Juli 18, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gubernur C. Bank Indonesia menjanjikan kebijakan pro-stabilitas jika diangkat kembali

Gubernur C. Bank Indonesia menjanjikan kebijakan pro-stabilitas jika diangkat kembali

JAKARTA, 20 Maret (Reuters) – Gubernur bank sentral Indonesia Perry Varjio berjanji pada hari Senin untuk mempertahankan sikap moneter “pro-stabilitas” hingga tahun 2024 ketika ia menyampaikan visinya untuk masa jabatan lima tahun kedua kepada komite parlemen yang sedang mempertimbangkannya. Penunjukannya.

Masa jabatan Virgio saat ini berakhir pada Mei dan dia harus dikonfirmasi oleh anggota parlemen setelah dia menjadi satu-satunya kandidat yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memimpin Bank Indonesia (BI).

Vargeo menjanjikan bauran kebijakan BI untuk mencapai tujuan stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, yang baru saja mengesahkan undang-undang tersebut.

“Tahun ini dan tahun depan, kebijakan moneter kita akan kita arahkan untuk menjaga stabilitas, sedangkan kebijakan lainnya… kita arahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi,” katanya.

BI akan menurunkan target inflasi menjadi 1,5% hingga 3,5% dalam jangka menengah, dibandingkan target saat ini 2% hingga 4%, katanya.

Inflasi ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu tetap berada di atas kisaran target sejak tahun lalu di tengah kenaikan harga komoditas global.

Vargeo menegaskan kembali bahwa kenaikan suku bunga BI sebesar 225 basis poin antara Agustus dan Januari cukup untuk membawa inflasi kembali ke target akhir tahun ini.

“Kami akan lebih fokus pada stabilitas nilai tukar rupee,” katanya, mengutip ketidakpastian global seperti perang di Ukraina dan kenaikan suku bunga di AS.

Dalam materi presentasinya, Vargio memaparkan prospek percepatan pertumbuhan ekonomi dari 4,9% menjadi 5,7% pada tahun 2025 dan 5,1% menjadi 5,9% pada tahun 2028.

Prospek pertumbuhan ekonomi BI 2023 berkisar antara 4,5% hingga 5,3%.

Dalam pidatonya, gubernur mencoba menjual prestasinya selama masa jabatannya saat ini, termasuk mengawasi respons BI terhadap siklus pengetatan dan pandemi Federal Reserve AS sebelumnya, termasuk aktivitas pembelian obligasi.

READ  Demokrasi di Indonesia sedang amburadul, banyak universitas yang “menipu” pihak berwenang

Vargio, 64, adalah seorang bankir sentral karir. Dia dipuji karena membantu menstabilkan ekonomi Indonesia yang kuat dalam menghadapi pasar yang bergejolak dalam beberapa tahun terakhir, meskipun beberapa ekonom mengkritik BI karena terlambat memulai dan mengakhirinya terlalu dini dalam siklus kenaikan suku bunga terbaru BI.

Virgio membutuhkan persetujuan dari parlemen penuh untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Legislator umumnya mengikuti rekomendasi Komite Keuangan berdasarkan apa yang disebut “uji kelayakan dan kepatutan”.

Laporan oleh Stefano Suleiman; Diedit oleh Gayathri Suroyo, Ed Davis, Kanupriya Kapoor

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.