April 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia berencana mengambil tindakan tegas terhadap dugaan pelanggaran larangan transaksi pada aplikasi TikTok – First Post

Indonesia berencana mengambil tindakan tegas terhadap dugaan pelanggaran larangan transaksi pada aplikasi TikTok – First Post

Meskipun Indonesia melarang transaksi di aplikasinya, TikTok terus mengabaikan larangan transaksi aktif setelah seorang menteri kabinet Indonesia mengungkapkan hal tersebut setelah mengakuisisi platform e-commerce terkemuka di negara tersebut.

Menteri Kabinet Indonesia bidang Usaha Kecil dan Menengah mengatakan pada hari Selasa bahwa TikTok terus mengabaikan larangan transaksi dalam aplikasi setelah mengakuisisi platform e-commerce terkemuka di negara tersebut untuk meluncurkan kembali usaha belanja online-nya.

Masuknya TikTok ke e-commerce melalui layanan TikTok Shop terhenti di Indonesia menyusul larangan pemerintah terhadap belanja online berbasis media sosial pada tahun lalu. Larangan tersebut, yang bertujuan untuk melindungi pedagang kecil dan data pengguna, memaksa TikTok menghentikan upaya e-commerce-nya di negara tersebut.

Sebagai sebuah langkah strategis, perusahaan induk TikTok, ByteDance, milik Tiongkok, baru-baru ini mencapai kesepakatan untuk membeli 75,01% saham Tokopedia, seperti yang diungkapkan raksasa teknologi besar Indonesia, GoTo, bulan lalu. Akuisisi senilai $840 juta ini diselesaikan pada bulan Desember dan diharapkan dapat membuka jalan bagi masuknya kembali TikTok ke dalam lanskap e-commerce Indonesia.

Teton Mastuki, Menteri Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, menyampaikan kekhawatirannya mengenai kepatuhan TikTok terhadap peraturan, dan menyoroti perlunya mematuhi larangan transaksi dalam aplikasi. Mastugi menekankan peran Menteri Perdagangan dalam menegakkan kepatuhan, dan menggarisbawahi potensi konsekuensi dari pelanggaran kewenangan pemerintah.

Kementerian Perdagangan Indonesia sedang mempertimbangkan tindakan yang paling tepat dalam menanggapi dugaan ketidakpatuhan TikTok terhadap arahan peraturan. TikTok sebelumnya telah mengumumkan niatnya untuk berinvestasi dalam jumlah besar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang menandakan komitmennya terhadap pertumbuhan ekonomi digital di kawasan ini.

(dengan masukan dari lembaga)