Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

CEO menikmati gaji besar sementara pekerja mereka berjuang untuk membayar tagihan

CEO menikmati gaji besar sementara pekerja mereka berjuang untuk membayar tagihan
Gaji pekerja upah rendah tipikal Tidak mengikuti inflasi Tahun lalu di lebih dari sepertiga perusahaan yang ditinjau oleh Institute for Policy Studies, sebuah think tank progresif. Survei IBS mencakup 300 perusahaan publik dengan upah rata-rata terendah untuk pekerja.
Harga konsumen naik ke level tertinggi 40 tahun di atas 8% musim semi ini. Sementara banyak pekerja melihat gaji yang lebih besar sebagai hasilnya, hanya sedikit yang mampu mengikuti inflasi — sebuah dinamika yang membuat konsumen frustrasi dan mulai Belanja terbebani.

Sementara itu, para eksekutif belum merasakan inflasi sebanyak itu.

Gaji untuk CEO di perusahaan-perusahaan yang disebutkan dalam laporan tersebut naik 31% — membawa kesenjangan gaji rata-rata menjadi 670 berbanding 1, dari 604 menjadi 1 pada 2020.

Dengan kata lain: CEO di perusahaan-perusahaan ini mendapat kenaikan gaji sebesar $2,5 juta. Pekerja berupah rendah mendapat kenaikan gaji $3.500. Penghasilan CEO rata-rata adalah $10,6 juta per tahun. Pekerja bergaji rendah itu pulang dengan kurang dari $24.000.

“Kami belum melihat kemajuan signifikan menuju upah yang setara,” Sarah Anderson, direktur Proyek Ekonomi Global lembaga itu, mengatakan kepada CNN Business.

Ketika pandemi pecah pada tahun 2020, para peneliti menulis, “dewan direksi perusahaan melindungi jauh lebih banyak daripada gaji CEO yang melimpah, bahkan ketika pekerja mereka kehilangan pekerjaan, pendapatan, dan kehidupan.” Pada tahun 2021, kata laporan itu, para pemimpin perusahaan beralih ke taktik menggelembungkan gaji CEO baru, termasuk menghabiskan miliaran dolar untuk pembelian kembali saham dan menaikkan harga konsumen untuk mempertahankan margin keuntungan yang luas.

Pembelian kembali dan kenaikan harga

Tahun lalu, perusahaan-perusahaan di S&P 500 membeli kembali saham mereka senilai $882 miliar. Jumlah itu berada di jalur untuk mencapai $ 1 triliun pada tahun 2022, menurut Goldman Sachs.

READ  Dow berjangka dan pasar Asia rebound meskipun ada sanksi AS terhadap Rusia

Di 106 perusahaan di mana para peneliti menemukan upah pekerja rata-rata tidak sejalan dengan tingkat inflasi 2021 sebesar 4,7%, 67 dihabiskan untuk pembelian kembali saham, sebuah manuver kontroversial yang menggelembungkan harga saham perusahaan, dan dengan demikian gaji eksekutif, meningkat. Masalah pelik sejak disahkan pada 1982 – sebelum itu dianggap manipulasi saham.

Laporan IPS secara khusus menyerukan pengecer besar untuk menghabiskan sejumlah besar uang untuk pembelian kembali sambil menurunkan upah pekerja rata-rata.

Gedung Putih telah mengusulkan aturan baru yang bertujuan membatasi pembelian kembali saham sebagai bagian dari anggaran $5,8 triliun yang dirilis pada bulan Maret, tetapi perubahan itu tidak mungkin memenangkan dukungan bipartisan.

Gaji CEO selalu menjadi yang terbaik, tetapi kesenjangan yang semakin lebar antara CEO dan pekerja mereka berada di bawah pengawasan yang semakin ketat dari anggota parlemen progresif.

Selama tahun pertama pandemi, gaji kepala eksekutif melonjak 19% – bahkan ketika banyak bisnis mereka berhenti, menurut Economic Policy Institute, yang melacak 350 perusahaan terbesar AS. Laporan EPI terbaru menunjukkan bahwa CEO memperoleh 351 kali gaji rata-rata pekerja pada tahun 2020.

‘Pada dasarnya tidak adil’

Kritikus mengatakan kesenjangan gaji bukan hanya tentang optik yang buruk — itu juga buruk untuk bisnis.

“Saya pikir kebanyakan orang Amerika marah karena mereka melihatnya sebagai hal yang tidak adil secara fundamental, tetapi ada juga argumen bisnis yang sangat kuat bahwa kesenjangan ekstrim ini mengurangi moral pekerja,” kata Anderson, yang ikut menulis laporan IPS. “Ketika begitu banyak perusahaan menghadapi tantangan rekrutmen dan serikat pekerja, mengapa tidak mencoba mengatasi kesenjangan ini sebagai cara untuk memiliki hubungan yang lebih damai dan produktif dengan karyawan mereka?”

READ  Pemogokan menyebabkan kekacauan di bandara Amsterdam saat liburan dimulai

Laporan tersebut mendesak Presiden Biden untuk menggunakan otoritas eksekutif untuk meluncurkan standar baru bagi kontraktor federal yang akan mempersulit perusahaan dengan kesenjangan gaji yang besar antara CEO dan pekerja untuk mendapatkan kontrak federal yang menguntungkan.