Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Huawei mendorong teknologinya ke dalam kendaraan listrik melalui mobil dan kemitraan dengan produsen mobil

Huawei mendorong teknologinya ke dalam kendaraan listrik melalui mobil dan kemitraan dengan produsen mobil
  • Huawei mengonfirmasi pada hari Selasa bahwa mereka bekerja sama dengan setidaknya empat produsen mobil tradisional di Tiongkok untuk mengembangkan merek mobil baru.
  • Hal ini menyusul berita pada akhir pekan bahwa Huawei akan meluncurkan usaha patungan dengan perusahaan teknologi otomotif Changan Automobile.
  • Produsen mobil Tiongkok yang produknya tidak memiliki teknologi untuk bersaing tampaknya sangat senang menggunakan produk Huawei [tech] “Untuk mengisi kekosongan,” kata Tu Lu, pendiri konsultan Sino Auto Insights yang berbasis di Beijing.

Shanghai, Tiongkok – 12 November 2023 – Pelanggan menguji Luxeed S7, kendaraan listrik pintar murni pertama, di toko andalan Huawei di Shanghai, Tiongkok, 12 November 2023. (Foto oleh Costfoto/NurPhoto via Getty Images)

norfoto | norfoto | Gambar Getty

BEIJING – Raksasa telekomunikasi dan ponsel pintar Tiongkok, Huawei, menggandakan penjualan teknologinya di pasar kendaraan listrik yang kompetitif.

Perusahaan menegaskan bahwa mereka tidak memproduksi mobil. Sebaliknya, mereka menjual komponen teknologi seperti Harmony OS dan produk bantuan pengemudi, atau bekerja sama dengan produsen mobil untuk menciptakan merek kendaraan listrik baru.

Huawei mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa mereka bekerja sama dengan setidaknya empat produsen mobil tradisional di Tiongkok pada merek mobil baru, menyusul berita pada akhir pekan tentang usaha patungan dengan perusahaan teknologi mobil Changan Automobile.

Changan dan Huawei sudah bermitra dalam merek kendaraan listrik Avatr, yang dibuat pada tahun 2018 dengan raksasa baterai kendaraan listrik Contemporary Amperex Technology. Baik SUV maupun sedan Avatr dijual dengan harga lebih dari $42.000.

Huawei juga bekerja sama dengan Chery pada merek mobil listrik Luxeed, yang mengungkapkan rincian sedan S7-nya pada hari Selasa.

Kemitraan serupa dengan BAIC Motor dan JAC Motor sedang direncanakan, kata Richard Yu, presiden bisnis otomotif dan konsumen Huawei, pada acara peluncuran Luxeed pada hari Selasa.

READ  Karyawan Google mengeluh tentang kenaikan gaji CEO Sundar Pichai

BAIC, yang merek listriknya Arcfox sudah menggunakan teknologi Huawei, dan JAC tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Produsen mobil Tiongkok yang produknya tidak memiliki teknologi untuk bersaing tampaknya sangat senang menggunakan produk Huawei [tech] “Untuk mengisi kekosongan,” kata Tu Lu, pendiri konsultan Sino Auto Insights yang berbasis di Beijing.

“Masih terlalu dini untuk mengetahui caranya [Huawei’s] “Solusinya setara dengan kompetitor mereka, namun mereka, seperti banyak perusahaan teknologi lainnya, melihat peluang ini dan berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkannya,” katanya.

Tencent, yang menjalankan aplikasi media sosial WeChat di Tiongkok, mengklaim memasok teknologi mobil ke BMW dan beberapa produsen mobil lainnya.

Perusahaan ponsel pintar dan peralatan rumah tangga asal Tiongkok, Xiaomi, berencana meluncurkan mobilnya pada paruh pertama tahun depan. Pada akhir Oktober, perusahaan mengumumkan sistem operasi baru yang disebut HyperOS.

Pendapatan Huawei dari bisnis konsumennya berkurang setengahnya sejak Amerika Serikat memasukkan perusahaan tersebut ke dalam daftar hitam yang membatasi pembeliannya dari pemasok Amerika. Ini termasuk akses berlisensi ke versi terbaru sistem operasi Android Google.

Sebaliknya, Huawei merilis sistemnya sendiri yang disebut Harmony OS.

Pada paruh pertama tahun ini, pendapatan konsumen Huawei mencapai 103,5 miliar yuan (US$14,27 miliar), sementara solusi kendaraan pintar perusahaan – yang produknya mencakup teknologi kendaraan energi baru – memperoleh pendapatan sebesar 1 miliar yuan. Pendapatan lain yang berhubungan dengan otomotif juga dimasukkan dalam bagian lain dari bisnis ini.

Yu dari Huawei mengatakan pada hari Selasa bahwa perusahaannya bekerja sama dengan produsen mobil dalam tiga cara:

  1. Bertindak sebagai pemasok komponen.
  2. Menjual berbagai produk teknologi otomotif yang disebut “Huawei Inside”, sementara pembuat mobil mendesain mobilnya.
  3. Kontrol yang lebih besar atas desain, penjualan, dan pemasaran mobil “Huawei Inside” saat pembuat mobil memproduksi mobil tersebut.
READ  Kesalahan Warren Buffett dalam Menghadapi Kegagalan Bank, Optimis untuk Amerika Serikat, Berkshire

Baca lebih lanjut tentang Tiongkok dari CNBC Pro

Pada akhir tahun 2021, Huawei mengumumkan mobil merek Aito yang diproduksi oleh Seres. Popularitas kendaraan ini, yang sering dipajang di banyak toko ponsel pintar Huawei di seluruh Tiongkok, semakin meningkat. Perusahaan mengklaim untuk M5 saja sudah terkirim lebih dari 120.000 unit.

Ito akan mengirimkan sekitar 16.000 hingga 18.000 unit mobil M7 pada bulan November, dan lebih dari 20.000 unit pada bulan depan, kata Yu pada hari Selasa.

Perusahaan seperti BYD dan bahkan startup Li Auto telah mengambil bagian signifikan dalam pertumbuhan pasar kendaraan energi baru di Tiongkok, sebuah kategori yang mencakup mobil hibrida dan bertenaga baterai. Produsen mobil tradisional asing, seperti Volkswagen dan Toyota, lebih lambat beradaptasi.

Tahun ini, tingkat penetrasi kendaraan energi baru telah meningkat hingga lebih dari sepertiga mobil penumpang baru yang dijual di Tiongkok, menurut Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok.