Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Intel mengandalkan lebih banyak inti untuk meningkatkan kinerja dalam jajaran CPU generasi ke-13 yang bocor

Intel mengandalkan lebih banyak inti untuk meningkatkan kinerja dalam jajaran CPU generasi ke-13 yang bocor
Perbesar / Prosesor inti i7-12700. Daftar prosesor desktop Intel Core generasi ke-13 yang bocor mengklaim bahwa sebagian besar akan memiliki lebih banyak core daripada rekan-rekan generasi ke-12 mereka.

Andrew Cunningham

Pemahaman kami tentang CPU generasi ke-13 Intel, dengan nama kode “Raptor Lake,” terus terbentuk menjelang peluncuran yang direncanakan musim gugur ini. Motherboard untuk chip Alder Lake saat ini adalah Menambahkan dukungan awal untuk merekasekarang daftar default konfigurasi CPU desktop (Seperti yang disebutkan oleh Tom’s Hardware) menunjukkan bahwa Intel akan mengandalkan core efisiensi kecil dari CPU (electronic cores) untuk sebagian besar peningkatan kinerjanya.

Berdasarkan pengungkapan Intel, kita tahu bahwa CPU Raptor Lake akan menggunakan CPU, arsitektur GPU, dan proses manufaktur Intel 7 yang sama dengan Alder Lake. Namun, inti kinerja yang lebih besar (P-core) akan didasarkan pada arsitektur yang disebut “Raptor Cove” Dokumen teknis tidak membedakannya Dia bermaksud “Golden Bay” oleh Alder Lake. Inti elektronik akan didasarkan pada arsitektur Gracemont yang diturunkan dari Atom yang sama dengan yang digunakan Alder Lake. Core besar menangani beban berat dan memberikan kinerja terbaik untuk game dan aplikasi lain yang mendapat manfaat dari kinerja single-core yang baik, sementara inti elektronik bekerja pada tugas-tugas berprioritas rendah dan latar belakang serta beban kerja seperti fungsi encoding dan rendering video berbasis CPU yang dapat memberi daya pada semua inti prosesor secara bersamaan. Sulit untuk membuat perbandingan kinerja yang akurat, tapi Standar AnandTech untuk Core Elektronik dalam Isolasi Ini menyatakan bahwa itu lebih cepat daripada CPU Skylake mid-range generasi ke-6 sebagian besar waktu.

Intel juga memiliki dikonfirmasi Beberapa chip Raptor Lake akan memiliki hingga 24 inti fisik, tersebar di delapan inti P dan 16 inti elektronik. CPU Alder Lake memiliki maksimal delapan core, dengan total 16 core fisik.

READ  Beberapa Pixel bertujuan untuk memiliki Android 12, bukan Android 13

Daftar CPU yang diklaim ini didasarkan pada pengetahuan itu, yang menunjukkan bahwa CPU Raptor Lake Core i9 kelas atas semuanya akan memiliki 16 inti, naik dari delapan saat ini, dan bahwa Raptor Lake Core i7s semuanya akan memiliki delapan inti di mana Alder Lake i7s termasuk Entah delapan atau empat. Kelompok empat atau delapan core juga akan datang ke seluruh level Core i5 untuk pertama kalinya. CPU i5-12600 (non-K), 12500 dan 12400 saat ini tidak memiliki inti sama sekali, sedangkan i5-13600 dan 13500 dilaporkan akan memiliki delapan inti, dan i5-13400 akan hadir dengan empat inti. Satu-satunya chip Danau Raptor dengan nomor E-core tampaknya menjadi i3-13100, yang tetap menjadi CPU quad-core dengan semua P-core.

Dugaan jajaran CPU desktop Raptor Lake.  Inti elektron selalu datang dalam kelompok empat, karena kelompok inti elektronik berbagi cache dan sumber daya lain yang membuat tidak mungkin untuk memecahnya menjadi kelompok yang lebih kecil.

Dugaan jajaran CPU desktop Raptor Lake. Inti elektron selalu datang dalam kelompok empat, karena kelompok inti elektronik berbagi cache dan sumber daya lain yang membuat tidak mungkin untuk memecahnya menjadi kelompok yang lebih kecil.

Pendekatan “tambahkan lebih banyak inti” ini sejalan dengan strategi Intel untuk meningkatkan kinerja pada CPU generasi ke-8, ke-9, dan ke-10. Ini semua didasarkan pada beberapa versi arsitektur Skylake era 2015 perusahaan dan proses manufaktur 14nm, tetapi perusahaan terus menambahkan lebih banyak inti untuk melawan AMD berhasil dengan jajaran CPU Ryzen-nya. Meskipun Intel menggunakan proses manufaktur yang sama seperti Alder Lake dan Raptor Lake, membuat chip yang lebih besar dan lebih cepat dalam jumlah yang lebih besar menjadi lebih mudah karena throughput chip meningkat dan jumlah cacat berkurang.

Chip generasi ketiga belas terdaftar pada tingkat TDP yang sama dengan rekan-rekan generasi ke-12, meskipun frekuensi inti CPU rendah untuk setiap chip kecuali untuk i3-13100. Frekuensi Turbo Boost kemungkinan akan sedikit lebih tinggi dari CPU generasi ke-12, sehingga Intel masih dapat mengklaim peningkatan kinerja rantai tunggal. Namun, ketika semua inti dimuat sekaligus, Anda mungkin tidak dapat berjalan pada kecepatan Alder Lake dan tetap berada dalam amplop daya default Intel. Seperti halnya Alder Lake, menaikkan batas daya dari pengaturan default Intel akan secara dramatis meningkatkan kinerja untuk sebagian besar chip ini dengan mengorbankan (Terkadang tidak proporsional) Penggunaan energi dan suhu tinggi.

READ  Sony memprioritaskan "game berkualitas tinggi" untuk PS Plus Extra, Premium

Arsitektur CPU Zen 4 AMD yang akan datang masih akan menggunakan desain yang lebih tradisional, dengan jumlah “P-core” yang berbeda (AMD tidak menyebutnya demikian, tetapi untuk konsistensi, akan sangat membantu untuk memikirkannya seperti itu). Rumor awal dan sangat serius menunjukkan bahwa Zen 5 dapat menampilkan desain hibrida, dengan Zen 5 P-core dan E-core berdasarkan versi modifikasi dari Zen 4, tetapi AMD belum mengkonfirmasi hal ini, dan kami kemungkinan tidak akan melakukannya. dapatkan berita resmi apa pun tentang Zen.5 hingga paling cepat tahun depan.

Arsitektur CPU hybrid ini kadang-kadang menyebabkan masalah dengan perangkat lunak yang ketinggalan zaman atau tidak jelas, termasuk: Beberapa game lama Dan Program tes Ini, karena satu dan lain alasan, menafsirkan kehadiran arsitektur CPU kedua sebagai kehadiran komputer fisik kedua. Namun seiring waktu, masalah ini dimulai Diselesaikan melalui patch Windows dan pembaruan aplikasidan setidaknya beberapa komputer akan memungkinkan Anda untuk mengalahkannya dalam jangka pendek dengan mematikan inti elektronik.