Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia akan bantu Pakistan sebagai mitra dialog ASEAN

ISLAMABAD: Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Adam Mulawarman Tukio pada hari Sabtu mendukung Pakistan untuk mencari status mitra dialog penuh dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang dapat menawarkan peluang ekonomi yang sangat besar bagi Pakistan.

“Pakistan akan diterima sebagai mitra dialog penuh dan akan meningkatkan hubungan politik, perdagangan dan ekonomi dengan negara-negara anggota ASEAN,” kata Duta Besar Indonesia Adam Mulawarman kepada Tukio APP.

Duta Besar mengatakan ada dua pendekatan untuk mencapai tujuan; Kebijakan bilateral yang ada antara Pakistan dan masing-masing negara anggota ASEAN harus diselesaikan melalui pendekatan bilateral, pertama melalui proses kelembagaan.

Dia mengatakan ASEAN dan Pakistan telah mengadopsi rencana aksi dalam pendekatan korporasi, menambahkan bahwa ada 11 bidang penting di mana Pakistan dan ASEAN dapat bekerja sama, salah satunya adalah perdagangan dan investasi.

Kedua, kata dia, terkait penggunaan pendekatan bilateral seperti Pakistan membangun hubungan bilateral dengan Indonesia dan negara anggota ASEAN lainnya.

Dia menambahkan, Pakistan memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekspornya ke Indonesia, terutama untuk tekstil, pakaian jadi, barang kulit, alat bedah dan buah-buahan.

Penting untuk dicatat di sini bahwa perdagangan bilateral saat ini antara Indonesia dan Pakistan adalah sekitar $2,6 miliar; Dengan neraca perdagangan yang berpihak pada Indonesia.

Menanggapi pertanyaan mengenai ketidakseimbangan perdagangan kedua negara, Dubes mengatakan bahwa penandatanganan Priority Trade Agreement (PTA) antara kedua negara dalam Future Free Trade Agreement (FTA) akan meningkatkan ekspor Pakistan ke Indonesia. Dapat lebih ditingkatkan.

Terkait investasi Indonesia di China-Pakistan Economic Route (CPEC), dia mengatakan dua perusahaan Indonesia sudah berinvestasi di Faisalabad (Allama Iqbal Industrial City) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sindh Tabezi. .

READ  Amerika Serikat Ingin Rusia Disingkirkan, Indonesia Tetap Serukan Putin

Dia berharap proyek CPEC akan muncul sebagai game-changer bagi seluruh kawasan melalui integrasinya dengan Asia Tengah dan China Barat.

“Indonesia juga dapat memasok batu bara untuk proyek-proyek pembangkit listrik yang akan didirikan di bawah CPEC dan sektor real estate dan manufaktur skala besar domestik.”

Dia menambahkan, Pakistan dan Indonesia memiliki banyak peluang untuk bekerja sama di bidang pariwisata karena kedua belah pihak dapat memperkenalkan dimensi baru dalam mempromosikan pariwisata bersama.

Berbicara tentang budaya, ia mengatakan bahwa ada kesamaan yang signifikan antara makanan dan budaya kedua negara. “Kedua negara sudah memiliki mekanisme yang tepat untuk integrasi politik, kerja sama ekonomi dan keamanan serta acara-acara di bidang sosial dan budaya,” tambahnya.

Makanan halal memiliki potensi yang sangat besar dari segi finansial, namun jika negara-negara anggota tidak fokus padanya, pasar OKI dapat dimanfaatkan oleh negara-negara non-OKI.

Duta Besar mengatakan Indonesia telah membuka pintunya untuk pariwisata dan tidak ada waktu untuk isolasi bagi pengunjung yang divaksinasi penuh.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia telah menerima kesepakatan dari otoritas terkait di Pakistan untuk meluncurkan penerbangan langsung dari Pakistan ke Indonesia, yang akan lebih meningkatkan hubungan masyarakat, pariwisata dan peluang bisnis di kedua negara.