Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hyundai dan Kia menyetujui penyelesaian $200 juta atas Tantangan Pencurian Mobil TikTok

Hyundai dan Kia menyetujui penyelesaian $200 juta atas Tantangan Pencurian Mobil TikTok

Hyundai dan Kia telah menyetujui penyelesaian $200 juta yang timbul dari gugatan class action terkait serangkaian pencurian mobil yang terinspirasi oleh tantangan media sosial viral di TikTok.

Apa yang disebut “Tantangan Kia” di platform media sosial telah menyebabkan ratusan pencurian mobil di seluruh negeri, termasuk setidaknya 14 kecelakaan yang dilaporkan dan delapan kematian. Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional. Dikenal sebagai “Kia Boyz”, pencuri akan memposting video instruksi di YouTube dan TikTok tentang cara melewati sistem keamanan kendaraan menggunakan alat sederhana seperti kabel USB.

Pencurian dikatakan mudah dilakukan karena banyak kendaraan Hyundai dan Kia yang diproduksi antara 2015-2019 tidak memiliki immobilizer elektronik yang mencegah calon pencuri membobol kendaraan dan melewati kunci kontak. Keuntungannya adalah Perlengkapan standar di hampir semua kendaraan Dari periode yang sama oleh pabrikan lain.

Dikenal sebagai “Kia Boyz”, para pencuri akan memposting video instruksional di YouTube dan TikTok

Penyelesaian hanya berlaku untuk sekitar 9 juta kendaraan yang tidak memiliki tombol pengapian dan immobilizer anti-pencurian. Pada bulan Februari, perusahaan juga menawarkan pembaruan perangkat lunak gratis untuk memperpanjang durasi bunyi bip dari 30 detik menjadi 1 menit dan memerlukan kunci kontak untuk menghidupkan kendaraan. Penyelesaian ini juga mencakup kerugian pribadi hingga $145 juta bagi konsumen yang mobilnya dicuri, berdasarkan Reuters.

“Kami menghargai kesempatan untuk memberikan dukungan tambahan kepada pemilik kami yang terkena dampak aktivitas kriminal yang meningkat dan berkelanjutan yang menargetkan kendaraan kami,” kata Jason Earp, Chief Legal Officer, Hyundai Motor Company Amerika Utara. dalam situasi saat ini. “Keamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama.”

Belum ada hitungan nasional tentang berapa banyak mobil Hyundai dan Kia yang telah dicuri, tetapi statistik dari masing-masing kota memberikan gambaran tentang seberapa luas tren ini. Di Milwaukee, misalnya, polisi melaporkan 469 Kia dan 426 Hyundai dicuri pada tahun 2020. Tahun berikutnya, angka tersebut meningkat menjadi 3.557 Kia dan 3.406 Hyundai. Menurut NPR.

READ  Tesla: Raksasa mobil listrik memangkas harga di pasar-pasar utama karena penjualan menurun

Upaya Hyundai dan Kia untuk memperbaiki masalah tersebut tidak merata. Tahun lalu, pembuat mobil mengatakan mereka akan membebankan biaya kepada pemilik setidaknya $170 Grup keamanan untuk memperbaiki masalah. Tetapi dengan pemasangan dan tenaga kerja, biaya tersebut bisa naik menjadi $500. Pada akhirnya, perusahaan menaikkan jumlah penggantian untuk pelanggan individu menjadi $300.

Hyundai dan Kia juga memberi beberapa pemilik kunci roda untuk mencegah pencurian. NHTSA mengatakan perusahaan telah mendistribusikan 26.000 kunci roda sejak November 2022.