Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Federal Aviation Administration mewajibkan maskapai penerbangan untuk memeriksa segel pintu pada pesawat Boeing 737-900ER

Federal Aviation Administration mewajibkan maskapai penerbangan untuk memeriksa segel pintu pada pesawat Boeing 737-900ER

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) merekomendasikan pada Minggu malam agar maskapai penerbangan memulai inspeksi visual terhadap segel pintu yang dipasang pada pesawat Boeing 737-900ER, model Boeing kedua yang diperiksa bulan ini.

Administrasi Penerbangan Federal mengatakan pesawat tersebut memiliki desain segel pintu yang sama dengan pesawat terbaru 737 Max 9. Badan tersebut melarang terbang sekitar 170 pesawat Max 9 setelah panel pintu salah satu pesawat meledak tak lama setelah penerbangan Alaska Airlines berangkat dari Portland. Oregon, pada tanggal 5 Januari, harus melakukan pendaratan darurat.

Segel pintu berbentuk panel ditempatkan di tempat pintu darurat akan ditempatkan jika pesawat dilengkapi dengan lebih banyak kursi.

Setelah melarang terbang pesawat Max 9, FAA kemudian mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki apakah Boeing gagal memastikan bahwa pesawat tersebut aman dan konsisten dengan desain yang disetujui oleh badan tersebut.

FAA mengatakan pada hari Minggu bahwa penutup pintu pada 737-900ER, model generasi sebelumnya dan bukan bagian dari lini MAX Boeing, sejauh ini tidak menjadi masalah.

“Sebagai lapisan keselamatan tambahan, FAA merekomendasikan agar operator pesawat Boeing 737-900ER memeriksa secara visual segel pintu keluar tengah untuk memastikan pintu terpasang dengan benar,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

FAA merekomendasikan agar maskapai penerbangan yang menerbangkan 737-900ER segera memeriksa empat lokasi yang digunakan untuk mengamankan penutup pintu ke badan pesawat. Berdasarkan data Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Boeing 737-900ER memiliki lebih dari 11 juta jam operasional dan sekitar empat juta siklus penerbangan. Boeing mengirimkan sekitar 500 pesawat secara global antara tahun 2007 dan 2019, meskipun tidak semuanya memiliki dongkrak pintu.

“Kami sepenuhnya mendukung FAA dan pelanggan kami dalam tindakan ini,” kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

READ  Baut tampaknya hilang dari pesawat Alaska Airlines

Alaska Airlines dan United Airlines, yang mengoperasikan 737-900ER, mengatakan dalam pernyataannya bahwa mereka sudah mulai menguji model ini di armada mereka. Delta Air Lines, yang juga menerbangkan pesawat tersebut, mengatakan pihaknya “memilih untuk mengambil tindakan proaktif untuk memeriksa armada 737-900ER kami.” Tak satu pun maskapai penerbangan memperkirakan akan terjadi gangguan pada operasi mereka.

Insiden yang melibatkan penerbangan Alaska Airlines 737 MAX 9 bulan ini tidak mengakibatkan cedera serius, namun bisa menjadi lebih serius jika pesawat berada pada ketinggian jelajah. Dewan Keselamatan Transportasi Nasional sedang menyelidiki insiden tersebut dengan harapan dapat mengetahui penyebab segel pintu pesawat meledak.

Sementara itu, FAA baru-baru ini memerintahkan pemeriksaan awal terhadap 40 pesawat Max 9 yang dilarang terbang, sebagai upaya untuk menyelesaikan instruksi pemeriksaan untuk pesawat tersebut. Badan tersebut mengumumkan pekan lalu bahwa inspeksi tersebut telah selesai dan akan meninjau data dari inspeksi tersebut.