Januari 31, 2023

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Christie’s Menjual Koleksi Seni Paul G. Allen senilai $1 Miliar

Christie's Menjual Koleksi Seni Paul G. Allen senilai $1 Miliar

Dalam perkembangan luar biasa terbaru di dunia seni, rumah lelang Christie’s mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan menjual koleksi seni yang luar biasa dari Paul J Allensalah satu pendiri Microsoft yang Mati Pada tahun 2018. Koleksinya, yang mencakup mahakarya Renoir dan Roy Lichtenstein, diperkirakan bernilai lebih dari $1 miliar.

Penjualan lebih dari 150 karya seni selama 500 tahun – dijadwalkan untuk tanggal yang tidak ditentukan pada bulan November – akan menjadi yang terbesar dalam sejarah lelang. Christie’s mengatakan akan mendedikasikan semua hasil untuk pekerjaan amal, seperti yang diarahkan oleh Allen.

“Ini adalah acara besar untuk pasar seni dan dunia seni,” kata Guillaume Cerruti, CEO Christie, dalam sebuah wawancara telepon. “Fakta bahwa itu mencakup lima abad seni yang hebat – dari Botticelli hingga David Hockney, ditambah kepribadian Paul Allen yang sangat menginspirasi, ditambah fakta bahwa penjualan didedikasikan untuk amal – kami benar-benar tersentuh oleh proyek luar biasa ini. sesuatu yang sangat istimewa.”

Terlepas dari kejatuhan ekonomi yang berkelanjutan dari pandemi, perang asing dan inflasi yang meningkat, pasar seni terus meningkat, membuktikan – seperti yang selalu terlihat – bahwa sebagian besar kolektor terkaya terisolasi dari gejolak global. pasar pada tahun 2021 menghasilkan $65,1 miliarMenurut survei tahunan yang diterbitkan oleh Art Basel dan UBS.

Pada bulan Mei, debut layar sutra Andy Warhol 1964 dari wajah Marilyn Monroe, “Shot Sage Blue Marilyn” Dijual sekitar $ 195 juta untuk pembeli yang tidak dikenal di Christie’s di New York, menjadikannya harga tertinggi yang pernah dicapai untuk setiap karya seni Amerika di lelang.

Awal tahun ini, karya modern dan kontemporer kedua milik raja real estate Harry McCullough dan mantan istrinya Linda McCullough membantu Sotheby’s. Mencapai rekor penjualan Untuk koleksi pribadi karya seni di lelang, $922 juta.

READ  Kanye "Ye" West menentang kritik Kim Kardashian terhadap postingannya

Pada tahun 2018, harta David dan Peggy Rockefeller Tetapkan tertinggi $833 juta untuk koleksi pribadi paling berharga yang pernah dijual di lelang, melebihi jumlah total $443 juta (diulas pada 2013) untuk koleksi Yves Saint Laurent pada 2009.

Di antara karya-karya paling terkenal dari perkebunan Allen yang akan dijual adalah kolase akrilik dan kertas “Small False Start” Jasper John dari tahun 1960, yang diperkirakan terjual lebih dari $50 juta, dan “La Montagne Sainte-Victoire” karya Paul Cézanne (1888). ) – 90), diperkirakan lebih dari $100 juta. Tetapi ada juga banyak master tua. Rincian lain dari karya yang akan ditampilkan tidak tersedia.

“Ini adalah pandangan yang sangat terfokus,” kata Alex Rutter, kepala divisi Christie’s yang berspesialisasi dalam penjualan karya seni di abad ke-20 dan ke-21, tentang Allen Collection. “Lanskap dan mod pasti lazim.”

Allen, yang mendirikan Microsoft Corp. Bersama Bill Gates, ia menemukan kesalahan artistik ini setelah terpikat oleh pemandangan laut romantis JMW Turner dan lukisan Pop Lichtenstein dalam kunjungannya ke Tate Britain di London.

Dia mengejar minatnya pada seni visual dengan hasrat yang sama dengan yang dia bawa ke musik; Pada tahun 2000, Allen mendirikan Experience Music Project – yang sekarang Museum Budaya Pop Dia memajang barang-barang seperti gitar milik Jimi Hendrix di gedung Seattle yang dirancang oleh Frank Gehry.

Allen meminjamkan karya seninya ke museum dan galeri besar, dan pajangan properti pribadinya. pameran”melihat alamDiselenggarakan oleh Museum Seni Portland, Museum Seni Seattle, dan Koleksi Keluarga Paul G. Allen pada tahun 2016, dan termasuk karya Vincent Van Gogh, Edward Huber, dan Gustav Klimt. Di antara yang menarik adalah Jan Bruegel the Younger Lukisan alegoris abad ke-17 tentang panca indera.

READ  Jujur menghancurkan pikiranku

“Hidup dengan karya seni ini sungguh menakjubkan,” Allen Beritahu Bloomberg pada tahun 2015. “Saya merasa Anda harus berbagi beberapa pekerjaan untuk memberikan kesempatan kepada publik untuk melihatnya.”

Pengambilan Ganda: Dari Monet ke LiechtensteinDipresentasikan di Museum Budaya Populer pada tahun 2006, ia menggabungkan karya-karya Impresionis dengan Old Masters, karya modern dan kontemporer. “Orchard with Peach Trees in Blossom” karya Van Gogh tahun 1888 diatur bersama karya Max Ernst tahun 1940 “Landscape of Lake and Chimera” Willem de Kooning’s Ringkasan tanpa judul 1975 dicocokkan dengan buku Monet tahun 1919, Water Lilies.

Allen juga memperlakukan seni sebagai investasi penting. Di Christie’s pada tahun 2016, dia adalah pembeli anonim kain Monet tahun 1891 dari tumpukan jerami seharga $ 81,4 juta, kemudian rekor lelang, menurut Bloomberg.

Di tahun yang sama, dia Dia menjual lukisan pesawat tempur Amerika Scream Through the Sky oleh Gerhard Richter seharga $ 25,6 juta, lebih dari dua kali lipat $ 11,2 juta yang dia bayarkan satu dekade lalu, dan pada tahun 2014, Jual lukisan Mark Rothko Untuk $ 56,2 juta, ia membayar $ 34,2 juta pada tahun 2007.

Allen memastikan untuk membawa budaya ke Seattle, sebagian dalam upaya membuat seni lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang. terlihat Galeri Seni Seattle Di lapangan sepak bola kota, rumah bagi Seattle Seahawks, yang juga dimiliki Allen. Perusahaan investasinya, Vulcan juga ditugaskan proyek seni publik Di kota dan dukung seniman lokal.

“Paul benar-benar memahami kekuatan dan pentingnya seni dan selalu senang berbagi pengalaman ini dengan orang lain,” kata Jodi Allen, outlet untuk rumah Paul G. Allen. “Saya sangat senang memiliki koleksi tak tertandingi ini di tangan operasi kelas dunia Christie untuk memimpin perjalanan yang aman ke kolektor baru di seluruh dunia.”

READ  Mona Lisa mengolesi kue sebagai protes iklim di Louvre