Mei 26, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia mencari hukuman berat untuk YouTuber Kristen

Jaksa di Indonesia telah menuntut agar seorang YouTuber Kristen dihukum 10 tahun penjara karena penistaan ​​terhadap Islam.

Tindakan kelompok hak asasi itu, yang mengatakan tuntutan itu keras dan diskriminatif, menuai kritik, mengingat seorang Muslim yang baru-baru ini dihukum karena kejahatan serupa terhadap orang Kristen hanya menerima hukuman lima bulan.

Mohammed Case, mantan Muslim yang masuk Kristen, diadili karena mengunggah ratusan video di media sosial yang merendahkan Islam.

Dia telah ditahan sejak Agustus lalu setelah ditangkap di distrik Padung, provinsi Bali menyusul pengaduan dari kelompok Muslim menyusul video YouTube di mana dia mengatakan: “Muhammad tidak dikenal oleh Tuhan dan hanya dikelilingi oleh para pengikutnya. Dia dikelilingi oleh para pengikutnya. Iblis.”

Polisi mengatakan dia telah mengunggah setidaknya 400 video di YouTube yang menghujat Islam.

Jaksa Agung Xiahnan Tanjung mengatakan kepada Pengadilan Negeri Siamis di Jawa Barat bahwa kasus itu sengaja diunggah untuk menghasut keresahan publik. “Ini keterlaluan, sehingga menjamin hukuman berat,” katanya.

Dalam salah satu khotbahnya yang diposting di YouTube, ulama Muslim itu mengatakan bahwa Alkitab adalah fiksi.

Alih-alih menggunakan undang-undang penodaan agama di Indonesia, jaksa berharap untuk menuntut kasus ini karena sengaja menyebarkan informasi atau berita palsu yang dapat menyebabkan keresahan publik, yang diancam hukuman maksimal 10 tahun hingga 10 tahun, bukan pencemaran nama baik.

Bonor Djokovic Nypospos, wakil presiden Institut Setara untuk Demokrasi dan Perdamaian, sebuah kelompok hak asasi yang berbasis di Jakarta, mengecam keras klaim tersebut dan mempertanyakan mengapa tidak ada tuduhan pencemaran nama baik yang diajukan. “Mengapa mereka mengubah biayanya?” Dia bertanya.

Dia menuduh pihak berwenang mengejar standar ganda dengan merujuk pada kasus serupa dari seorang mualaf, Muhammad Yahya Waloni, yang divonis pada bulan Januari oleh pengadilan negeri Jakarta Selatan lima bulan penjara karena penodaan agama terhadap orang Kristen.

READ  Blingen akan jalan-jalan ke Indonesia dan Malaysia minggu depan

Valoni dihukum karena mempublikasikan ujaran kebencian secara online yang dapat menyebabkan perpecahan antar agama. Dalam salah satu khotbahnya yang diposting di YouTube, ulama Muslim itu mengatakan bahwa Alkitab adalah fiksi.

Terima kasih. Anda sekarang telah berlangganan Newsletter Harian

Nyposphos meminta pihak berwenang untuk menggunakan undang-undang semacam itu secara setara, tanpa membuat diri mereka sendiri mendapat tekanan publik.

Case, yang merupakan seorang ulama Islam, mulai mengkritik Islam pada tahun 2014 setelah dibaptis sebagai seorang Kristen. Ketika dia seorang Muslim, dia mengajar di sebuah pesantren dan pergi haji ke Mekah di Arab Saudi tiga kali.

Dukung Berita UCA

Saat kami memasuki bulan-bulan pertama tahun 2022, kami mendorong pembaca seperti Anda untuk membantu kami menjaga berita UCA tetap gratis.

Selama 40 tahun terakhirUCA News adalah layanan berita dan informasi Katolik paling terpercaya dan independen dari Asia. Kami menerbitkan hampir 100 pesan setiap minggu Laporan, cerita fitur, komentar, podcast, dan siaran video bersifat eksklusif dan mendalam, dan dibuat dari perspektif Katolik dengan pandangan kepada dunia dan Gereja.

Standar jurnalisme kami sama tingginya dengan jurnal berkualitas; Fokus kami terutama pada Asia, salah satu bagian dunia yang tumbuh paling cepat – di mana, di beberapa negara, Gereja tumbuh lebih cepat daripada sumber daya pastoral responsif – untuk menyebutkan hanya tiga, Korea Selatan, Vietnam dan India.

UCA News memiliki keuntungan berada di peringkatnya Wartawan lokal yang meliput 23 negara Di Asia Selatan, Tenggara dan Timur. Kami melaporkan cerita masyarakat lokal dan pengalaman mereka tanpa adanya bukti akses ke outlet berita Barat. Kami melaporkan pertumbuhan kehidupan gereja-gereja baru di negara-negara lama di mana menjadi seorang Katolik terkadang bisa sangat berbahaya.

READ  Kapten Sanadip mencetak dua gol saat Thailand mengalahkan Indonesia 4-0

Karena dukungan mitra keuangan di Eropa dan Amerika Serikat menurun, kita perlu meminta dukungan dari mereka yang akan mendapat manfaat dari pekerjaan kita.

Klik di sini untuk menemukan cara Anda dapat mendukung UCA News. Anda dapat membuat perbedaan dengan US $ 5