November 30, 2021

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia undang investasi asing untuk KEK di Dubai Expo

Jakarta (Andara) – Dalam forum bisnis baru-baru ini di Paviliun Indonesia Dubai Expo 2020, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong perusahaan asing untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Indonesia.

“Saya menantikan kehadiran Anda di Indonesia dan mendorong Anda untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menteri mencatat bahwa fasilitas diberikan kepada perusahaan yang berinvestasi di KEK Indonesia. Dia mencatat bahwa fasilitas tersebut adalah platform layanan satu atap untuk memfasilitasi keuntungan finansial dan aplikasi izin bisnis, imigrasi, tenaga kerja dan penggunaan lahan seperti pembayaran pajak dan pembebasan pajak.

Indonesia telah menunjuk 19 KEK untuk didistribusikan di seluruh negeri dan mengkhususkan diri dalam bidang tertentu seperti manufaktur, pariwisata dan ekonomi kreatif, kata Hardardo.

“Pemerintah telah menetapkan KEK sebagai proyek strategis nasional, sehingga kawasan ekonomi akan diprioritaskan untuk dikembangkan lebih lanjut,” kata menteri.

Berita Terkait: Indonesia menerima janji investasi US$44,6 miliar dari UEA

KEK untuk industri manufaktur berlokasi di Sumatera di Sei Mangkei, Arun Lhokseumawe, Galang Batang, Tanjung Api-Api; Klasik dan Kendall di Jawa; Trans-Kalimantan Maloy Baduda di Kalimantan; Pidung dan susu di Sulawesi; Dan Sorong di Papua, menurut Hardarto.

Sementara itu, KEK yang diperuntukkan untuk sektor pariwisata telah didirikan di Suaka Kelayang di Banga Belitung; Suaka Lesung dan Lido di Jawa; Morottai ke Maluku Utara; Likupang di Sulawesi; Dan Mandalika di Nusa Tenggara Barat, katanya.

“Event internasional seperti World Superbike (WSBK) dan kompetisi MotoGP akan digelar di KEK Mandalay,” katanya.

UU Cipta Kerja memungkinkan pendirian KEK untuk industri tersier, yaitu KEK seperti Nongsa di Patam dan Singasari di Jawa Timur, yang telah ditetapkan sebagai industri digital dan pusat data, sedangkan perawatan, perbaikan, dan restorasi pesawat Batam Aero Technic industri, katanya.

READ  Indonesia undang pengusaha Turki investasi infrastruktur

“Dengan mendirikan KEK, pemerintah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan investasi yang tepat bagi investor dan pelaku industri di Indonesia dengan memastikan stabilitas, kejelasan, dan kesederhanaan,” kata Hardardo.

Berita Terkait: Investor UEA tertarik untuk membiayai proyek di ibu kota baru: Lahadalia