Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Milenial Indonesia Didesak Promosikan Geopark: Resmi

Indonesia telah ditunjuk sebagai ketua pertama UNESCO Global Geopark Youth Forum, yang juga menjadi ketua G20 tahun ini. Ini adalah kesempatan untuk mengekspos geopark kami dalam skala besar.

Panzermasin, Kalimantan Selatan (Andara) – Milenial Indonesia dapat memainkan peran kunci dalam menciptakan geopark dan menciptakan pemahaman umum tentang geo-park, kata seorang pejabat pemerintah.

“Indonesia dinobatkan sebagai ketua pertama UNESCO Global Geopark Youth Forum, dan tahun ini menjadi ketua G20,” kata Toku Burtate, koordinator Strategi Pengembangan Geopark Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Papenas).

Dia mengatakan dalam sebuah wawancara dengan ANTARA di Taman Rakyat Sultan Adam di Kalimantan Selatan pada hari Jumat bahwa Indonesia harus menggunakan forum dan kepresidenan G20 untuk mempromosikan geopark dalam skala besar.

Forum Pemuda Geopark Global UNESCO memiliki 44 perwakilan pemuda Geopark dari 44 negara. Ada total 169 UNESCO Global Geoparks (UGG) di seluruh dunia.

Berita Terkait: Akhir Tahun – Banyak geopark Indonesia yang berlomba-lomba masuk daftar UGGp

Geo-park adalah konsep masa depan yang mengharapkan perubahan mood dari eksploitasi alam menjadi pembangunan berkelanjutan. “(Dengan demikian) keamanan berjalan paralel dengan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Ditanya tentang kemungkinan Geopark Meratus, ia mengatakan memiliki energi yang luar biasa.

“Meratus memiliki potensi keanekaragaman geografis, keanekaragaman hayati, dan keanekaragaman budaya yang luar biasa. Semuanya saling terkait dan memiliki cerita masing-masing,” ujarnya.

Dari bebatuan yang ada, masyarakat bisa belajar tentang tumbuhan, hewan, manusia dan budaya yang semuanya saling berkaitan, ujarnya.

Hingga saat ini, terdapat 19 geopark nasional di Indonesia, enam di antaranya telah diakui UGG.

Geopark Meratus yang dideklarasikan sebagai Taman Geologi Nasional pada tahun 2018, telah direkomendasikan untuk status UGG.

READ  Dijelaskan | Undang-undang ketenagakerjaan yang kontroversial di Indonesia dan perdebatan baru tentangnya

Burdet lebih lanjut mengklarifikasi kesalahpahaman bahwa taman geologi adalah kawasan lindung di mana masyarakat tidak dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi.

“Padahal, demi rasa aman masyarakat, mereka bisa memanfaatkan tumbuhan dan hewan untuk melakukan kegiatan ekonomi di kawasan Geopark. (Mereka) bisa melakukan kegiatan ekonomi sekaligus menjaga alam dari kerusakan,” ujarnya. .

Dan ketika Meredith Geopark dinyatakan UGG, masyarakat dunia akan melindunginya,” imbuhnya.

Berita Terkait: Melestarikan geopark Indonesia adalah tentang melestarikan alam dan budaya