Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Gempa bermagnitudo 5,6 telah menewaskan sedikitnya 56 orang di Indonesia



CNN

Magnitudo 5,6 mencatat 56 kematian Gempa bumi terserang Indonesiadi provinsi Jawa Barat pada hari Senin, menurut gubernurnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan lebih dari 700 orang terluka.

“Banyak warga yang masih terjebak di lokasi kejadian, dan kami perkirakan jumlah korban luka dan meninggal dunia terus bertambah seiring berjalannya waktu,” kata Kamil.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, gempa melanda wilayah Cianjur di Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer (6,2 mil).

Menurut kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat, empat sekolah dan 52 rumah ambruk atau rusak parah. Sebuah masjid dan rumah sakit juga rusak, kata badan tersebut.

BNPB mengatakan tidak ada risiko tsunami, lapor Reuters.

Herman Suharman, seorang pejabat pemerintah di Cianjur, mengatakan kepada media bahwa beberapa warga terjebak di reruntuhan bangunan yang runtuh. Saluran berita Metro TV menayangkan ratusan korban dirawat di halaman parkir rumah sakit.

Pejabat kota di Cianjur mengevakuasi seorang rekan yang terluka setelah gempa.

Pesantren juga rusak dan komunikasi terganggu karena pemadaman listrik.

Menurut Reuters, tayangan televisi menunjukkan warga di luar gedung hampir seluruhnya runtuh.

Seorang pria, yang hanya disebut sebagai Machlis, mengatakan dia merasakan “getaran besar” dan dinding serta langit-langit kantornya rusak.

“Saya kaget sekali. Saya khawatir akan terjadi gempa lagi,” kata Machlis kepada Metro TV.

Karena 25 gempa susulan dilaporkan dalam dua jam setelah gempa, BMKG memperingatkan risiko tanah longsor, terutama jika terjadi hujan lebat.

Bangunan sekolah Cianjur runtuh setelah gempa.

Berbicara pada konferensi pers, Gubernur Kamil mengatakan bahwa jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah.

Tim penyelamat saat ini tidak dapat menjangkau beberapa orang yang terjebak dan situasinya tetap kacau dengan kemungkinan gempa susulan, katanya.

Pejabat pemerintah saat ini sedang membangun tenda dan tempat penampungan untuk para korban sambil memenuhi kebutuhan dasar mereka, tambah Kamil.

Indonesia terletak di “Cincin Api” yang mengelilingi Samudra Pasifik, yang sering menyebabkan gempa bumi dan aktivitas gunung berapi. Salah satu zona seismik paling aktif di planet ini, membentang dari Jepang dan Indonesia hingga California dan Amerika Selatan di satu sisi Pasifik.

Pada tahun 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 SR di lepas pantai utara Indonesia Sumatera memicu tsunami yang melanda 14 negara, menewaskan 226.000 orang di sepanjang pantai Samudra Hindia, lebih dari setengahnya di Indonesia.

READ  Indonesia Pantau Penyebaran Penyakit Monyet - ANTARA News