Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Media Indonesia melaporkan bahwa bensin beroktan 90 dapat meningkatkan harga LPG bersubsidi

Jakarta, 3 April (Reuters) – Menteri Senior Indonesia Luhut Pondijn telah mengumumkan bahwa bahan bakar gas cair (LPG) bersubsidi pada bensin beroktan 90 dan tabung 3kg dapat meningkat sebagai tanggapan atas kenaikan harga energi global.

Menyusul kenaikan harga minyak mentah akibat perang di Ukraina, perusahaan energi negara Bertamina pada hari Jumat menaikkan harga Bertamox bensin beroktan 92 sebesar 39% per liter menjadi sekitar 12.500 rupee ($ 0,8702) per liter.

Luhut mengatakan harga bensin beroktan 90 Bertamina, juga dikenal sebagai Fertilite, bisa naik setelah naiknya Bertamox, setelah itu harga LPG bisa naik, menurut laporan.

“Ini akan kita lakukan secara bertahap. Harga gas 3 kg belum pernah naik sejak 2007. Menurut saya itu tidak adil,” tambahnya.

Luhut seperti dikutip mengatakan bahwa pemerintah dapat melihat kenaikan harga bahan bakar dari Juli hingga September.

Juru bicara Luhut membenarkan bahwa menteri telah membuat pernyataan. Ketika ditanya seberapa tinggi harganya, dia mengatakan itu tergantung pada pertumbuhan lebih lanjut.

Inflasi Indonesia mencapai tertinggi dua tahun di bulan Maret, data menunjukkan pada hari Jumat, dengan ekonom memperingatkan bahwa harga bisa naik lebih lanjut karena harga bensin yang lebih tinggi dan pajak pertambahan nilai.

Seorang eksekutif kelompok think tank energi mengatakan menaikkan harga adalah keputusan yang rasional, tetapi seharusnya setelah hari raya Islam pada akhir bulan puasa mendatang, mengingat kenaikan Bertomax.

“Setelah Idul Fitri (kenaikan) bagus, sehingga konsumen memiliki ruang bernafas,” kata Komaidi Notonegoro dari ReformMiner Institute.

Di Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, inflasi pada umumnya meningkat selama Ramadhan.

Bertamina mengubah harga Fertilite menjadi 7.650 rupee per liter pada hari Jumat, tetapi mengatakan penyesuaian harga Bertamax “tidak dapat dihindari” setelah harga minyak mentah Indonesia (ICP) naik menjadi $ 114,55 per barel pada 24 Maret, naik dari $ 73,36 pada Desember.

READ  Indonesia, India Biaya Energi Tinggi Dapat Mengancam Target Emisi - Ekonomi

Bertlite telah ditetapkan sebagai bahan bakar “misi khusus”, yang berarti bahwa pemerintah memberikan kompensasi kepada Fertamina untuk bahan bakar ini jika terjadi kerugian karena harga minyak dunia naik.

Indonesia membatalkan subsidi bensin pada tahun 2015, tetapi para pejabat terus mengendalikan harga eceran untuk bensin bertlite dan beroktan 88.

Bertamina mengatakan bahan bakar bersubsidi, termasuk bertlite, menyumbang 83% dari penjualannya. – Reuters