Februari 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Inggris melarang TikTok di perangkat pemerintah setelah langkah AS

Inggris melarang TikTok di perangkat pemerintah setelah langkah AS
  • Pada hari Kamis, Inggris mengumumkan rencana untuk memblokir aplikasi video China TikTok di perangkat pemerintah.
  • Langkah Inggris mengikuti aturan serupa di Amerika Serikat dan Uni Eropa.
  • Menteri Kantor Kabinet Oliver Dowden mengatakan perangkat pribadi pegawai pemerintah tidak akan tercakup dalam larangan tersebut.

Inggris berencana untuk melarang TikTok di telepon pemerintah, mengikuti langkah serupa di Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Dan Kitwood | Berita Getty Images | Gambar Getty

Pada hari Kamis, Inggris mengumumkan rencana untuk melarang penggunaan aplikasi video TikTok milik China di perangkat perusahaan negara.

“Jelas ada risiko seputar seberapa sensitif data pemerintah diakses dan digunakan oleh platform tertentu,” kata Menteri Kantor Kabinet Oliver Dowden, menyusul tinjauan oleh pakar keamanan siber Inggris.

Dowden menambahkan bahwa aplikasi mengumpulkan sejumlah besar data tentang pengguna, termasuk kontak dan lokasi. Pada perangkat pemerintah, “data ini bisa menjadi sensitif,” katanya.

“Keamanan informasi sensitif pemerintah harus didahulukan, jadi hari ini kami melarang aplikasi ini di perangkat pemerintah. Penggunaan aplikasi penambangan data lainnya akan tetap ditinjau,” kata menteri dalam sebuah pernyataan. jumpa pers.

Larangan TikTok segera dimulai, menurut Dowden, yang mencatat langkah itu “pencegahan”.

Dia menegaskan larangan itu tidak termasuk perangkat pribadi pegawai pemerintah. “Ini adalah langkah yang sepadan berdasarkan risiko spesifik dengan lembaga pemerintah.”

Pengabaian untuk menggunakan TikTok di perangkat pemerintah diterapkan jika diperlukan untuk tujuan bisnis, tetapi “hanya akan diberikan oleh tim keamanan berdasarkan kasus per kasus, dengan izin menteri yang sesuai, dan dengan mitigasi keamanan,” kata pemerintah .

Menteri juga mengatakan bahwa lembaga pemerintah hanya akan dapat mengakses aplikasi pihak ketiga yang ada dalam daftar yang telah disetujui sebelumnya.

READ  Rubel Rusia jatuh ke rekor terendah terhadap dolar

Seorang juru bicara TikTok mengatakan perusahaan kecewa dengan keputusan pemerintah Inggris.

“Kami percaya larangan ini didasarkan pada kesalahpahaman mendasar dan didorong oleh geopolitik yang lebih luas, di mana TikTok dan jutaan penggunanya di Inggris tidak berperan. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah untuk mengatasi masalah apa pun, tetapi ini harus dinilai. ,” kata juru bicara itu dalam sebuah pernyataan email.

“Kami telah mulai menerapkan rencana komprehensif untuk lebih melindungi data pengguna Eropa kami, termasuk menyimpan data pengguna di Inggris Raya di pusat data Eropa kami dan memperketat kontrol akses data, termasuk pengawasan pihak ketiga yang independen terhadap pendekatan kami.”

Langkah Inggris mengikuti aturan serupa di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Pada akhir Februari, Gedung Putih memberi waktu 30 hari kepada lembaga pemerintah untuk memastikan bahwa TikTok tidak dipasang di mesin federal. Komisi Eropa, badan eksekutif UE, juga telah melarang karyawan memasang TikTok di perangkat perusahaan dan pribadi.

Anggota parlemen di Washington telah berulang kali menyatakan keprihatinan bahwa data pengguna AS dari TikTok dapat dikirim ke China dan diakses di tangan pemerintah di Beijing.

TikTok, dalam beberapa kesempatan, menyoroti pekerjaan yang mereka lakukan untuk melindungi data pengguna di AS. Perusahaan meluncurkan “Project Texas” tahun lalu untuk “sepenuhnya melindungi data pengguna dan kepentingan keamanan nasional AS.”

TikTok mengatakan sedang bekerja dengan perusahaan AS Oracle untuk menyimpan semua data AS secara default di cloud perusahaan AS, sebagai langkah untuk meredakan kekhawatiran Washington.

Tekanan meningkat secara global di TikTok. Komite Investasi Asing AS di Amerika Serikat (CFIUS) telah meminta ByteDance untuk menjual sahamnya di TikTok, atau aplikasi tersebut dapat menghadapi larangan AS. Larangan apa pun akan mencekik TikTok dari pasar AS yang besar.

READ  Bank of England menaikkan suku bunga dalam upaya untuk memerangi inflasi yang melonjak