Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia telah mengirim lebih dari 20 helikopter ke provinsi yang terkena dampak setelah titik panas muncul.

JAKARTA – Indonesia telah mengirimkan lebih dari 20 helikopter ke enam provinsi di Sumatera dan Kalimantan sebagai tindakan peringatan dini menyusul kebakaran hutan dan perkebunan skala kecil di Sumatera dan Kalimantan pekan lalu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB) mengatakan, kebakaran yang memicu kekhawatiran kembalinya kabut di wilayah tersebut, belum menyebar berkat hujan dan upaya pemadaman kebakaran.

“Helikopter BNPB – pengawasan dan pengeboman air – siaga di Riau, Jambi di Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan,” kata Dr Abdul Muhari, penjabat kepala pusat data, informasi dan komunikasi BNPB, kepada The Straits. Jam akhir pekan.

Titik panas yang tersebar terdeteksi di Kalimantan Barat, Sumatra, dan Semenanjung Malaysia akhir pekan lalu berdasarkan citra satelit, dan kabut sedang diamati di atas gugus titik panas di Kalimantan Barat, kata Pusat Meteorologi Khusus ASEAN (ASMC). Tidak ada kabut yang terlihat selama akhir pekan.

“Kami memperkirakan cuaca yang lebih basah dan lebih kering tahun ini daripada cuaca kering yang lebih rawan kebakaran pada tahun 2015 dan 2018, tetapi dalam skala yang lebih kecil, api menyebar hingga 5 hektar,” kata Dr Abdul. Kebakaran hutan pada tahun-tahun itu.

Meski dengan prospek cuaca seperti itu, semua peralatan pemadam kebakaran dan sumber daya manusia siap dan siaga akan berlanjut hingga September, katanya.

Bapak Alfi Fahmi, seorang pejabat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang bekerja untuk membantu menilai Ekoregion Sumatera, mencatat bahwa titik panas muncul di Aceh dan Ria, yang menyebabkan kebakaran hutan dan perkebunan, tetapi tidak menyebar lebih dari 10 hektar.

Riau, provinsi Indonesia yang paling dekat dengan Singapura, lebih basah di tengah musim hujan yang berkepanjangan karena perubahan iklim, membuat musim kurang dapat diprediksi, kata Alfie kepada ST. Provinsi Indonesia yang paling dekat dengan Singapura adalah provinsi Kepulauan Riau, tempat Batam berada.

READ  Wuling Air EV – RM74k hingga RM89k di Indonesia; Baterai 18 kWh dan 27 kWh menawarkan jangkauan hingga 300 km

Cuaca di Indonesia dibagi menjadi dua musim – basah dan kering – dengan musim kemarau berlangsung dari Mei hingga September di sebagian besar wilayah, dan musim hujan antara Oktober dan April.

Para ahli telah memperingatkan “risiko sedang” kabut asap sedang yang kembali ke Asia Tenggara tahun ini, karena petani dan perusahaan perkebunan reklamasi membuka lahan melalui metode tebang-dan-bakar ilegal untuk memangkas biaya, dibandingkan dengan menggunakan alat berat.

Hays Outlook 2022 dari Singapore Institute of International Affairs, dirilis pada 28 Juni, melihat lebih banyak risiko tahun ini, mengingat rekor harga tertinggi baru-baru ini untuk minyak sawit dan produk hutan lainnya telah mendorong petani dan perusahaan untuk memperluas operasi.