Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

China memangkas suku bunga utamanya untuk pertama kalinya dalam 10 bulan karena pemulihan ekonomi melambat

China memangkas suku bunga utamanya untuk pertama kalinya dalam 10 bulan karena pemulihan ekonomi melambat
  • Bank Rakyat China memangkas suku bunga 237 miliar yuan ($33 miliar) dari pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) satu tahun ke beberapa lembaga keuangan sebesar 10 basis poin.
  • Shanghai Composite naik 0,3% sementara Shenzhen Composite datar. Hang Seng Hong Kong naik 1,3% dan Hang Seng Tech melonjak lebih dari 2%.

BEIJING, CHINA – JUNE 13: Seorang wanita berjalan di depan gedung People’s Bank of China (PBOC) pada 13 Juni 2023 di Beijing, China.

Layanan Berita Tiongkok | Layanan Berita Tiongkok | Gambar Getty

Bank sentral China memangkas suku bunga pinjaman jangka menengah pada hari Kamis, dalam langkah yang banyak diantisipasi karena pemulihan ekonomi pasca-Covid terus kehilangan momentum.

People’s Bank of China memangkas suku bunga 237 miliar yuan ($33 miliar) pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) ke beberapa lembaga keuangan sebesar 10 basis poin – dari 2,75% menjadi 2,65%.

Terakhir kali bank sentral memangkas suku bunga 400 miliar yuan pinjaman Dana Multilateral satu tahun di bulan Agustusmenjadikan langkah Kamis sebagai yang pertama dalam 10 bulan.

Fasilitas Pinjaman Jangka Menengah China adalah saluran pembiayaan yang diperkenalkan untuk memungkinkan bank sentral menyuntikkan likuiditas ke dalam sistem perbankan dan memengaruhi suku bunga untuk pinjaman tertentu.

Awal pekan ini, bank sentral memangkas suku bunga reverse repo tujuh hari sebesar 10 basis poin dari 2% menjadi 1,9%, dan menyuntikkan RMB2 miliar melalui perjanjian repo tujuh hari. Bank komersial milik negara terbesar di China memangkas suku bunga deposito minggu lalu, menurut cek CNBC.

Brendan Ahern, kepala investasi di KraneShares, mengatakan pemotongan bank sentral Malaysia adalah tanda “kesediaan” pembuat kebijakan China untuk turun tangan membantu menopang perekonomian.

“Mereka menunjukkan kesadaran dan kemauan mereka untuk mendukung perekonomian, itu [a] Menyadari bahwa pemulihan pasca-COVID terjadi dengan kecepatan yang sangat lambat atau meningkat”

Dia menambahkan bahwa keputusan suku bunga dasar pinjaman, yang akan jatuh tempo pada 20 Juni, juga diperkirakan akan mengarah pada pemotongan karena pemerintah memulai langkah-langkah dukungan lebih lanjut untuk meningkatkan permintaan.