Januari 28, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dia meminta Departemen Kehakiman untuk mengawasi tuduhan penipuan crypto

Dia meminta Departemen Kehakiman untuk mengawasi tuduhan penipuan crypto

John Ray, CEO FTX Cryptocurrency Derivatives Exchange, tiba di pengadilan kebangkrutan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, pada Selasa, 22 November 2022.

Eric Lee | bloomberg | Gambar Getty

Departemen Kehakiman telah meminta agar seorang pemeriksa independen ditunjuk untuk meninjau “tuduhan material dan serius atas penipuan, ketidakjujuran” dan “ketidakmampuan” setelah Kerajaan Kripto Sam Bankman-Fried Runtuh. Ini mungkin salah satu metode yang digunakan Departemen Kehakiman untuk mengumpulkan bukti dugaan penipuan.

Dalam gugatan yang diajukan di pengadilan kebangkrutan federal di Delaware, wali kebangkrutan AS Andrew Varra mengatakan kepada pengadilan bahwa tuduhan kesalahan perusahaan dan kegagalan langsung layak pemeriksaan langsung dan cepat peristiwa yang menyebabkan keruntuhan spektakuler FTX tiga minggu lalu.

Fara mengatakan ada dasar yang kuat untuk meyakini bahwa Bankman-Fried dan direktur lainnya salah mengelola FTX atau terlibat dalam perilaku curang.

“Sepertinya Departemen Kehakiman mencoba menggunakan proses kebangkrutan sebagai cara untuk mendapatkan bukti,” kata mantan jaksa federal Renato Mariotti kepada CNBC.

“Seringkali, Departemen Kehakiman dan properti penipuan kebangkrutan bekerja sama untuk menyatukan potensi kerusakan atau jenis tindakan lain untuk membuat korban utuh,” katanya. DOJ kemungkinan akan menjadi bagian dari pemulihan aset dan kemungkinan akan memiliki dana korban dengan uang yang diberikan kepada mereka yang kehilangan uang dan apa yang mungkin dilihat DOJ sebagai penipuan.

“Itu hanya menunjukkan tingkat kepedulian dan perhatian yang mereka berikan pada masalah ini yang seharusnya menjadi perhatian Tuan Bankman Fried.”

Fara mengatakan pengawasan lebih baik daripada penyelidikan internal karena implikasi yang lebih luas dari keruntuhan perusahaan untuk industri cryptocurrency.

Pakar hukum lain mengatakan mungkin ada faktor lain yang berperan juga, termasuk sumbangan politik ekstensif yang melibatkan eksekutif FTX di kedua sisi lorong.

READ  CVS dan Rite Aid membatasi pembelian kontrasepsi darurat setelah permintaan tinggi

Ada “sumbangan kampanye di kedua sisi lorong dari FTX dan ada nuansa politik dan nuansa politik dalam kasus ini,” kata Braden Perry, mantan kepala jaksa di CFTC dan mitra Kennehertz Perry.

Perry menambahkan, “Saya pikir itu hanya masalah kehati-hatian dan kehati-hatian untuk memastikan bahwa semua yang terjadi dilakukan pada tingkat yang independen.”

Bukan hal yang aneh untuk menyewa pemeriksa kebangkrutan. Ada satu yang mengawasi kebangkrutan crypto Celsius Network, misalnya.

Kebangkrutan di atas ukuran tertentu membutuhkan pemeriksa. Dalam kasus ini, wali amanat AS mengatakan pemeriksa adalah wajib karena utang tetap, dilikuidasi, dan tanpa jaminan FTX kepada klien melebihi ambang batas $5 juta.

Runtuhnya FTX pada bulan November membuat kreditor terguncang karena kehilangan ratusan juta dolar, dalam beberapa kasus, dan mengguncang dunia crypto yang lebih luas. BlockFi, pemberi pinjaman cryptocurrency, mengajukan perlindungan kebangkrutan di New Jersey minggu lalu.