Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia Siapkan Pedoman Etika Pengembang AI – Laporan

Indonesia Siapkan Pedoman Etika Pengembang AI – Laporan

Indonesia telah menyusun pedoman etika bagi pengembang yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mencegah penyalahgunaan teknologi baru, menurut rancangan menteri. Reuters dilaporkan pada hari Kamis.

Menurut rancangan yang disiapkan oleh Kementerian Komunikasi Indonesia, “Kegiatan pemrograman berbasis AI harus didasarkan pada protokol yang mengatur penggunaan dan pengembangannya”.

Draf tersebut menyatakan bahwa pedoman tersebut diperlukan untuk meminimalkan semua “dampak dan kerugian” yang dapat timbul dari penggunaan AI, dan merekomendasikan agar pengembang menyiapkan strategi manajemen risiko, “jika terjadi bencana penggunaan AI”, dan menyiapkan pelaporan dan mekanisme pemulihan jika terjadi insiden. .

Namun rancangan tersebut tidak menjelaskan jenis kerugian atau bencana yang disebabkan oleh penggunaan AI.

Pedoman etika mencakup perlindungan privasi dan kemanusiaan, dan laporan tersebut mengatakan bahwa penggunaan AI, termasuk pengembangan produk dan pemasaran AI, harus mendorong inovasi dan bukan menggantikan keberadaan manusia.

Pejabat senior Kementerian Komunikasi Usman Kanzong, yang menyetujui rancangan tersebut, mengatakan dia tidak tahu kapan rancangan tersebut akan dirilis, namun wakil menterinya seperti dikutip oleh media lokal. Tempo Dia berharap bisa dirilis bulan ini.

Awal pekan ini, dilaporkan bahwa pemerintah Malaysia juga sedang mempersiapkan kerangka etika untuk AI.

Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi (Mosti) di Malaysia diperkirakan akan menyajikan kerangka komprehensif mengenai etika kecerdasan buatan (AI) pada kuartal pertama tahun depan.

Menterinya, Song Lih Kang, mengatakan hal itu bertujuan untuk menjelaskan secara rinci pedoman dan peraturan yang harus dipatuhi oleh para pemangku kepentingan di semua sektor.

Sebuah komite khusus telah dibentuk di bawah Mosti untuk mengembangkan kerangka komprehensif mengenai teknologi AI bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk industri.

“Hal ini penting karena saat ini belum ada pedoman atau peraturan yang memastikan penggunaan AI secara etis di semua sektor,” tambahnya.

Kementerian Ilmu Pengetahuan Malaysia akan memberikan kerangka penuh untuk etika AI pada kuartal pertama tahun 2024 – Laporan