Oktober 6, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

China menjatuhkan sanksi pada wakil menteri Lithuania karena mengunjungi Taiwan

China menjatuhkan sanksi pada wakil menteri Lithuania karena mengunjungi Taiwan

Lambang negara Lithuania di kedutaannya di Beijing, Cina, 15 Desember 2021. REUTERS/Carlos Garcia Rollins

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

BEIJING (Reuters) – Kementerian luar negeri China mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya telah menjatuhkan sanksi kepada wakil menteri transportasi dan komunikasi Lithuania, Agni Vaisikevisiot, atas kunjungannya ke Taiwan, perkembangan terbaru dalam pertikaian diplomatik antara Beijing dan Uni Eropa.

Kementerian luar negeri mengatakan China juga akan menangguhkan bisnis dengan Kementerian Vasikowice dan Kerjasama Transportasi dengan Lithuania, sebuah republik Baltik kecil.

Kementerian Transportasi dan Komunikasi Lithuania mengatakan pihaknya menyesali pengumuman China.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Beijing memilih untuk melanjutkan dan mengintensifkan tindakan ilegal terhadap negara anggota UE,” kata kementerian Lithuania dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

“Ini tidak hanya kondusif untuk pengembangan hubungan China dengan dunia demokrasi, tetapi juga mencerminkan kebijakan yang dinyatakan Beijing sejauh ini untuk tidak menghalangi pengembangan hubungan yang saling menguntungkan dengan Taiwan, salah satu ekonomi paling maju di dunia.”

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya dan menentang politisi asing yang mengunjungi pulau itu. Taiwan yang diperintah secara demokratis menolak tuduhan China.

Kementerian luar negeri Taiwan pada hari Sabtu mengecam sanksi tersebut, dengan mengatakan bahwa itu sama dengan “balas dendam irasional” di pihak China.

“Taiwan berjanji untuk terus melakukan yang terbaik untuk membantu Lithuania menghadapi penindasan yang tidak masuk akal dan sewenang-wenang dari pemerintah China,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Penguatan hubungan Lituania dengan Taiwan baru-baru ini membuat marah Beijing dan menyebabkan penurunan ekspor Lituania ke China pada kuartal pertama tahun ini menjadi hampir nol.

READ  Berita Perang Rusia-Ukraina: Pembaruan Langsung

Vaisukevisiot mengatakan di Twitter pada hari Jumat bahwa dia telah mengunjungi tiga kota dan dua pelabuhan dan mengadakan 14 pertemuan di Taiwan selama lima hari.

“Seminggu yang bermanfaat di Taiwan, mencari lebih banyak jalan untuk LT Transport untuk berkolaborasi dengan TW Shipping, Shipping and Aviation,” tulisnya di Twitter, merujuk pada Lithuania dan Taiwan sebagai singkatan mereka.

Vaisiokivisiot mengunjungi Taiwan beberapa hari setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung. Menanggapi kunjungan Pelosi, China meluncurkan latihan militer ekstensif di sekitar Taiwan, menjatuhkan sanksi pada Pelosi dan pembatasan perdagangan dengan Taiwan.

Ketika Jovita Neleubsen, Wakil Menteri Ekonomi dan Inovasi Lithuania, mengunjungi Taipei pada bulan Juni, dia mengatakan bahwa Lithuania berencana untuk membuka kantor perwakilan di Taiwan pada bulan September.

Lithuania telah mendapat tekanan terus-menerus dari China untuk membatalkan keputusan tahun lalu yang mengizinkan Taiwan membuka kedutaan de facto di ibu kota, Vilnius, dengan namanya sendiri.

China menurunkan hubungan diplomatik dengan Lithuania dan menekan perusahaan multinasional untuk memutuskan hubungan dengannya.

Pada bulan Januari, Uni Eropa meluncurkan tantangan di Organisasi Perdagangan Dunia yang menuduh China melakukan praktik perdagangan diskriminatif terhadap Lithuania dan mengklaim ini mengancam integritas pasar tunggal blok itu.

China telah mengatakan bahwa mereka selalu mematuhi aturan WTO dan bahwa masalahnya dengan Lituania lebih bersifat politik daripada ekonomi.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Yu Lun Tian di Beijing dan Augustus Stankevicius di Vilnius; Pelaporan tambahan oleh Ben Blanchard di London. Diedit oleh Mark Heinrich, Paul Simao dan William Mallard

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Sebuah kapal kargo besar yang membawa mobil tenggelam di tengah Samudra Atlantik