Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia sambut Ramadhan dengan salat berjamaah saat Pemerintah cabut blokade

JAKARTA, 3 April (Reuters) – Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, menyambut awal bulan suci Ramadhan dengan shalat berjamaah di Masjid Agung Jakarta pada Sabtu, sehingga memungkinkan kasus virus corona dataran tinggi melonggarkan pembatasan tahun ini.

Ribuan orang berkumpul di Masjid Istiqlal di ibukota Indonesia setelah senja untuk sholat Darwih, sholat khusus selama bulan Ramadhan saja, memakai masker dan menggunakan prosesor check-in.

Selama dua tahun terakhir, Indonesia memiliki salah satu tingkat Kovit-19 tertinggi di Asia, tetapi Ramadhan ini, yang secara tradisional merupakan waktu komunitas, refleksi dan doa, telah membuat kasus lebih mudah untuk mengakomodasi pertemuan massal.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Akhirnya saya bersyukur bisa kumpul salat darawih, kali ini tidak ada larangan ketat seperti dulu,” kata Tri Hariono, 28 tahun.

“Saya sangat bersyukur bahwa kami akhirnya berdoa bersama di sini.”

Di tengah lonjakan terburuk epidemi virus corona, umat Islam Indonesia telah dilarang shalat di masjid dan bergabung dengan tradisi tahunan mengangkat rambut atau tamasya ketika jutaan orang di seluruh nusantara melakukan perjalanan untuk mengunjungi keluarga mereka.

Presiden Joko Widodo mengumumkan pekan lalu bahwa larangan perjalanan terhadap epidemi akan diizinkan berakhir tahun ini setelah berlaku selama dua tahun terakhir.

“Saat bulan suci Ramadhan mendekat, situasi COVID yang membaik telah memberi kami harapan,” katanya dalam konferensi pers.

Dengan awal Ramadhan, pengunjung menghindari makanan dan minuman dari fajar hingga matahari terbenam, jatuh pada tanggal yang berbeda karena perbedaan dalam melihat bulan baru.

READ  Umpan Balik | Dalam persaingan AS-China, Indonesia adalah kuncinya

Bulan puasa tahun ini dimulai jauh lebih awal di Asia Tenggara daripada di sebagian besar Timur Tengah dan Asia Selatan, yang mulai berpuasa pada hari Minggu.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Kate Lamb menulis; Mengedit Stephen Coates

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.