Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Elong at Bawa Reserve: Penyewaan Pulau di Indonesia

Elong at Bawa Reserve: Penyewaan Pulau di Indonesia

Kolam memantul di pantai seperti anak anjing yang kehausan, motor perahu anak kucing saat matahari terbenam.

Di bawah laut, hiu karang ujung hitam yang pemalu adalah sekumpulan anak-anak yang cekikikan, sementara ikan kakatua bumphead raksasa yang lucu melakukan karnaval rekan melalui koridor warna. Di dekatnya, seekor ikan pari bermain-main di perairan dangkal.

Saya diendapkan dengan pesawat amfibi di atas pita air di Cagar Alam Pawah, bagian dari ‘segitiga karang’ enam juta kilometer persegi – permadani pulau yang terletak di antara Sumatra dan Kalimantan. Spesies karang daripada di tempat lain di dunia.

Di selatan 255 Kepulauan Anambas di Indonesia, Cagar Bawa terdiri dari 13 pantai, tiga laguna, dan enam pulau: Bawa yang eponim, serta sepuluh Dogang, Muerpa, Sanga, Lidi, dan Elang.

Cagar Alam Bawa yang paling selatan dari 255 Kepulauan Anambas di Indonesia memiliki 13 pantai, tiga laguna, dan enam pulau.

Diantaranya, hanya Bawa dan Elang yang menawarkan fasilitas penginapan, dengan pembukaan Bawa pada tahun 2018 seluas 60 hektar. Sepersepuluh ukuran Bhava, Kediaman Pribadi Elong Diluncurkan pada awal 2023 dengan panggilan eksklusif untuk merekrut seluruh pulau.

Lima vila dengan satu kamar tidur diberi nama sesuai pohon yang tumbuh di pulau itu, seperti Lychee Lodge yang lezat; Rumah panjang dua kamar tidur bergaya Indonesia yang indah; Ruang Makan dan Bar Club House; Beach House Restaurant yang santai; Kau Spa dengan dua ruang perawatan; kolam infinity air asin dengan seluncuran air; lapangan tenis berukuran penuh; dan pantai pribadi dan jalur snorkeling.

Ya, Bawa Junior sudah datang.

Penjahat Lux

Pemilik Pulau Bawa, taipan pelayaran Singapura Tim Hartnoll dan istrinya Suzanne, awalnya membangun Elang, seperti namanya, sebagai tempat tinggal pribadi mereka selama berada di kawasan tersebut.

Tetapi para pelestari lingkungan yang dermawan ini – Tim dan Suzanne melarang penebangan pohon apa pun di kedua pulau, meskipun menawarkan pemandangan laut terbaik – telah memutuskan untuk berbagi surga mereka.

READ  Indonesia telah mengumumkan rencana untuk melindungi 10% lautannya pada tahun 2030 dan 30% pada tahun 2045.

Akses elite ke Elang mulai dari US$25.000 per malam (hingga 14 tamu), dan total 19 tamu dapat secara eksklusif merasakan gaya hidup Robinson Crusoe – dengan sentuhan kemewahan.

Label harga pangeran mencakup semua makanan yang dibuat oleh koki Anda sendiri, yang akan membuat barracuda benedict asap untuk sarapan, daging domba untuk makan siang, dan kakap merah lokal panggang untuk makan malam.

“Tarif pangeran termasuk makan sepuasnya yang dibuat oleh koki Anda sendiri, yang membuat barracuda benedict asap untuk sarapan, daging domba untuk makan siang, dan kakap merah lokal panggang untuk makan malam.”

Maklum: anggur yang disiapkan oleh sommelier spesialis dan semua alkohol lainnya datang dengan harga yang menggiurkan. Tapi apa harga surga?

Setiap tamu berhak mendapatkan satu kali perawatan spa gratis per hari, yang menawarkan segalanya mulai dari mandi krim rambut hingga pijat yang menenangkan otot di spa kayu gaya Joklo tradisional Indonesia, atau lebih baik lagi, di retret pucat (pondok) yang indah. Di laut, kelas yoga dan bahkan makan malam pribadi dapat diselenggarakan.

Keluarga Hartknoll sangat berkomitmen untuk melestarikan sejarah sehingga mereka mempertahankan tapur atau dapur terbuka dengan enam oven, yang digunakan untuk memberi makan 200 pekerja selama pembangunan pulau. Suka barbekyu atau kelas memasak? Si juru masak juga bisa mengatur ini.

Gaya tanda tangan

Pengrajin ahli dari Jawa menghabiskan empat tahun membangun furnitur dan penginapan dari awal di Elang, dan ciri khas gaya mereka terukir di mana-mana, tidak lebih dari meja kayu jati tebal dengan tepi menganga terkenal yang menonjolkan clubhouse restoran utama.

Anda akan menghargai perhatian terhadap detail saat menaiki tangga spiral ke batang bambu dan rotan buatan tangan.

READ  Indonesia dan AS berupaya meningkatkan kemitraan transisi energi

Semua vila Elong menghadap ke selatan/barat daya, menawarkan para tamu matahari terbenam yang spektakuler di atas Laut Cina Selatan, sementara beberapa, seperti Lychee Lodge, memiliki bak mandi luar ruangan dan tangga pribadi yang menghilang begitu saja ke laut yang hangat.

“Semua vila Elong menghadap ke arah Selatan/Barat Daya, memungkinkan para tamu untuk menikmati matahari terbenam di atas Laut Cina Selatan.”

Snorkeling paling baik dilakukan di dua jalur pribadi Elong. Meski tamu Elong bisa memanfaatkan semua fasilitas Bawa, tamu Bawa tidak diperbolehkan menginjakkan kaki di pulau yang hanya berjarak tiga menit naik perahu.

Pemandu Indonesia saya, Sally, membawa saya berkeliling Elang, sambil menunjukkan pohon Cycladic berusia 250 tahun dan Bayawak (kadal monitor raksasa) yang berkeliaran yang menghuni pulau-pulau ini.

“Ini adalah pulau yang jauh dari segalanya. Untuk seseorang yang ingin berada di tempat yang tenang, ini adalah bagian terbaiknya,” kata Sally, agak bersahaja.

Terlepas dari lima tetangganya, Elong benar-benar terpencil, dengan pulau berpenghuni terdekat berjarak satu jam perjalanan dengan speedboat.

Koktail dan mimpi

Dalam hal yang sangat tidak mungkin para tamu harus bosan dengan pulau itu, ada banyak kesenangan di dekatnya. Di Pulau Liddy, naiki 100 anak tangga ke paviliun kecil tempat Anda dapat menyeruput koktail saat matahari terbenam atau mengambil keranjang piknik dan mengambil pantai pribadi.

Bawa menawarkan pelayaran matahari terbenam di sekitar enam pulau, di mana canapé sama pedasnya dengan lingkungan tempat Anda berada.

Atau ikuti perjalanan snorkeling berpemandu dengan tim olahraga air Bawa ke laut biru ubur-ubur di sekitar pulau.

Berenang bersama bayi hiu dan barakuda raksasa dan menenun melalui koral permen kapas dengan warna baby blues, musk pink, hijau limau, dan kuning bunga matahari.

READ  NOC mempersiapkan program Indonesia Olympic Academy untuk masyarakat Indonesia

Menjadi hijau itu mudah

Di bawah pengawasan Yayasan Anambas, enam pulau ini dilindungi dengan hati-hati di tengah beberapa proyek yang bertujuan melindungi kawasan dan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Plastik tidak diperbolehkan di salah satu pulau ini dan Pulau Bava memiliki kebun permakulturnya sendiri di mana marigold, tomat, cabai, kembang sepatu, lemon, dan kemangi ditanam untuk mendukung dapur dan barnya.

Insektisida alami, seperti air tembakau, digunakan untuk membasmi serangga, dan Bava memiliki 14 tempat sampah berbeda untuk daur ulang dan pembuangan limbah tertentu.

Bahkan bambu yang ada di mana-mana, setebal anakonda di beberapa daerah, digunakan untuk membangun vila, restoran, dan bar di pulau itu, diolah untuk menghilangkan gula yang menarik serangga, dan dianggap lebih ramah lingkungan daripada kayu karena tingkat pertumbuhannya yang cepat.

“Bava akan mengubahmu,” janji paket di dalam ruangan. Sebenarnya itu lebih dari satu cara.

Hampir disana

Bagian dari daya tarik Elong Private Residence adalah letaknya yang sangat terpencil. Pilihan terbaik adalah pergi melalui Singapura, dari mana Anda akan dijemput dari hotel Anda dan dibawa dengan feri ke Pulau Batam di Indonesia. Staf Bawa Reserve akan menangani proses imigrasi dan mengambil paspor Anda saat Anda memasuki negara tersebut.

Dari sini, Anda akan diantar ke Bandara Batam untuk naik pesawat amfibi selama 80 menit ke Bawa Reserve, di mana Anda akan mendarat di laguna subur antara Pulau Bawa dan Elong. Tergantung pada pasang surut, Anda dapat naik feri selama tiga menit ke Dermaga Elong atau langsung menuju Pantai Barat, di mana Anda akan berbaring langsung di atas pasir keemasan.

Kemewahan tidak pernah terlihat sebagus ini.