Maret 4, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Dana kekayaan Norwegia mendorong Tesla untuk mendapatkan pengakuan serikat pekerja, dan akan mempertahankan sahamnya

Dana kekayaan Norwegia mendorong Tesla untuk mendapatkan pengakuan serikat pekerja, dan akan mempertahankan sahamnya

OSLO, 9 Desember (Reuters) – Produsen mobil AS Tesla (TSLA.O) harus menghormati hak-hak dasar pekerja termasuk perundingan bersama, kata lembaga dana kekayaan negara Norwegia senilai $1,5 triliun, seraya menambahkan pihaknya akan mempertahankan kepemilikannya di perusahaan tersebut dan berupaya mempengaruhi kebijakan. Tentang waktu.

Produsen mobil listrik menghadapi reaksi keras di wilayah Nordik dari serikat pekerja dan beberapa dana pensiun atas penolakan mereka untuk menerima permintaan dari mekanik Swedia mengenai hak tawar-menawar kolektif yang mencakup upah dan kondisi lainnya.

Norges Bank Investment Management (NBIM), investor pasar saham terbesar di dunia dan pemegang saham terbesar ketujuh di Tesla dengan 0,88% saham senilai $6,8 miliar, mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka “tidak memiliki rencana” untuk mendivestasikan kepemilikannya di perusahaan tersebut, tidak seperti beberapa dana lainnya.

“Kami mengharapkan perusahaan tempat kami berinvestasi menghormati hak asasi manusia, termasuk hak buruh,” kata NBIM dalam pernyataannya kepada Reuters ketika ditanya tentang konflik Tesla dengan pekerjanya di Swedia.

“Pada tahun 2022, kami mendukung usulan pemegang saham Tesla yang mengharuskan perusahaan memperkenalkan kebijakan untuk menghormati hak mengatur,” tambahnya.

Proposal tahun 2022, yang menurut NBIM didukung oleh 32% pemilih, meminta Tesla untuk mengadopsi kebijakan yang menghormati hak-hak buruh seperti kebebasan berserikat dan perundingan bersama. Dewan Direksi perusahaan merekomendasikan suara “tidak”.

Tesla, yang telah merevolusi pasar kendaraan listrik, telah berhasil menghindari perjanjian perundingan bersama dengan hampir 127.000 pekerja, dan CEO Elon Musk sangat vokal mengenai penentangannya terhadap serikat pekerja.

Tesla tidak menanggapi permintaan komentar.

READ  Saham Asia melemah karena penjualan obligasi memicu pasar

Perusahaan mengatakan para karyawannya di Swedia menikmati kondisi yang sama baiknya atau bahkan lebih baik daripada yang diminta oleh serikat pekerja.

PensionDanmark, salah satu dana pensiun terbesar di Denmark, mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah melepas kepemilikannya di Tesla senilai $69 juta, sementara manajer dana Paedagogernes Pension mengatakan akan mengikuti langkah tersebut dan melepas sahamnya senilai $35 juta.

NBIM mengatakan perkiraannya didasarkan pada standar internasional yang ditetapkan oleh Organisasi Buruh Internasional dan konvensi global mengenai hak asasi manusia.

NBIM menyatakan dalam dokumen pandangannya bahwa perusahaan tempat mereka berinvestasi “harus terlibat dengan pekerja dan perwakilan mereka, seperti serikat pekerja” secara transparan ketika mengembangkan dan menerapkan kebijakan dan praktik.

“Daftar Pantauan”

AkademikerPension Denmark mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan mempertahankan sahamnya senilai $18 juta di Tesla tetapi menambahkan bahwa mereka telah menempatkan produsen mobil tersebut dalam daftar pengawasan dan mengharapkan kedua belah pihak mencapai resolusi yang memuaskan terhadap konflik yang sedang berlangsung.

“Tampaknya manajemen Tesla tidak berpikir bahwa kondisi kerja yang sesuai menciptakan nilai lebih dan risiko lebih kecil di perusahaan,” kata Jens Münch-Holst, CEO AkademikerPension.

Dana pensiun negara Swedia AP1, yang memiliki saham senilai $187 juta pada akhir Juni, mengatakan mempertahankan dialog dengan Tesla adalah tindakan yang lebih disukai daripada menjual sahamnya.

Dana Swedia lainnya, AP4, yang memiliki saham senilai $114 juta di Tesla, mengatakan perselisihan perburuhan bukan merupakan dasar untuk pengecualian kepemilikan saham.

Dana Pensiun Umum Negara Bagian New York mengatakan mereka “sudah lama tertarik” pada masalah ketenagakerjaan Tesla.

“Kami telah mengajukan banyak proposal pemegang saham dan surat tertulis yang berupaya memperbaiki kebijakan perburuhan dan partai Tesla,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Divestasi tidak menjadi pertimbangan saat ini.”

READ  Inilah rutinitas kebugaran Jeff Bezos

(Laporan tambahan oleh Terje Solsvik di Oslo; Laporan tambahan oleh Jacob Gronholt Pedersen di Kopenhagen, Marie Maness di Stockholm dan Jaspreet Singh di Bengaluru; Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab; Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Kirsten Donovan, Elaine Hardcastle dan Mark Potter

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru