April 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Islandia bersiap melindungi pembangkit listrik tenaga panas bumi dari ancaman letusan gunung berapi

Islandia bersiap melindungi pembangkit listrik tenaga panas bumi dari ancaman letusan gunung berapi

GRINDAVIK, Islandia (Reuters) – Pihak berwenang Islandia pada Selasa bersiap membangun tembok pertahanan di sekitar pembangkit listrik tenaga panas bumi di bagian barat daya negara itu yang mereka harap akan melindunginya dari aliran lava di tengah kekhawatiran akan segera terjadinya letusan gunung berapi.

Aktivitas seismik dan aliran lava bawah tanah meningkat di Semenanjung Reykjanes dekat ibu kota Reykjavik selama akhir pekan, mendorong pihak berwenang untuk mengevakuasi hampir 4.000 orang dari kota nelayan Grindavik pada hari Sabtu.

Institut Meteorologi Islandia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa kemungkinan letusan tetap tinggi meskipun aktivitas seismik menurun.

Dia menambahkan bahwa hampir 800 gempa bumi tercatat di wilayah tersebut antara tengah malam dan tengah hari pada hari Selasa, lebih sedikit dibandingkan dua hari sebelumnya.

“Aktivitas seismik yang lebih sedikit biasanya terjadi sebelum letusan, karena letaknya sangat dekat dengan permukaan sehingga tidak dapat menimbulkan banyak ketegangan yang dapat menyebabkan gempa bumi besar,” kata Ricky Pedersen, yang mengepalai Pusat Vulkanik Nordik dan berbasis di Reykjavik.

“Hal ini tidak boleh dianggap sebagai tanda bahwa wabah tidak akan segera terjadi,” katanya.

Pihak berwenang mengatakan mereka sedang mempersiapkan pembangunan bendungan besar yang dirancang untuk mengalihkan aliran lava di sekitar pembangkit listrik tenaga panas bumi Svartsinje, yang terletak sekitar 6 kilometer (4 mil) dari Grindavik.

Menteri Kehakiman Gudrun Hafstinsdottir mengatakan kepada radio negara RUV bahwa peralatan dan bahan yang dapat mengisi 20.000 truk telah diangkut ke pabrik.

READ  Kepala Wagner menulis ke Gedung Putih tentang sanksi baru

Pembangunan bendungan pelindung di sekitar pembangkit listrik masih menunggu persetujuan resmi dari pemerintah.

Juru bicara HS Orca, operator pembangkit listrik tersebut, mengatakan pihaknya menyediakan listrik ke seluruh negeri, meskipun pemadaman listrik tidak akan mempengaruhi pasokan listrik ke Reykjavik.

Hampir semua dari 3.800 penduduk Grindavik diizinkan pulang sebentar pada hari Senin dan Selasa untuk mengambil barang-barang mereka, kata Departemen Perlindungan Sipil dan Manajemen Darurat Islandia.

Di Grindavik, retakan panjang terjadi di pusat kota, membuat jalan utama tidak dapat dilalui, sementara uap terlihat mengepul dari dalam tanah.

Lampu di beberapa rumah masih menyala, tetapi kota itu sepi karena mobil aneh itu dan segelintir penduduk setempat berada di sana untuk mengambil barang-barang terpenting mereka sebelum Grindavik sekali lagi dinyatakan terlarang.

Warga setempat Kristin Maria Birgisdottir, yang bekerja untuk pemerintah kota tersebut, mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa bahwa dia hanya memiliki pakaian yang dia kenakan untuk bekerja pada hari kota tersebut dievakuasi.

“Saya bersiap-siap jika saya berkesempatan mengunjungi rumah saya dan mengambil beberapa barang saya,” kata Birgisdottir, yang pindah ke rumah musim panas bersama keluarganya.

Beberapa warga harus diangkut ke Grindavik dengan kendaraan tanggap darurat, sementara sebagian besar warga diperbolehkan berkendara ke Grindavik dengan kendaraan sendiri didampingi petugas darurat.

Sebagian besar hewan peliharaan dan hewan ternak telah diselamatkan dari Grindavík pada Senin malam, menurut badan amal Dervina.

Pada sore hari, meteran baru yang dipasang di dekat Grindavik oleh Kantor Met mendeteksi peningkatan kadar sulfur dioksida, menyebabkan seluruh Grindavik dievakuasi lagi dalam waktu singkat, lebih cepat dari jadwal.

Badan tersebut mengatakan dalam pembaruannya bahwa meskipun tidak ada indikasi lain bahwa letusan telah dimulai, hal ini tidak dapat dikesampingkan karena gas tidak akan muncul kecuali magma berada tinggi di kerak bumi.

READ  Citi Russia dapat memaksimalkan pendapatan jika melanjutkan penjualan gas ke Eropa

(Laporan tambahan oleh Louise Preuss Rasmussen, Johannes Gottfredsen-Birkbeck, Jacob Gronholt Pedersen dan Niklas Pollard) Penyuntingan oleh Christina Fincher, Alex Richardson, Mark Heinrich dan Alexandra Hudson

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru