Mei 28, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa Jepang: Gempa berkekuatan 7,3 SR melanda pantai di lepas pantai Prefektur Fukushima

Gempa Jepang: Gempa berkekuatan 7,3 SR melanda pantai di lepas pantai Prefektur Fukushima

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk prefektur Fukushima dan Miyagi di Jepang timur setelah gempa, yang pusat gempa awalnya berada di kedalaman 60 kilometer (37 mil), menurut Badan Meteorologi Jepang.

Peringatan tersebut memperingatkan ketinggian tsunami hingga satu meter di atas tingkat pasang surut normal, dengan gelombang awal mencapai pantai sekitar tengah malam waktu setempat (11 pagi ET).

Gempa itu terasa di Miyagi dan ibu kota, Tokyo, dengan rekaman yang menunjukkan lampu dan bangunan bergetar. Tokyo Electric Power Co. mengatakan di situsnya bahwa gempa tersebut memutus aliran listrik ke lebih dari dua juta rumah tangga di Tokyo dan prefektur tetangga.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS, tsunami diperkirakan tidak akan terjadi di tingkat Cekungan Pasifik saat ini.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan pada konferensi pers bahwa salah satu pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima sedang diperiksa, sedangkan yang kedua tidak terpengaruh.

Kantor Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menulis di Twitter bahwa pemerintah Jepang mengatakan badan-badan tersebut akan “bekerja sama untuk melakukan segala upaya untuk menanggapi” setelah gempa.

Orang-orang berjalan di jalan selama pemadaman listrik di Tokyo.

Gempa hari Rabu berpusat 55 mil (89 kilometer) dari gempa dahsyat 2011 yang memicu tsunami setinggi 30 kaki yang menghancurkan beberapa reaktor nuklir di daerah tersebut. Lebih dari 22.000 tewas atau hilang dalam bencana itu. Gempa awal, tsunami, dan kondisi kesehatan pasca bencana menyebabkan kematian.

Gempa bumi Jepang 2011 memiliki kekuatan 9,1, sekitar 63 kali lebih kuat, dan melepaskan energi sekitar 500 kali lebih banyak daripada gempa hari Rabu.