Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Flexport kehilangan kepala keuangan dan kepala sumber daya manusianya, beberapa minggu setelah CEO Dave Clark dipecat

Flexport kehilangan kepala keuangan dan kepala sumber daya manusianya, beberapa minggu setelah CEO Dave Clark dipecat

Bloomberg/Kontributor | Gambar Getty

Tiga minggu setelah pendiri Flexport Ryan Petersen memecat Dave Clark sebagai CEO dan kembali menjalankan startup perangkat lunak rantai pasokannya, perusahaan tersebut telah memecat kepala keuangannya dan kepala sumber daya manusianya mengundurkan diri, menurut laporan CNBC.

Flexport memberi tahu CFO Kenny Wagers minggu lalu bahwa mereka akan dilepaskan, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Hari terakhirnya adalah hari Jumat.

Stuart Leong, chief financial officer Flexport, diperkirakan akan ditunjuk sebagai CFO, kata sumber tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka mengenai masalah tersebut. Leong telah bekerja di Flexport selama tujuh tahun dalam berbagai peran operasi, logistik dan keuangan, dan dipandang sebagai orang kepercayaan Petersen.

Petersen, yang mendirikan Flexport satu dekade lalu dan membangunnya menjadi perusahaan kesayangan Silicon Valley senilai $8 miliar oleh investor terkemuka, mendapatkan kembali posisi teratas di perusahaan tersebut pada 6 September, setelah dia dan dewan direksi memaksa Clarke untuk mengundurkan diri. Clark, yang menghabiskan 23 tahun di Amazon dan menjadi anggota senior tim kepemimpinan Jeff Bezos, dipekerjakan oleh Petersen setahun yang lalu, sebagian untuk membantu perusahaan bergerak menuju IPO, kata sumber tersebut.

Clark dan Petersen menjabat sebagai co-CEO Flexport mulai September lalu, dengan Clark mengambil alih sebagai CEO tunggal perusahaan pada bulan Maret. Petersen menjadi mitra ventura di Founders Fund Peter Thiel, salah satu pendukung terbesar Flexport.

Jennifer Boden, wakil presiden teknologi sumber daya manusia dan pengalaman karyawan Flexport, juga akan meninggalkan perusahaan, kata sumber. Boden mengambil alih posisi tersebut awal bulan ini setelah pendahulunya, Darcy Henry, dipecat dari Flexport.

READ  Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini

Juru bicara Flexport membenarkan perpindahan karyawan tersebut dan mengatakan Michael Brown akan mengambil peran baru sebagai kepala inisiatif restrukturisasi dan CEO, namun menolak berkomentar mengenai potensi PHK.

“Kenny Wagers telah memberikan pengaruh yang luar biasa di Flexport, dan kami berterima kasih atas kontribusinya dalam membimbing Flexport sebagai salah satu perusahaan dengan pertumbuhan tercepat selama masa jabatannya. Kami mendoakan yang terbaik untuk Kenny saat ia mengejar peluang berikutnya. Stuart Leung akan menjadi CFO Flexport Bertanggung jawab dan melapor kepada Ryan Petersen, CEO, segera efektif. Stuart telah bekerja di Flexport selama hampir tujuh tahun dan memegang peran kepemimpinan senior yang penting di bidang keuangan, penjualan, dan operasi. Sebagai CFO, dia akan fokus memimpin kembalinya Flexport ke profitabilitas dan pertumbuhan.

“Michael Brown akan mengambil peran sebagai Wakil Presiden Senior, Kepala Inisiatif Restrukturisasi, dan CEO. Dalam peran baru ini, dia akan fokus pada restrukturisasi bisnis agar lebih fokus pada pelanggan dan memimpin kembalinya kami ke profitabilitas. Jennifer Boden akan meninggalkan Flexport untuk mengejar peluang baru. Kami berterima kasih kepada Jennifer atas kepemimpinannya dan kami mendoakan yang terbaik untuk usahanya di masa depan.

Petersen memecat beberapa eksekutif yang dipekerjakan Clark dari Amazon, termasuk Henry, serta Teresa Carlson, yang merupakan presiden perusahaan; Tim Collins, yang menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif Operasi Global; dan Kelly Cheeseman, Wakil Presiden dan Kepala Staf.

Flexport diluncurkan pada tahun 2013 sebagai perusahaan pelayaran yang berfokus pada digital, dan baru-baru ini Dia telah pindah Untuk menjadi perusahaan layanan rantai pasokan ujung ke ujung, perusahaan ini mengakuisisi penyedia pemenuhan pesanan Deliverr dari Shopify pada bulan Mei. Selain Founders Fund, perseroan juga mendapat penggalangan modal dari Andreessen Horowitz dan SoftBank.

READ  Twitter mengatakan karyawan hanya bisa mendapatkan setengah dari bonus tahunan mereka: lapor

Meskipun bisnis Flexport berkembang pesat selama booming e-commerce akibat virus corona, bisnis ini terpukul keras selama setahun terakhir karena gejolak ekonomi global menyebabkan penurunan signifikan dalam pergerakan pengiriman global.

Dalam serangkaian postingan di X, banyak di antaranya kemudian dihapus, Petersen secara terbuka mengkritik Clark dan rencananya untuk berkembang di perusahaan. Flexport akan membatalkan 55 surat penawaran dan ingin menyewa ruang kantor, katanya.

Sebelum kisah Clark, para eksekutif sedang mengerjakan jadwal IPO dan menargetkan debut pada tahun 2025, menurut dokumen internal yang dilihat oleh CNBC. Perusahaan kini berada dalam mode pemotongan biaya dan diperkirakan akan mengumumkan lebih banyak PHK dalam beberapa minggu mendatang, kata sumber tersebut.

Pada bulan Januari, Flexport memberhentikan sekitar 20% tenaga kerja perusahaan atau sekitar 640 karyawan.

– CNBC Rohan Goswami Dia berkontribusi pada laporan ini.

Dia menonton: CEO Flexport Petersen berbicara tentang rencana perusahaan untuk menginvestasikan kembali keuntungannya