Agustus 11, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dhaka mencari ASEAN, peran proaktif Indonesia untuk kembalinya Rohingya

AK Abdul Moman

Menteri Luar Negeri AK Abdul Moman telah menekankan bahwa Indonesia dan ASEAN harus bekerja secara proaktif untuk memfasilitasi kembalinya orang-orang Rohingya yang saat ini berlindung di Bangladesh dengan alasan kemanusiaan.

Dia menegaskan bahwa masalah itu diciptakan oleh Myanmar dan harus diselesaikan oleh Myanmar juga, dan satu-satunya solusi adalah mengirim para pengungsi kembali ke tanah air mereka, Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

Moman juga meminta dukungan Indonesia untuk pencalonan Bangladesh sebagai mitra dialog sektoral Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan Menlu dalam pertemuan dengan Dubes RI untuk Bangladesh Heru Hardando Subolo di Kementerian Luar Negeri, Senin.

Moman bersyukur mengingat dukungan Indonesia untuk pengakuan awal Bangladesh merdeka pada tahun 1972.

Dia mengungkapkan kebahagiaan bahwa baik Bangladesh dan Indonesia akan merayakan ulang tahun emas hubungan diplomatik dengan upacara yang sesuai.

Sambil mengapresiasi volume perdagangan bilateral saat ini, Momen menekankan pada perluasan dan percepatan lebih lanjut ruang lingkup perdagangan dan investasi dalam potensi yang belum dieksplorasi oleh komunitas bisnis kedua negara.

Dia secara khusus menekankan pada keseimbangan perdagangan bilateral yang lebih baik dengan mengizinkan banyak produk Bangladesh seperti RMG, obat-obatan, barang-barang kulit, dll. masuk ke pasar Indonesia.

Menurut Kemenlu, Momen merekomendasikan interaksi yang sering antara komunitas bisnis kedua negara.

Menteri Luar Negeri memberi pengarahan kepada Duta Besar Indonesia yang baru tentang keberhasilan sosial-ekonomi Bangladesh yang luar biasa.

Dia secara khusus menyoroti keberhasilan integrasi digital dan pengembangan TI di Bangladesh di bawah visi ‘Digital Bangladesh’ yang dipelopori oleh Perdana Menteri Sheikh Hasina.

Moman menggambarkan bagaimana infrastruktur TIK yang dibangun dengan baik telah membantu Bangladesh mengatasi tantangan pandemi dan mengelola salah satu program vaksinasi terbesar di dunia.

READ  Megawati menamakan kapal TNI AL KRI Pang Karno

Senada dengan pandangan Menlu, Dubes RI juga menekankan pada penguatan lebih lanjut hubungan ekonomi antara kedua negara melalui berbagai cara, termasuk pertukaran perwakilan perdagangan dan partisipasi dalam pameran dagang.

Moman mendoakan agar Duta Besar sukses dan meyakinkannya akan semua dukungan selama masa jabatannya di Bangladesh.