Mei 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia menolak default terhadap Israel

Media Israel mengatakan bahwa Indonesia akan menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel sebagai imbalan atas dukungan Israel dalam upayanya untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

cerita

surat kabar Israel, Yedioth Ahronothadalah orang pertama yang menyampaikan berita tentang potensi pemulihan hubungan, dengan mengutip konfirmasi dari seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya.

Hidayat Nur Wahid, wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia, secara terbuka membantah laporan tersebut, dengan mengutip bantahan media Indonesia sebelumnya terhadap klaim serupa dari surat kabar Israel:

Indonesia, yang mewakili negara Muslim terbesar di dunia, tidak mengakui negara Yahudi dan Presiden Widodo sebelumnya telah menyatakan bahwa setiap pembicaraan normalisasi akan bergantung pada pembentukan negara Palestina.

“Meskipun terjadi perubahan cepat di Timur Tengah, Indonesia tidak akan mengambil langkah apa pun menuju normalisasi dengan Israel sampai perdamaian permanen dan komprehensif tercapai antara Palestina dan Israel,” kata Widodo. Dia telah berjanji Presiden Palestina Mahmoud Abbas lagi pada tahun 2020.

Dalam suratnya baru-baru ini kepada Menteri Luar Negeri Israel, Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann menyatakan bahwa “keputusan apa pun di masa depan untuk menerima Indonesia sebagai anggota Organisasi ini memerlukan kesepakatan bulat di antara semua negara anggota, termasuk Israel.”

Surat kabar Israel menambahkan bahwa hal ini dapat mengarah pada kemungkinan terobosan antara kedua negara. “Tiga Bulan Negosiasi yang Bijaksana”.

READ  Kapolri mengimbau umat Kristiani di Indonesia menjaga persatuan

Namun, jika laporan Israel terkonfirmasi dan dugaan perundingan gagal bayar berhasil, Indonesia akan menjadi anggota OECD ke-39 dan negara Muslim pertama yang mengakui Israel sejak Abraham Accords.

Di sisi lain, sebuah pesawat militer Indonesia terbang ke Israel untuk pertama kalinya pada hari Selasa untuk melakukan pengiriman bantuan kemanusiaan bersama IDF: