Oktober 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia meninjau opsi kebijakan harga bahan bakar selama 2 hari ke depan

JAKARTA, 24 Agustus (Reuters) – Kabinet Indonesia akan menyampaikan opsi kebijakan harga bahan bakar kepada Presiden Joko Widodo dalam dua hari ke depan, kata menteri ekonomi utama, Rabu. .

Jokowi, yang dikenal sebagai presiden, sedang mempertimbangkan untuk menaikkan harga di tengah tingginya harga energi global dan melemahnya rupee.

Seorang menteri senior kabinet sebelumnya mengatakan bahwa Presiden mungkin mengumumkan kenaikan harga minggu ini.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Kami masih mengevaluasi dalam beberapa hari ini,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartardo dalam konferensi pers ketika ditanya tentang kebijakan harga bahan bakar.

Ia menambahkan, minggu ini kami akan melapor ke Presiden.

Pasar keuangan mencermati keputusan Jokowi karena dapat mempengaruhi inflasi dan laju krisis moneter bank sentral.

Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2018 pada hari Selasa, dengan beberapa analis mengantisipasi harga bahan bakar yang lebih tinggi.

Pemerintah telah melipatgandakan anggaran subsidi menjadi 502 triliun rupee ($33,82 miliar) untuk menjaga harga beberapa bahan bakar bersubsidi, tagihan listrik dan bahan bakar gas cair tidak berubah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati mengatakan pada hari Selasa bahwa tanpa perubahan harga bahan bakar, tagihan subsidi energi dapat naik lagi 196 triliun rupee ($ 13,21 miliar) tahun ini, menurut laporan media.

Secara terpisah, Sukeng Suborwoto, ketua komite energi parlemen, mengatakan Rabu bahwa beberapa subsidi untuk harga bahan bakar harus dipertahankan dan menyarankan kenaikan harga bensin sekitar 30%.

“Kita perlu mensubsidi rakyat, tapi berapa? Ini yang kita coba ubah agar daya beli masyarakat tidak terpengaruh, APBN tidak berdarah dan lembaga pemerintah sehat,” kata Sukeng.

READ  Indonesia turunkan biaya tes PCR

($ 1 = 14.845.000 rupee)

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan oleh Gayathri Suryo dan Bernadette Cristina Munthe; Diedit oleh John Geddy

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.