Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa berkekuatan 5,6 melanda Turki dalam gempa susulan besar terbaru | Berita gempa Turki dan Suriah

Gempa berkekuatan 5,6 melanda Turki dalam gempa susulan besar terbaru |  Berita gempa Turki dan Suriah

cerita pembangunan,

Pihak berwenang mengatakan bahwa setidaknya satu orang tewas dalam runtuhnya sebuah pabrik di daerah tersebut, yang masih mengalami kerusakan sebelumnya.

Gempa berkekuatan 5,6 melanda Turki timur, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai puluhan lainnya serta menyebabkan beberapa bangunan yang rusak runtuh.

Gempa hari Senin menjadi gempa besar terbaru yang melanda Turki selatan saat wilayah itu dibangun kembali setelah gempa besar sebelumnya yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turki selatan dan Suriah barat laut.

Badan Penanggulangan Bencana negara (AFAD) mengatakan gempa terbaru memiliki pusat gempa di kota Yesliurt di provinsi Malatya, menambahkan bahwa satu orang tewas ketika sebuah pabrik runtuh di Kahramanmaras, pusat gempa berkekuatan 7,8 yang melanda wilayah tersebut pada Februari. . 6, dan 69 lainnya luka-luka.

Walikota Yesliurt Mehmet Cinar mengatakan kepada TV Haber Turk bahwa sejumlah bangunan di kota itu runtuh, termasuk bangunan empat lantai tempat ayah dan anak perempuannya terjebak.

Cinar mengatakan pasangan itu memasuki gedung yang rusak untuk mengambil barang-barang.

Turki menyerang Provinsi Malatya, Turki [Al Jazeera]

Tayangan televisi menunjukkan pria itu dibawa dengan tandu di ambulans, sementara tim penyelamat berusaha menghubungi putrinya di dalam gedung yang rusak.

Dilansir dari Gaziantep, Teresa Bo dari Al Jazeera mengatakan gempa tersebut dirasakan oleh warga yang tinggal di tenda-tenda sementara setelah mengungsi akibat gempa sebelumnya.

“Kami juga merasakan gempa di sini, di pusat Gaziantep. Mereka yang terkena dampak gempa bumi pada 6 Februari sekarang tinggal di dalam tenda. Itu menimbulkan ketakutan dan rasa sakit lagi,” kata Bo.

PBB mengatakan sedikitnya 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal di Turki selatan, dan lebih dari 500.000 rumah perlu dibangun kembali.

READ  Ajudan Zelensky mengatakan rencana perdamaian Ukraina adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri perang Rusia

Hampir 10.000 gempa susulan telah dilaporkan sejak 6 Februari, menurut pihak berwenang.

Turki mengatakan pekan lalu sekitar 865.000 orang tinggal di tenda dan 23.500 di rumah kontainer, sementara 376.000 berada di asrama mahasiswa dan penginapan umum di luar zona gempa.

Gempa terbaru terjadi beberapa hari setelah Turki memulai operasi untuk memindahkan orang yang tinggal di tenda ke kota kontainer, dengan tahap pertama akan mengangkut orang ke dalam 15.000 kontainer.

Pihak berwenang Turki telah memperluas penyelidikan kriminal terhadap orang-orang yang bertanggung jawab atas bangunan yang hancur akibat gempa mematikan yang menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Pemerintah juga dituding lalai menerapkan langkah-langkah pengamanan sebelum terjadi gempa.