April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Di Indonesia, demokrasi atau dinasti?

Di Indonesia, demokrasi atau dinasti?

Belum lama ini, putra sulung Presiden Indonesia Joko Widodo ini menjalankan bisnis katering dan jaringan toko manisan. Kini dia menjadi simbol kebangkitan dinasti politik dan penerima manfaat dari intrik keluarga.

Dengan bantuan keputusan pengadilan tinggi yang dipimpin oleh pamannya, putra presiden, Gibran Rakabuming Raqqa, 36, telah muncul sebagai kandidat utama wakil presiden dalam pemilu nasional bulan depan. Jika pasangannya menang, ia akan menjadi wakil presiden termuda di Indonesia.

Setelah puluhan tahun berada di bawah kediktatoran, Mr. Tn. Manuver tersebut memicu kritik dan memperingatkan bahwa Joko akan bergerak.

Pada pemilu 14 Februari di Indonesia, Mr. Ada tiga kandidat yang mencalonkan diri untuk menggantikan Joko, termasuk mantan jenderal dan sekarang Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Prabowo, yang telah lama dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia, kalah dalam dua pemilu terakhir dari Joko.

Namun kali ini, presiden yang akrab disapa “Jokowi” ini meminjamkan mereknya kepada mantan jenderal tersebut – dengan sahabatnya berupa putranya. Penggabungan dua kelompok politik ini tampaknya memberikan keunggulan bagi pasangan mereka, menurut jajak pendapat.

“Jelas bahwa Jokowi sedang membangun dinasti politik,” kata Yos C., peneliti di Universitas Atma Jaya di Jakarta. kata Canavas. Tn. Tujuan Joko adalah mempersiapkan putranya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2029.

“Karena pada akhirnya yang dituju adalah presiden,” ujarnya, “bukan wakil presiden.”

Mantan produsen furnitur, Tn. Joko naik jabatan dari walikota menjadi gubernur dan akhirnya menjadi presiden negara demokrasi terbesar ketiga di dunia tanpa ikatan keluarga. Setelah memenangkan masa jabatan pertama, ia mengaku sebagai presiden.Ini tidak berarti mewariskan kekuasaan kepada anak-anak saya.”

Pada bulan September, putra bungsu presiden, Kesang Pangarep, 28 tahun, bergabung dengan Partai Persatuan Indonesia. Dua hari kemudian, dia diangkat menjadi presidennya. Untuk membantu memperkuat warisannya sebagai pemimpin yang berupaya memodernisasi negara dengan plaza tol, pelabuhan, dan bandara baru, Mr. Partai ini secara luas dipandang sebagai kendaraan pasca-presiden Joko.

Pemimpin partai Bpk. Kesung telah menarik perhatian Beruang membawa beruang itu Untuk pertemuan resmi. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa beruang itu adalah hadiah dari istrinya.

Untuk bagiannya, Tn. Gibran bisa mencalonkan diri sebagai wakil presiden karena pamannya dan Mahkamah Konstitusi melakukan intervensi pada bulan Oktober untuk mengizinkan kandidat yang berusia di bawah 40 tahun untuk mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden jika mereka sebelumnya pernah terpilih untuk posisi tersebut. Yang memberikan suara penentu dalam putusan 5-4 adalah Ketua Hakim Anwar Usman, yang mengatakan kepada pengadilan bahwa Mr. Diangkat oleh Joko dan kemudian menikah dengan saudara perempuan Presiden.

Tn. Komite Etik segera mencopot Anwar sebagai ketua hakim, namun keputusannya masih menunggu keputusan. Tn. Anwar membantah melakukan kesalahan.

Beberapa hari kemudian, Pak. Pak Prabowo – menantu diktator terguling Suharto – tampaknya berharap popularitas presiden akan berkurang dalam kampanyenya. Dalam pemilu yang akan diadakan bulan depan, Pak. Jajak pendapat menunjukkan bahwa pasangan ini unggul dibandingkan dua kandidat lain yang mencalonkan diri setelah Joko.

Tn. Joko menangkis kritikan mengenai manipulasi politik dengan bercanda bahwa itu mirip dengan drama Korea populer di Indonesia.

“Baru-baru ini kami telah disuguhi banyak drama, banyak drama Korea, banyak sinetron,” katanya kepada pendukung partai pada bulan November, tanpa menyebutkan peran keluarganya dalam drama tersebut.

READ  Indonesia belum mengumumkan rencana pembayaran untuk jet tempur bersama tersebut

Namun banyak analis mengatakan Mr. Mereka menuduh Joko mengatur adegan-adegan seperti itu dari balik layar selama bertahun-tahun ketika ia berupaya memperluas pengaruhnya sebelum masa jabatannya berakhir.

“Bukan sandiwara,” kata Titi Angreni, dosen Universitas Indonesia. “Itu adalah rekayasa yang direncanakan.”

Ian Wilson, dosen senior di Murdoch University di Perth, Australia, sependapat. “Dia terkesan terisolasi karena itu gaya politiknya, tapi dia tertinggal jauh,” ujarnya.

Pak Wilson yang sudah lama mempelajari Indonesia melihat Pak. Menggambarkan intrik Joko. Diantaranya Pak. Dikenal karena sifat cepat marahnya, termasuk karena Prabowo, ia menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mencoba mengubah dirinya menjadi figur seorang ayah.

“Saya tidak melihat Jokowi sebagai seorang demokrat,” kata Mr. kata Wilson. “Jokowi punya kecenderungan otoriter, begitu juga dengan Prabowo.”

Hakim Mahkamah Konstitusi Bpk. Anwar menikah dengan keluarga Presiden pada tahun 2020. Setelah bergabung dengan pengadilan pada tahun 2018, ia bertemu dengan saudara perempuan presiden, Idiadi. Keduanya menjadi janda.

Pada saat itu, para ahli hukum dengan cemas memperingatkan akan adanya konflik di masa depan. Beberapa orang mendesak ketua hakim untuk mengundurkan diri dari pengadilan atau, paling tidak, mengundurkan diri dari kasus-kasus yang melibatkan saudara ipar barunya. Tapi Tuan. Anwar bahkan lebih berperan dalam putusan yang membantu menantunya itu.

“Keputusan itu sangat penting karena mengubah aturan main sistem pemilu,” kata Gimli Ashitiki, ketua Dewan Kehormatan pengadilan, yang menegakkan kode etik pengadilan.

Setelah memeriksa bagaimana pengadilan sampai pada keputusannya, DPR memutuskan bahwa Mr. Pengadilan mencopot Anwar dari jabatan ketua hakim dan mengecam delapan hakim lainnya karena mengizinkan dia berpartisipasi dalam kasus tersebut. Dewan Bpk. Undang-undang tersebut mengizinkan Anwar untuk tetap menjadi hakim, namun melarangnya ikut serta dalam urusan pemilu.

“Kita punya masalah besar dengan budaya etis,” kata Mr. kata Gimli. “Sebagian besar pejabat publik tidak mempunyai pemahaman etis bahwa konflik kepentingan adalah salah.”

READ  Surga liburan Indonesia, Bali, mencari jenis turis baru setelah mengusir 136 pengunjung nakal tahun ini.

Tn. Anwar membantah melakukan tindakan yang tidak pantas dan berpendapat bahwa penilaian etik tidak berdasarkan fakta atau hukum. Martabat saya sebagai hakim profesional selama hampir 40 tahun telah hancur karena pencemaran nama baik yang paling keji dan kejam. mengatakan kepada wartawan pada bulan November.

Sebelum memerintah, Pak. Gibran menampik rumor dirinya akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden, dengan mengatakan ia tidak memenuhi syarat setelah menjabat sebagai wali kota kurang dari tiga tahun.

“Saya masih sangat baru,” katanya Dalam wawancara TV bulan Juli. “Saya masih harus banyak belajar. Dari wali kota menjadi wakil presiden adalah sebuah lompatan besar.

Tn. Tim kampanye Gibran menolak permintaan wawancara.

Di Solo, kota berpenduduk sekitar 550.000 jiwa, Tn. Beberapa pemilih tidak terkesan dengan upaya Gibran. Meskipun mereka menganggap kinerja walikotanya memuaskan, mereka mempertanyakan kesiapannya untuk mengambil tindakan.

“Setiap orang harus memulai dari bawah, agar mendapat pengalaman dan kedewasaan,” kata Bariyani, 43, yang berjualan pisang di pasar Pasar Khede yang ramai. “Ini tentang mengelola bukan hanya sebuah kota, tapi juga sebuah negara.”

Di Jakarta, pemilih pemula Neywa Kaila Hamza, 17 tahun, mengatakan dia khawatir putra presiden menggunakan “hak istimewanya” untuk ikut pemilu. Menjadi kandidat setelah pamannya melanggar aturan, Tn. Dia mengatakan, hal ini menimbulkan pertanyaan seperti apa calon wakil presiden Gibran nantinya.

“Itu menunjukkan bahwa dia akan melakukan apa pun yang dia inginkan dan akan melakukan apa pun demi keuntungan dirinya sendiri,” ujarnya.

Artikel ini dibuat dengan dukungan dari Round Earth Media Project milik International Women's Media Foundation.