Desember 5, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Inggris dan UE mencapai kesepakatan perdagangan pasca-Brexit di Irlandia Utara: pembaruan langsung

Inggris dan UE mencapai kesepakatan perdagangan pasca-Brexit di Irlandia Utara: pembaruan langsung

LONDON — Kesepakatan yang dicapai Inggris dan Uni Eropa pada hari Senin, setelah berminggu-minggu pembicaraan rahasia dan beberapa awal yang salah, dapat memiliki konsekuensi ekonomi dan politik yang luas – mencegah kemungkinan perang dagang antara Inggris dan Uni Eropa dan membuka pintu ke UE. Pemulihan pemerintahan devolusi di Irlandia Utara.

Itu juga bisa menghilangkan gangguan yang tersisa antara Inggris dan Amerika Serikat. Presiden Biden telah memohon kepada Sunak untuk merundingkan penghentian kebuntuan perdagangan, dan sebuah kesepakatan dapat memfasilitasi kunjungannya ke London dan Belfast, ibu kota Irlandia Utara, untuk merayakan peringatan 25 tahun Perjanjian Jumat Agung, yang mengakhiri pertumpahan darah selama beberapa dekade. . dikenal sebagai masalah.

Tetapi kesepakatan itu menimbulkan risiko besar bagi Sunak, membukanya untuk reaksi keras dari garis keras pro-Brexit di partai Konservatifnya sendiri dan Partai Persatuan Demokratik Irlandia Utara, yang telah berkampanye untuk menulis ulang aturan perdagangan pasca-Brexit, bukan hanya mengutak-atik mereka, seperti Tuan Sunak dan Nyonya von der Leyen.

Status unik Irlandia Utara — yang merupakan bagian dari Britania Raya tetapi berbagi perbatasan darat dengan Irlandia, dan merupakan anggota Uni Eropa dan pasar tunggalnya — telah menjadikan persyaratan perdagangannya saat ini sebagai masalah totem bagi para pendukung Brexit dan serikat pekerja, sebagian besar Protestan bagian dari populasi wilayah yang ingin tetap berkuasa.Inggris Raya.

Aturan tersebut dirancang untuk menghindari pemeriksaan di perbatasan darat, yang tidak dapat diterima oleh nasionalis Irlandia dan Irlandia Utara, sebagian besar penduduk beragama Katolik yang menginginkan wilayah itu bersatu kembali dengan Irlandia.

Bagi Sunak, yang berkuasa Oktober lalu dan tertinggal dari Partai Buruh oposisi dalam jajak pendapat, kesepakatan itu merupakan ujian kritis bagi pemerintahan mudanya. Reaksi negatif mungkin memberanikan salah satu pendahulunya, Boris Johnson, yang digulingkan tahun lalu tetapi mungkin memiliki ambisi untuk kembali.

READ  Iran mengatakan siap untuk berbicara dengan Ukraina atas tuduhan mempersenjatai Rusia | berita perang antara rusia dan ukraina
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, kiri; John Wood, CEO Harland & Wolff; dan Chris Heaton-Harris, menteri luar negeri Irlandia Utara, pada bulan Desember di galangan kapal Harland & Wolff di Belfast.kredit…Foto kolam renang oleh Charles McQuillan

Bagian dari masalahnya adalah Mr Sunak menegosiasikan kesepakatan dengan Ms von der Leyen di bawah selubung kerahasiaan. Hal ini meningkatkan skeptisisme di kalangan serikat pekerja dan Brexiteers, yang menentang kesepakatan apa pun yang menerapkan aturan perdagangan UE ke Irlandia Utara, dan tidak memperlakukannya seperti negara lain di Inggris Raya.

Mr Sunak juga tidak mengikat apakah Parlemen akan diizinkan untuk menyetujuinya. Pada hari Minggu, wakil perdana menteri Sunak, Dominic Raab, menolak untuk mengkonfirmasi bahwa anggota parlemen di Westminster akan memberikan suara pada kesepakatan tersebut.

“Parlemen akan menemukan cara untuk menyampaikan pendapatnya,” kata Raab kepada Sky News, tanpa menjelaskan apa artinya.

Perjanjian garis besar akan memperbarui dokumen yang dikenal sebagai Protokol Irlandia Utara, yang dibuat untuk menghindari perlunya kontrol pabean atas barang yang melintasi perbatasan yang sensitif secara politik antara Irlandia Utara dan Irlandia, dan mulai berlaku pada awal 2021. Di bawah protokol, Irlandia tetap berada dalam bagian pasar tunggal Eropa. , berpegang teguh pada buku aturan ekonominya.

Tetapi protokol tersebut juga menciptakan penghalang perdagangan yang berbeda, yang mengharuskan pemeriksaan barang yang diangkut dari Inggris ke Irlandia Utara. Ini membuat marah sebagian besar komunitas serikat pekerja Irlandia Utara, yang khawatir hal itu akan membuat perpecahan antara mereka dan seluruh Inggris Raya.

Di bawah ketentuan New Deal, barang yang bergerak dari Inggris ke Irlandia Utara yang seharusnya tetap di sana akan melewati saluran “hijau” tanpa pemeriksaan rutin. Mereka yang menuju Irlandia akan melewati saluran ‘Merah’ yang akan memiliki lebih banyak kontrol.

READ  Keluarga tentara Rusia memohon kepada Putin atas perang 'penjahatnya'

Mungkin yang paling penting bagi Demokrat Unionis adalah gerakan untuk memberikan “rem darurat” kepada politisi Irlandia Utara karena harus memberlakukan undang-undang Eropa yang baru atau yang diperbarui.

Untuk memprotes protokol tersebut, DUP memboikot Majelis Irlandia Utara dan pemerintah devolusi. Untuk memastikan pembagian kekuasaan antara serikat buruh dan nasionalis, sistem ditutup kecuali partai terbesar di kedua belah pihak setuju untuk berpartisipasi.

Apakah perjanjian baru cukup kuat untuk membujuk partai untuk kembali ke pemerintahan Irlandia Utara akan menjadi salah satu ujian keberhasilan negosiasi Mr Sunak.

Geoffrey Donaldson, pemimpin Partai Persatuan Demokrat, berbicara kepada wartawan di Hotel Culloden, sebuah hotel di Belfast tempat Sunak bertemu dengan para pemimpin Stormont tentang Protokol Irlandia Utara, pada 17 Februari.kredit…Lauren O’Sullivan/Reuters

Dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times, Sunak berkata, “Saya ingin memperbaiki defisit demokrasi karena kedaulatan sangat penting, dan itulah mengapa gagasan bahwa UE dapat memberlakukan undang-undang di Irlandia Utara tanpa memberikan pendapat mereka tidak dapat diterima.”

Reaksi besar lainnya akan datang dari pendukung Brexit, termasuk Tuan Johnson. Dia menyetujui Protokol selama masa jabatannya, tetapi kemudian membuat marah negara-negara UE dengan memperkenalkan undang-undang yang dimaksudkan untuk memberi pemerintah Inggris kekuatan untuk mengesampingkan beberapa dari mereka.

Undang-undang tersebut saat ini sedang dalam pengawasan House of Lords, dewan peninjau Parlemen Inggris yang tidak dipilih, tetapi Sunak telah setuju untuk membatalkannya karena harga konsesi yang ditawarkan Brussels. Pak Johnson, Menurut laporan berita InggrisBagi Sekutu, mengabaikan RUU itu akan menjadi “kesalahan besar”.

Beberapa pengamat percaya bahwa Johnson sedang bersiap untuk menggoyahkan kepemimpinan Sunak dan mungkin mencoba untuk menggesernya jika Partai Konservatif tampil buruk dalam pemilihan kota lokal yang dijadwalkan pada bulan Mei.

READ  Ukraina memulai serangan di wilayah Bakhmut dalam beberapa arah sekaligus - Kementerian Pertahanan

“Dia ingin menjatuhkan Rishi Sunak, dan dia akan menggunakan alat apapun untuk melakukannya.” George Osborne, Seorang gubernur dan mantan menteri keuangan mengatakan kepada Channel 4 pada akhir Februari. “Dan jika negosiasi Irlandia Utara adalah alat itu, dia akan mengambilnya dan memukul kepala Sunak dengan itu.”