April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Blinken mengatakan bahwa “lebih banyak upaya harus dilakukan” untuk melindungi warga Palestina, setelah Israel menyetujui penghentian pertempuran setiap hari

Blinken mengatakan bahwa “lebih banyak upaya harus dilakukan” untuk melindungi warga Palestina, setelah Israel menyetujui penghentian pertempuran setiap hari

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan pada hari Jumat bahwa dia menyambut baik kesepakatan Israel untuk melakukan gencatan senjata kemanusiaan setiap hari dalam serangannya di Gaza utara, tetapi diperlukan lebih banyak upaya. Berbicara di New Delhi, Blinken berkata: “Terlalu banyak warga Palestina yang terbunuh. Terlalu banyak yang menderita dalam beberapa pekan terakhir, dan kami ingin melakukan segala kemungkinan untuk mencegah kerusakan dan memaksimalkan bantuan yang menjangkau mereka.”

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada media di New Delhi pada 10 November 2023.

Jonathan Ernst/Pool/AFP melalui Getty Images


Pertempuran telah berkecamuk di Gaza utara sejak saat itu Orang-orang bersenjata dari gerakan Islam Hamas melintasi perbatasan menuju Israel Menurut para pejabat Israel, setidaknya 1.200 orang tewas dan sekitar 240 orang disandera dalam serangan terburuk dalam sejarah negara itu.

Lior Hayat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, mengatakan kepada CBS News pada hari Jumat bahwa jumlah korban tewas akibat serangan militan Hamas pada 7 Oktober telah direvisi menjadi 1.200, turun dari perkiraan yang dilaporkan sebelumnya setidaknya 1.400. Al Hitat mengatakan 200 orang lainnya yang tewas “kemungkinan besar adalah teroris.”

Israel membalasnya dengan serangan udara dan serangan darat yang menurut Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas menewaskan lebih dari 10.800 orang, banyak dari mereka adalah anak-anak.

Pemerintah Hamas mengatakan pada hari Jumat bahwa serangan Israel terhadap rumah sakit terbesar di Jalur Gaza menyebabkan kematian 13 orang. Juru bicara WHO mengatakan rumah sakit tersebut “dibom” dan 20 rumah sakit di Gaza tidak mampu merawat pasien sama sekali, menurut kantor berita Reuters.

Sebuah pernyataan pemerintah mengatakan bahwa “13 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan Israel di kompleks Shifa hari ini” di pusat Kota Gaza, jumlah korban yang tidak dapat segera diverifikasi oleh AFP.

Direktur Rumah Sakit Al-Shifa, Muhammad Abu Salamiya, mengatakan, “tank Israel menembaki Rumah Sakit Al-Shifa,” sementara tentara Israel tidak memberikan komentar apa pun.

Israel melaporkan pertempuran sengit pada hari Kamis di dekat rumah sakit, dan mengatakan bahwa mereka telah menewaskan puluhan aktivis dan menghancurkan terowongan yang dianggap penting bagi kemampuan Hamas untuk berperang.

Asap mengepul setelah serangan udara Israel di Jalur Gaza, terlihat dari Israel selatan pada 10 November 2023.

Leo Correa/AFP


Tentara Israel berulang kali menuduh Hamas menggunakan rumah sakit, khususnya Rumah Sakit Al-Shifa, untuk mengoordinasikan serangannya terhadap tentara dan sebagai tempat persembunyian para pemimpinnya. Otoritas dan dokter Hamas membantah tuduhan tersebut.

Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan pada hari Jumat bahwa tank-tank Israel juga mengepung dua rumah sakit anak-anak di Gaza utara. Seorang juru bicara IDF mengatakan bahwa mereka “tidak dapat mendiskusikan lokasi potensial yang berkaitan dengan operasi kami. Hal ini dapat membahayakan pasukan.”

Secara terpisah, Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Jumat bahwa ada kebutuhan untuk melakukan penyelidikan terhadap apa yang ia gambarkan sebagai pemboman Israel yang “tanpa pandang bulu” terhadap daerah padat penduduk di Jalur Gaza, yang menurutnya menimbulkan “kekhawatiran serius bahwa Hal ini bisa menjadi serangan yang tidak proporsional dan melanggar hak asasi manusia.” Associated Press melaporkan “hukum kemanusiaan internasional.”

Pada hari yang sama, Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengatakan tembakan Israel menewaskan tujuh pejuangnya, tanpa menyebutkan secara spesifik di mana atau kapan mereka tewas ketika ketegangan perbatasan terus berlanjut selama perang antara Israel dan Hamas.

Presiden Biden pada hari Kamis menyambut baik jeda yang ditandatangani oleh Israel, yang meresmikan perjanjian yang telah menyebabkan puluhan ribu warga Palestina melarikan diri dari kehancuran di Gaza utara.

“Saya pikir beberapa kemajuan telah dicapai,” kata Blinken. “Tetapi… masih banyak yang harus dilakukan dalam hal melindungi warga sipil dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka.”

Blinken mengatakan kesepakatan Israel terhadap gencatan senjata selama empat jam setiap hari, serta dua koridor kemanusiaan, akan memungkinkan masyarakat untuk menjauh dari pertempuran. Dia menambahkan, “Langkah-langkah ini akan menyelamatkan nyawa dan memungkinkan lebih banyak bantuan menjangkau warga Palestina yang membutuhkan.”

Kunjungan Blinken ke India merupakan perhentian terakhir dalam perjalanan maraton yang mencakup Korea Selatan, pertemuan para menteri luar negeri G7 di Jepang – yang berupaya menemukan titik temu mengenai konflik antara Israel dan Hamas – dan tur ke Timur Tengah.

READ  Eksklusif: Qatar mengupayakan kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk membebaskan 50 sandera dan gencatan senjata selama 3 hari