November 29, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mensubsidi minyak goreng untuk mengendalikan inflasi

Jakarta, 25 Des (Reuters) – Menteri Perdagangan Indonesia mengatakan dia sedang mempertimbangkan untuk mensubsidi minyak goreng ke pasar domestik dengan menggunakan dana dari ekspor minyak sawit sebagai upaya para pejabat untuk menahan inflasi di tengah kenaikan harga komoditas.

Indonesia, produsen dan pengekspor minyak sawit terbesar di dunia, diuntungkan oleh harga komoditas yang lebih tinggi, yang telah mendorong ekspor ke level rekor. Tidak seperti beberapa ekonomi lain, inflasi konsumen sejauh ini relatif tidak terpengaruh.

Tingkat inflasi untuk November adalah 1,75%, tertinggi dalam 17 bulan, tetapi masih di bawah batas kenyamanan bank sentral 2% hingga 4%.

Namun, Menteri Perdagangan Mohammad Ludpi mengatakan kenaikan harga minyak goreng cukup signifikan sehingga akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Hingga Rabu, harga rata-rata minyak goreng berbasis minyak sawit naik 40% dari tahun lalu, pada 17.800 rupee ($ 1,25) per liter dan di atas harga referensi 11.000 rupee yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan, data resmi menunjukkan.

Pemerintah berencana turun tangan dengan menjual 11 juta liter dengan harga Rs 14.000 per liter, tetapi jika harga pasar tinggi, dapat mensubsidi menggunakan dana dari pajak ekspor sawitnya, kata Menteri Perdagangan Mohammad Ludfi.

Meski belum ada keputusan yang dibuat, Lutfi mengatakan subsidi hanya akan berlaku untuk minyak goreng grosir, yang biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia 2 juta ton per tahun. Total konsumsi Indonesia sekitar 8 juta ton minyak goreng per tahun.

Selisih harga minyak sawit dan kedelai sangat jauh, yang biasanya berarti akan ada koreksi, dan kita sudah melihat harga CPO (minyak sawit mentah) stabil, kata Ludfi.

“Kementerian Perdagangan akan terus memastikan harga minyak goreng yang terjangkau bagi masyarakat,” imbuhnya. – Reuters

READ  Xapads mengangkat Edo Fernando sebagai Presiden Indonesia