Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hari Kemerdekaan Indonesia: Sejarah, Makna dan Perayaan

Oleh CNBCTV18.com IST (Diterbitkan)

Mini

Gerakan kemerdekaan Indonesia secara resmi dimulai pada Mei 1908, yang diperingati sebagai ‘Hari Kebangkitan Nasional’. Pada 17 Agustus 1945, di puncak pendudukan Jepang, negara itu mendeklarasikan kemerdekaannya setelah empat tahun berperang melawan Belanda, yang kemerdekaannya diakui oleh mantan penguasa kolonial mereka.

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, merayakan Hari Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus setiap tahun. Di puncak pendudukan Jepang, negara itu mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, dan kemudian berperang melawan Belanda selama empat tahun sebelum memperoleh kemerdekaannya. diakui oleh mantan penguasa kolonial mereka.

Sejarah

Gerakan kemerdekaan Indonesia secara resmi dimulai pada Mei 1908, yang diperingati sebagai “Hari Kebangkitan Nasional”. Pada tahun 1910-an dan awal 1920-an, beberapa partai politik seperti Partai Nasional Indonesia (PNI), Sarekat Islam dan Partai Komunis Indonesia (PKI) didirikan, serta gerakan-gerakan yang mendukung kemerdekaan Indonesia seperti Budi Udomo. Meskipun banyak nasionalis awalnya memilih untuk bekerja sama dengan Belanda untuk mendapatkan pemerintahan sendiri yang terbatas melalui Volksrat (‘Dewan Rakyat’), pendudukan Jepang atas apa yang disebut Hindia Timur menghentikan ini.

Ketika Jepang menghancurkan sebagian besar struktur ekonomi, politik, dan administrasi yang dibuat oleh Belanda, penjajah membangkitkan sentimen nasionalis di seluruh Jawa dan Sumatra untuk keuntungan politik mereka sendiri. Tidak dapat melindungi Indonesia dari Jepang, Belanda menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki dan setelah Jepang menyerah, kelompok pemuda yang dipolitisasi dan kuat mendorong deklarasi kemerdekaan.

Pada 17 Agustus pemimpin politik Indonesia Sukarno dan Mohamed Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia. Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) memilih keduanya sebagai presiden dan wakil presiden. Empat tahun perjuangan bersenjata dan diplomatik diikuti sebelum Belanda akhirnya mengakui kemerdekaan Indonesia.

Perayaan

Hari Kemerdekaan Indonesia atau ‘Hari Ulang Tahun Kemertakan Republik Indonesia’ adalah peristiwa besar di Indonesia. Perayaan termasuk upacara pengibaran bendera di lembaga-lembaga publik, gedung perkantoran dan lembaga pendidikan, serta pengibaran bendera di depan fasilitas transportasi pribadi dan umum dan rumah warga negara.

Dekorasi dengan warna bendera nasional dibuat di seluruh negeri, sementara semua stasiun televisi nasional menyiarkan upacara Hari Kemerdekaan Nasional secara langsung dari Istana Merdeka di Jakarta. Masyarakat berpartisipasi dalam parade dan acara patriotik dan budaya, dan juga mengadakan permainan dan festival seperti Panchaat Pinang.

READ  Mitsubishi Power luncurkan pengoperasian turbin Natkos di Indonesia