kepada CNN bahwa tim dari badan pemantau hak asasi manusia PBB – OCHR – akan pergi ke Izium dan sekitarnya sesegera mungkin.

Sumber tersebut mengatakan bahwa tim investigasi kejahatan perang dapat menindaklanjuti setelah itu. Tujuan pasti mereka masih belum jelas saat ini.

Moskow menggunakan Izyum sebagai titik peluncuran untuk serangan ke selatan ke wilayah Donetsk dan Kobyansk, sekitar 48 kilometer (30 mil) utara Izyum, dan sebagai pusat kereta api untuk memasok pasukannya.

Zelensky juga berterima kasih kepada pemerintah asing karena mengirim penyelidik dan jaksa untuk menyelidiki dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh pasukan pendudukan di Ukraina, menambahkan bahwa semua wilayah yang diduduki pada akhirnya akan kembali.

Pasukan Ukraina melancarkan serangan militer terus menerus, terutama di wilayah timur laut dan selatan negara itu.

Zelensky mengatakan Selasa bahwa 8.000 kilometer persegi (3.088 mil persegi) tanah kini telah dibebaskan oleh pasukan Ukraina sejauh bulan ini, dengan hampir setengah dari wilayah tersebut masih menjalani langkah-langkah “stabilisasi”.