Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia bukan pilihan pertama untuk kenaikan harga CP


JAKARTA – Kenaikan suku bunga bukanlah pilihan pertama Bank Indonesia saat ini, kata Deputi Gubernur BI kepada Reuters Global Markets Forum, Jumat.

“Kami memiliki ruang untuk menaikkan suku bunga kebijakan … tetapi pada saat ini, saya tidak berpikir kami akan menempatkannya sebagai pilihan pertama dalam jajaran kebijakan kami,” kata Todi Budi Valuyo dalam sebuah wawancara.

Tingkat inflasi headline Indonesia naik menjadi 4,94 persen pada bulan Juli, di atas kisaran target Bank Indonesia (BI) 2 persen hingga 4 persen, tetapi tingkat inflasi inti tetap berada dalam sasarannya di 2,86 persen.

Seruan untuk kenaikan suku bunga juga mendapatkan momentum setelah data awal bulan ini menunjukkan ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu tumbuh dengan tingkat tahunan 5,44 persen yang lebih baik dari perkiraan pada kuartal kedua.

BI dijadwalkan akan mengadakan tinjauan kebijakan bulanan pada 22 dan 23 Agustus.

Valueo mengatakan akan bekerja dengan pemerintah untuk mengatasi masalah pasokan yang telah menekan harga konsumen: “Kami tidak akan membiarkan inflasi inti naik”.

Dia menegaskan bahwa BI akan menaikkan suku bunga hanya jika melihat kenaikan berkelanjutan dalam inflasi inti.

BI adalah salah satu dari sedikit bank sentral Asia

Indonesia berada pada posisi yang baik untuk menavigasi volatilitas pasar keuangan saat ini di tengah pengetatan moneter global dan meningkatnya ketegangan geopolitik, kata Valueo.

Dia mendukung langkah-langkah normalisasi kebijakan BI karena bergerak untuk memperketat likuiditas di pasar keuangan.

Sebagai tuan rumah negara-negara ekonomi utama Kelompok 20, Indonesia berharap ketegangan di Selat Taiwan tidak akan menggagalkan diskusi dan upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19. – Reuters