Juni 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indonesia – 4 meninggal, 7 hilang setelah banjir dan tanah longsor di Jawa, Sumatera dan Sulawesi – Daftar Banjir

Indonesia – 4 meninggal, 7 hilang setelah banjir dan tanah longsor di Jawa, Sumatera dan Sulawesi – Daftar Banjir

Setidaknya 4 orang tewas dan 7 hilang dalam banjir dan tanah longsor di provinsi Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Lampung dan Sumatera Selatan di Indonesia selama beberapa hari terakhir.

Sementara itu, operasi pencarian dan penyelamatan telah menemukan 46 jenazah korban di lokasi longsor besar di Cherasan, Kabupaten Naduna. Hingga 12 Maret, 9 orang masih hilang.

09 Maret 2023 Longsor di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Foto: BPBD Kabupaten Lampung Selatan

Provinsi Jawa Barat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia melaporkan pada 14 Maret bahwa hujan lebat menyebabkan tanah longsor besar di desa Empang di kabupaten Pokor Selatan di provinsi Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mengatakan material longsor tersebut kemudian mengubur 6 rumah dan 1 tempat ibadah. Akibatnya, 17 orang tertimbun reruntuhan. 11 orang telah diselamatkan dengan selamat. Dua korban tewas dan empat lainnya hilang.

Provinsi Sulawesi Selatan

Pada 14 Maret juga, sekitar 290 rumah rusak akibat luapan Sungai Masamba akibat hujan deras di pemukiman penduduk Kabupaten Luu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Sekitar 32 keluarga telah dievakuasi.

Provinsi Lampung

Pada 10 Maret, dua orang tewas akibat longsor di Kabupaten We Kanan, Provinsi Lampung. Pejabat bencana setempat mengatakan tanah longsor terjadi di desa Sambar Chari di distrik Banjit. Hingga 13 Maret, 3 orang masih hilang.

Banjir dan longsor juga terjadi di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung selama ini. Sedikitnya satu rumah roboh total dan 9 rumah rusak berat. Sekitar 252 keluarga terkena dampaknya.

Provinsi Sumatera Selatan

Sungai Musi meluap pada 10 Maret di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan setelah diguyur hujan lebat. Sekitar 8.227 orang terkena dampak di Kecamatan Pulang Tenga Suku Ulu, Mura Kelingi dan Sugakarya. Banjir tersebut merusak sedikitnya 2.618 rumah, 4 jembatan, 1 sekolah, dan 3 tempat ibadah.

READ  Sam Kerr mengalahkan Indonesia 18-0 untuk memenangkan Piala Asia.

Kemarin, satu orang tewas dalam banjir di Kabupaten Lahat di provinsi Sumatera Selatan. Sedikitnya `120 rumah rusak akibat banjir di distrik Pulau Penang, Kume Ulu dan Kikim Selatan.

Banjir di Kabupaten Musi Rawas, Indonesia, Maret 2023. Foto: PPPD Kabupaten Musi Rawas