Agustus 14, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Email Rusia tampaknya menunjukkan bahwa “jaringan” tersebut memiliki aset senilai $4,5 miliar yang terkait dengan Putin | Rusia

Istana, kapal pesiar, dan kebun anggur dilaporkan disediakan Presiden Rusia Vladimir Putin Melalui teman dan oligarki, mereka sekarang dapat dihubungkan dengan apa yang tampak sebagai jaringan informal dengan aset bernilai lebih dari $4,5 miliar (£3,7 miliar).

Jejak kertas digital tampaknya menunjukkan bahwa sekelompok rumah liburan dan aset lain yang diduga digunakan oleh presiden Rusia, yang menurut catatan yang tersedia milik atau dimiliki oleh individu, perusahaan, dan badan amal yang terpisah, dihubungkan melalui nama domain email yang sama, LLCInvest .ru.

Skema Putin

Cuplikan pertukaran email yang bocor dari September lalu menunjukkan bahwa manajer dan administrator yang terkait dengan beberapa entitas terpisah yang memelihara dan mengelola aset ini telah membahas masalah bisnis sehari-hari seolah-olah mereka adalah bagian dari satu organisasi.

Seorang ahli anti-korupsi di Rusia, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengingat situasi politik di Moskow, mengatakan temuan itu menimbulkan pertanyaan tentang apakah ada tingkat “manajemen bersama”.

Mereka menyarankan bahwa “LLCInvest sebagian besar terlihat seperti koperasi, atau asosiasi, di mana para anggotanya dapat bertukar manfaat dan properti.”

Hampir dua dekade lalu, Putin dituduh diam-diam mengumpulkan kekayaan besar melalui proxy, didorong oleh serangkaian pengungkapan dalam kebocoran seperti Pandora Papers tentang kekayaan orang-orang terdekatnya.

Sergei Kolesnikov, seorang pengusaha, mengklaim 10 tahun lalu bahwa dia berada di balik skema yang memungkinkan sekelompok oligarki top Rusia untuk mengumpulkan miliaran rubel dalam semacam “dana investasi” untuk Putin, yang saat itu adalah perdana menteri. Menteri. Tuduhan ini ditolak, dan Kolesnikov melarikan diri dari Rusia.

Pemerintah Inggris bulan lalu membandingkan “gaya hidup mewah” Putin dengan catatan resmi Rusia yang menyebutkan “asal-usul sederhana” termasuk sebuah apartemen kecil di St Petersburg, dua mobil era Soviet dari tahun 1950-an, sebuah trailer dan sebuah garasi kecil.

READ  Perang Rusia-Ukraina, Berita Blinken dan Mariupol: Pembaruan Langsung
Rumah di Gelendzhik di Laut Hitam
Alexei Navalny mengklaim bahwa rumah mewah senilai 1 miliar poundsterling ini dibangun untuk penggunaan pribadi Putin di Gelendzhik di Laut Hitam. Foto: AP

Setelah penyelidikan selama setahun, Proyek Pelaporan Kejahatan dan Korupsi Terorganisir (OCCRP) Dan Situs berita Meduza dalam bahasa Rusia Ini mengidentifikasi 86 perusahaan dan organisasi nirlaba yang perwakilannya tampaknya menggunakan nama domain LLCinvest umum, sering kali dalam hubungannya dengan akun email perusahaan.

Tuduhan kekayaan presiden rahasia telah ditepis dan tidak ada rantai komando kerajaan yang mengarah ke Putin telah diidentifikasi. Seorang juru bicara Kremlin mengatakan: “Presiden Federasi Rusia sama sekali tidak berafiliasi dengan atau berafiliasi dengan hal-hal dan organisasi yang Anda sebutkan.”

Villa Sellagren
Vila Selgren dimiliki oleh Sergei Rudnov, putra teman masa kecil Putin. Foto: Navalny.com

Menurut OCCRP dan Meduza, aset yang terkait dengan organisasi atau struktur kelembagaan di sekitarnya yang tampaknya digunakan oleh domain email LLCinvest.ru meliputi:

  • Sebuah rumah mewah senilai £1 miliar yang diklaim Alexei Navalny dibangun untuk penggunaan pribadi Putin di Gelendzhik di Laut Hitam. Miliarder Arkady Rothenberg, yang berada di bawah sanksi Uni Eropa dan AS, mengklaim kepemilikan obat tersebut. Catatan perusahaan yang dipegang oleh database Spark Rusia pada Juni mengatakan obat itu milik sebuah perusahaan bernama Kompleks dan perusahaan induknya adalah Binom. Tampaknya direktur perusahaan Binom hingga Juli tahun lalu memiliki domain email terdaftar LLCInvest.ru. Alamat LLCinvest.ru masih disebutkan di Spark, basis data perusahaan terbesar di Rusia, sebagai kontak.

  • Berhektar-hektar kebun anggur di sekitar Istana Gelendzhik. Navalny mengklaim bahwa kilang anggur adalah “hobi” Putin yang tidak terkendali. Kebun-kebun anggur di sekitar istana milik yayasan nirlaba yang didirikan oleh dua pembantu Putin, Gennady Timchenko dan Vladimir Kolbin, keduanya juga dikenakan sanksi Barat. Tampaknya Kolbin dan orang lain yang terkait dengan kebun anggur memiliki akun email LLCInvest.ru.

  • Resor ski Igora di wilayah Leningrad tempat pernikahan putri Putin berlangsung pada 2013. Menurut catatan tanah, resor itu dimiliki oleh Ozon, perusahaan Yuri Kovalchuk, teman dan ketua Putin serta pemegang saham terbesar Bank Rusia, Sanctions, memiliki saham yang signifikan. Akun email LLCInvest.ru adalah kontak di Spark Records untuk perusahaan induk Ozon, Relax. Ozon tidak berafiliasi dengan raksasa e-commerce yang terdaftar di Nasdaq dengan nama yang sama.

  • Vila di utara Saint Petersburg, yang dikenal penduduk setempat sebagai “Putin Dacha”. Vila Selgren dimiliki oleh Oleg Rudnov, teman masa kecil Putin, yang diwarisi oleh putranya, Sergei Rudnov, melalui sebuah perusahaan bernama North. Rudnov tampaknya menggunakan alamat email LLCinvest.ru, menurut catatan Spark.

  • Sebuah bangunan berlapis kayu di utara Saint Petersburg yang dikenal sebagai Fisherman’s Hut. Email bocor dari sebuah perusahaan konstruksi menunjukkan bahwa tiga perusahaan berbeda yang menggunakan nama domain memiliki sebidang tanah yang berbeda di sekitar kompleks, sementara entitas keempat LLCInvest – sebuah organisasi nirlaba bernama Reviving Marine Traditions – mengoperasikan konstruksi. Perusahaan yang sama ini, yang baru-baru ini ditempatkan di bawah sanksi Barat, memiliki dua kapal pesiar, Shellst dan Nega, Diceritakan oleh Departemen Keuangan AS untuk bergaul dengan Putin.

peta aset Rusia

Aset senilai $4,5 miliar yang dimiliki oleh entitas LLCInvest termasuk setoran tunai dalam jumlah besar. Ada dua organisasi nirlaba, yang didirikan bersama oleh Timchenko dan Kolbin, yang tampaknya menggunakan nama domain menurut catatan Spark, dan memiliki dana yang signifikan.

Proyek Pengembangan Inisiatif Pertanian memiliki 17 miliar rubel (£ 248 juta) di rekening depositonya pada akhir tahun 2020, sementara pengembangan pasar investasi yang efisien menyimpan lebih dari 20 miliar rubel (£ 292 juta) dalam simpanan jangka panjang dan hampir 5 1 miliar rubel (£ 73m) dalam deposito jangka pendek pada akhir 2020, menurut akun yang tersedia untuk umum.

kapal pesiar
Kapal pesiar Shellest dimiliki oleh organisasi nirlaba Reviving Marine Traditions.

LLCinvest bukanlah penyedia email standar yang tersedia untuk umum seperti Yahoo tetapi domain pada server yang dimiliki oleh Moskomsvyaz, sebuah perusahaan telekomunikasi yang memiliki hubungan dekat dengan Bank Rusia. St Petersburg Bank dikenakan sanksi Barat dan telah digambarkan oleh Departemen Keuangan AS sebagai “bank pribadi pejabat senior Federasi Rusia”.

Rusia juga telah digambarkan sebagai “Bank Putin” karena dugaan perannya dalam melaksanakan tawaran pemimpin Rusia itu. Kremlin telah membantah adanya hubungan atau pengaruh semacam itu.

Domain email bersama ditemukan dengan menganalisis metadata yang bocor dari server Moskomsvyaz, yang tampaknya menunjukkan nama pengirim dan penerima email LLCinvest.ru, subjek, dan waktu korespondensi. Ini diverifikasi dengan log sumber terbuka dan kebocoran terpisah dari konten beberapa pesan lengkap.

Berlangganan surat harian Business Today atau ikuti Guardian Business di Twitter di BusinessDesk

Moskomsvyaz dan semua kecuali satu orang yang tampaknya telah menggunakan alamat email LLCInvest.ru tidak menanggapi permintaan komentar. Tidak jelas tujuan dari layanan email bersama, atau motivasi di balik kolaborasi yang jelas dalam masalah kepegawaian dan logistik.

Tidak ada indikasi bahwa semua pengguna LLCInvest.ru terlibat dalam pengelolaan aset yang ditautkan dalam laporan ke Putin. Hanya satu orang yang menggunakan akun email LLCinvest.ru dalam perannya sebagai manajer beberapa perusahaan, berbicara di telepon saat dihubungi. Dia mengklaim ketidaktahuan tentang sifat pekerjaannya.

Ketika ditanya, dia berkata, “Saya seorang karyawan yang rendah hati dan peduli dengan bisnis saya sendiri.” Saya hanya menandatangani surat-surat. Anda tahu bagaimana para tunawisma terkadang terdaftar sebagai direktur sebuah perusahaan. Saya bukan tunawisma tetapi saya menandatangani surat-surat seperti yang mereka lakukan tanpa merinci.”

“Jika perusahaan saya adalah bagian dari perusahaan induk besar, saya tidak akan tahu,” tambahnya. Identitas pria itu dirahasiakan demi keselamatannya.