April 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia berupaya mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik

Indonesia berupaya mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Perindustrian menargetkan percepatan pengembangan ekosistem kendaraan bermotor listrik (KBLBB) berbasis baterai untuk menekan konsumsi BBM.

“Dari sisi pengembangan teknologi KBLBB, kami dorong untuk mempercepat pengembangan ekosistem KBLBB di Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Todi Widodo dalam seminar “Indonesia Leading Economic Forum 2023 2023” di Jakarta, Selasa.

Target produksi KBLBB tahun 2035 diyakini satu juta mobil listrik, yang akan membantu mengurangi konsumsi minyak sebesar 12,5 juta barel, tambahnya.

Pada tahun 2035, kementerian mengharapkan produksi sepeda motor listrik mencapai 12 juta barel, yang akan membantu mengurangi konsumsi minyak sebesar 18,86 juta barel.

Menurutnya, saat ini terdapat 5 perusahaan bus listrik dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 2.480 unit.

Sementara itu, terdapat tiga perusahaan mobil listrik dengan kapasitas produksi 29 ribu unit per tahun dan 45 perusahaan sepeda motor listrik roda dua dan tiga dengan kapasitas produksi 1,04 juta unit per tahun.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Bandjaitan menjanjikan semua produsen mobil akan mendapat insentif untuk membeli mobil listrik.

Sejauh ini, Hyundai dan Wuling, dua produsen mobil listrik, telah memenuhi 40 persen volume komponen dalam negeri (TKTN) yang dipersyaratkan untuk mendapatkan insentif tersebut.

Menteri juga mengatakan, insentif untuk mobil listrik akan segera diumumkan.

Untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, pemerintah mengeluarkan kebijakan insentif dengan memberikan potongan harga pembelian sebesar Rp7 juta per unit untuk 200.000 sepeda motor listrik baru.

Mulai 20 Maret 2023, pemerintah memberikan potongan harga sebesar Rp 7 juta per unit untuk konversi 50 ribu unit sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi sepeda motor listrik.

Selain itu, pemerintah berencana memberikan insentif untuk pembelian 35.900 mobil listrik dan 138 bus listrik hingga Desember 2023. Namun, detail proyek tersebut masih dalam studi.

READ  Komentar: Indonesia bergerak ke pemilihan presiden tiga arah dengan nominasi PDI-P dari Kanchar Pranovo

Berita terkait: PLN akan dirikan 100 SPKLU untuk KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo
Berita terkait: Istana Bogor tawarkan stasiun pengisian kendaraan listrik

Diterjemahkan oleh: Aji Kakti, Resinda S
Pengarang : Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023