Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia ingin memberi contoh yang baik dalam dialog antaragama: Menteri

Indonesia ingin memberi contoh yang baik dalam dialog antaragama: Menteri

JAKARTA (Antara) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan terus memberikan contoh yang baik dalam dialog antaragama, salah satu prioritas diplomasi, untuk kepentingan masyarakat dunia.

“Perbedaan yang ada harus menjadi kekuatan dan aset kita, bukan kelemahan kita. Melalui dialog dan kerja sama multi-agama, kita akan membangun dunia yang lebih baik dan damai,” ujarnya di Jakarta, Rabu.

Saat membuka “Konferensi Internasional Literasi Agama Lintas Budaya” Institut Leimena, Menkeu mengatakan Indonesia akan terus memperkuat toleransi.

Ia menyoroti pentingnya peran para pemimpin agama, terutama ketika agama “menambah bahan bakar” ketika terjadi konflik yang tidak bersumber dari faktor agama.

Ia mengatakan, Indonesia telah memberi contoh dengan mengedepankan prinsip “pinneka tungal ika” (persatuan dalam keberagaman).

“Prinsip ini harus terus kita pegang teguh dalam menghadapi kompleksitas permasalahan global,” tegasnya.

Indonesia akan terus mendorong inklusi agama dan budaya, dimana perbedaan dipandang sebagai aset untuk mendorong dialog konstruktif dan pemahaman budaya.

Menteri menyoroti konsistensi Indonesia dengan para pemimpin agama global mengenai masalah ini, mengutip pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Syekh Agung Al-Azhar Muhammad Ahmad Al-Tayeb pada hari Selasa dan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada bulan September mendatang.

Indonesia akan mendorong kerja sama multi-agama untuk mendorong tindakan nyata yang bermanfaat bagi kemanusiaan. Perbedaan tidak boleh menjadi penghalang dalam upaya bekerja sama, ujarnya.

Oleh karena itu, Indonesia berjuang untuk Palestina, mendorong gencatan senjata segera dan permanen di Gaza, serta memberikan bantuan kemanusiaan tanpa hambatan untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa,” tambah Marsudi.

Berita terkait: Indonesia perkuat dialog untuk perdamaian dunia, Moderasi: V.P. Amin
Berita terkait: Indonesia dan Finlandia sepakat untuk mendorong perdamaian dunia melalui dialog antaragama
Berita terkait: Indonesia-Al Azhar berupaya menggalakkan dialog antaragama demi perdamaian dunia

READ  Dua kandidat yang gagal mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Indonesia