Januari 16, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia: Gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang pantai timur Indonesia

Pusat gempa dilaporkan 112 kilometer (69 mil) utara Mauritius di pulau Flores Indonesia. Pada 10:20 waktu setempat (10:20 ET), USGS mengatakan telah melanda pada kedalaman 18,5 kilometer (11 mil) di Laut Flores.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik, namun, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Divigorita Karnavati, Kepala Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (PMKG), kemudian mengkonfirmasi berakhirnya peringatan tsunami.

Sejauh ini 15 gempa susulan telah dilaporkan, dengan kekuatan 5,6 skala Richter, katanya.

Twigorita mengatakan penduduk di pantai utara harus pindah ke tempat yang lebih tinggi jika mereka merasakan getaran kuat yang berlangsung lebih dari 10 detik.

Romanus Voca, wakil presiden Kabupaten Chikka, distrik yang paling dekat dengan pusat gempa, mengatakan kepada CNN bahwa empat atau lima gempa besar dirasakan, mendorong orang-orang di Maumere untuk meninggalkan rumah mereka. Dia mengatakan orang-orang yang tinggal di dekat daerah pesisir telah mengungsi ke dataran tinggi.

Romanus, yang berkeliling kota untuk memeriksa situasi di sana, mengatakan sejauh ini tidak ada bangunan atau rumah yang rusak parah.

Maumere adalah ibu kota Chicago dan kota terbesar kedua di Flores dengan populasi 90.000 jiwa.

Indonesia Duduk di “cincin api”. Sebuah pita di sekitar Samudra Pasifik sering menyebabkan gempa bumi dan aktivitas gunung berapi. Ini adalah salah satu wilayah yang paling aktif secara seismik di planet ini, membentang dari Jepang dan Indonesia di satu sisi Pasifik hingga California dan Amerika Selatan.

Pada bulan Desember 1992, gempa bumi dan tsunami berkekuatan 7,8 skala richter melanda pulau Flores, menewaskan lebih dari 2.000 orang.

READ  Sisa-sisa TKI yang Jatuh Kembali ke Indonesia - Nusantara